Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kuliner dan Startup Digital Mendominasi Proposal Bisnis Kompetisi Kewirausahaan DSC XI

Para pendaftar 1.500 proposal terbaik diberikan kesempatan mempresentasikan ide bisnisnya secara singkat dan semenarik mungkin dalam format vlog pitch.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 06 November 2020  |  16:56 WIB
Kuliner dengan bahan baku ayam tidak pernah mati. Konsumsi ayam goreng hingga geprek menjadi favorit di Indonesia - Novita Sari Simamora
Kuliner dengan bahan baku ayam tidak pernah mati. Konsumsi ayam goreng hingga geprek menjadi favorit di Indonesia - Novita Sari Simamora

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil akibat pandemi Covid-19, semangat gerakan wirausaha justru terus terpacu, terutama para generasi muda. Hal ini terlihat dari besarnya antusiasme peserta yang mengikuti kompetisi dan program wirausaha Diplomat Success Challenge XI (DSC XI).

Setelah sukses menjaring lebih dari 15.000 ide wirausaha dari berbagai jenis bisnis di seluruh Indonesia, DSC XI kini telah memilih 150 proposal bisnis terbaik yang diseleksi melalui vlog pitch dan telah diumumkan melalui situs diplomatsukses.com pada tanggal 5 November 2020 kemarin.

Dalam seleksi pertama, terpilih 1.500 proposal yang pesertanya didominasi anak muda dalam rentang usia 20-25 tahun, diikuti peserta dalam rentang usia 26-30 tahun. Sebanyak 20 persen merupakan ide bisnis yang masih berupa konsep, sedangkan 80 persen lainnya merupakan bisnis yang sudah berjalan.

Para pendaftar 1.500 proposal terbaik itu kemudian diberikan kesempatan mempresentasikan ide bisnisnya secara singkat dan semenarik mungkin dalam format vlog pitch. Dalam sebuah vlog, peserta harus dapat merangkum model bisnis yang akan atau telah berjalan.

Termasuk mempresentasikan mengenai tim yang terlibat, permasalahan yang melatarbelakangi bisnis atau startup yang didirikan, solusi yang dihadirkan melalui produk atau layanan hingga rencana pemasaran, keuangan serta visi bisnis jangka panjang.

Hingga akhirnya terpilih 150 peserta dengan proposal terbaik. Dari 150 peserta tersebut, 53 persen proposal yang terpilih merupakan bisnis berskala mikro dengan nilai usaha di bawah Rp 10 juta hingga Rp 50 juta. Diikuti dengan bisnis berskala kecil sebanyak 37,3 persen dengan nilai bisnis antara Rp 50 juta hingga lebih dari Rp 200 juta.

“Semangat wirausaha di skala usaha mikro dan kecil ini merupakan bukti bahwa UMKM Indonesia tengah bangkit dan terus mencoba bertumbuh untuk menjawab tantangan di masa pandemi COVID-19 yang tidak menguntungkan bagi iklim usaha,” ujar Ketua Dewan Komisioner DSC XI, Surjanto Yasaputera, dalam keterangan yang diterima Bisnis, Jumat (6/11/2020).

Adapun dari segi kategori bisnis, 34,7 persen berasal dari industri food & beverage, diikuti dengan bisnis startup digital sebesar 22,7 persen, kriya & fashion sebesar 14 persen, agrobisnis sebesar 12 persen, bisnis berbasis layanan sebesar 4 persen dan bisnis dengan kategori lain sebesar 8 persen.

Pada tahap National Selection yang akan datang, para peserta akan melakukan presentasi dalam waktu 5 menit di hadapan keempat mentor nasional. Selanjutnya, 150 peserta akan mengerucut menjadi 20 finalis yang akan berkesempatan meraih total hibah modal usaha Rp2 miliar.

Termasuk pendampingan profesional, serta jejaring wirausaha dalam Diplomat Entrepreneur Network (DEN), sebuah komunitas wirausaha yang terbentuk dari para alumni DSC dari tahun ke tahun.

“Ke-20 finalis akan mengikuti tahap inkubasi, market challenge dan penjurian final pada bulan Desember 2020 nanti. Kami tidak sabar untuk segera menyapa para challengers, membantu mereka menyempurnakan ide bisnisnya, sehingga melalui ide-ide bisnis terpilih dan terbaik ini DSC XI dapat memberikan kontribusi yang akan menguatkan ekosistem wirausaha di Indonesia,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis makanan tips bisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top