Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Calon Pengusaha, Ini 5 Tips Membangun Strategi Bisnis Tahun 2021

Di beberapa negara, seperti di Amerika Serikat maupun Indonesia, bisnis telah dibuka kembali dalam beberapa pekan terakhir meskipun dengan banyaknya batasan seperti pengurangan kapasitas hingga penutupan kembali jika tidak mentaati protokol yang berlaku.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 10 November 2020  |  12:38 WIB
Tips Bisnis - ilustrasi
Tips Bisnis - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Kita melihat banyak tanda-tanda yang menunjukkan bahwa bisnis telah kembali dibuka pada kuartal terakhir 2020. Namun ketidakpastian tetap ada.

Di beberapa negara, seperti di Amerika Serikat maupun Indonesia, bisnis telah dibuka kembali dalam beberapa pekan terakhir meskipun dengan banyaknya batasan seperti pengurangan kapasitas hingga penutupan kembali jika tidak mentaati protokol yang berlaku.

Merencanakan masa depan menjadi semakin menantang. Akibatnya, banyak pemilik dan pemimpin bisnis mungkin bertanya-tanya bagaimana mereka dapat mengembangkan strategi pertumbuhan untuk tahun 2021.

Yang Anda butuhkan adalah arahan strategis untuk memberikan tujuan bagi bisnis Anda dan membantu Anda menetapkan tujuan yang realistis untuk dicapai di tahun mendatang.

Berikut beberapa cara untuk membangun strategi bisnis 2021 Anda selama kuartal terakhir tahun 2020, seperti dikutip melalui Entrepreneur, Selasa (10/11).

1. Fokus pada apa yang dapat Anda lakukan.

Semua aturan dan regulasi telah memberi tahu Anda apa yang tidak dapat dilakukan bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan sekarang hanyalah melihat apa yang dapat Anda lakukan. Misalnya, ketika restoran diberi tahu bahwa mereka tidak dapat melayani pelanggan di dalam ruangan, mereka alihkan layanan ke pengiriman, take-away, dan teras luar ruangan yang besar. Apa pun jenis bisnis yang Anda jalankan, ini adalah pola pikir yang harus dikembangkan dan digunakan untuk strategi bisnis 2021 Anda.

Strategi can-do dapat dimulai dengan daftar hal-hal yang mungkin dilakukan. Berikut beberapa contohnya:

- Anda dapat beralih ke berbisnis online.

- Meneliti pasar baru untuk potensi ekspansi dan diversifikasi.

- Tetap terlibat dengan pelanggan secara pribadi untuk memperdalam hubungan Anda.

- Ciptakan pengalaman yang berbeda namun tetap luar biasa untuk pelanggan Anda.

- Tinjau kembali strategi pemasaran.

Setelah Anda menentukan apa yang dapat Anda lakukan - bahkan jika itu membutuhkan penyesuaian dalam lingkungan bisnis - Anda kemudian dapat membangun tujuan kuantitatif dan serangkaian taktik untuk mencapainya.

2. Perpanjang jadwal peluncuran produk Anda

Jika bisnis kecil Anda mengembangkan produk baru, maka strategi bisnis 2021 Anda harus mengatasi peluncuran tersebut dengan pemahaman baru tentang perubahan yang terjadi pada tahun 2020. Segala sesuatu mulai dari kekurangan bahan mentah hingga penutupan pabrik yang dipicu penyakit membuat banyak peluncuran produk terhenti.

Gunakan pengalaman itu untuk mengembangkan timeline baru untuk pengembangan produk, dengan asumsi bahwa banyak dari faktor tersebut dapat terus memengaruhi proses. Memperluas jangka waktu Anda untuk peluncuran produk juga akan membantu Anda membuat keputusan bisnis strategis tentang tenaga kerja, pemasaran, dan lainnya.

3. Menyediakan sumber daya yang berharga bagi pelanggan.

Fokuskan strategi bisnis Anda untuk tahun 2021 pada pelanggan dan tindakan yang dihadapi pelanggan, seperti menambahkan nilai yang Anda berikan kepada mereka, dan cara tindakan tersebut membantu tujuan pendapatan Anda.

- Di sisi penjualan, memberikan lebih banyak opsi untuk bantuan keuangan dapat membantu pelanggan baru melakukan pembelian.

- Untuk tujuan pemasaran, Anda juga memiliki banyak waktu dan peluang untuk merencanakan konten dan memberikan akses ke sumber daya berharga serupa yang memberikan informasi kepada pelanggan dan prospek Anda.

3. Gunakan waktu untuk melakukan perbaikan.

Lihatlah kanvas kosong 2021 yang ditawarkan sebagai peluang untuk berkembang. Beberapa bisnis mungkin telah menunda transformasi digital lengkap. Jika itu kasusnya untuk perusahaan Anda, sekarang adalah waktu yang ideal untuk mengubah lebih banyak proses manual dan berbasis kertas ke format digital.

Strategi bisnis Anda dapat fokus pada perincian transformasi ini, termasuk garis waktu untuk menguji dan menerapkan proses digital baru tersebut. Melakukan hal itu akan mempersiapkan Anda dengan lebih baik ketika bisnis bangkit kembali. Anda kemudian dapat menemukan bahwa Anda dapat terhubung dengan lebih baik dengan pelanggan dan menawarkan pengalaman digital yang mereka harapkan di bagian lain hidup mereka.

4. Kembangkan pendekatan multi-rencana.

Dengan ketidakpastian yang diperkirakan akan berlanjut pada tahun 2021, ada baiknya memiliki satu atau beberapa rencana cadangan untuk bisnis Anda. Jelaskan kemungkinan kontinjensi yang mungkin Anda hadapi di tahun mendatang dan gunakan waktu ini untuk menyusun tanggapan strategis.

Rencana strategis ini dapat mengatasi berbagai skenario seperti masalah kesehatan yang sedang berlangsung, pembukaan kembali lebih lambat, pembukaan dan penutupan berkelanjutan, lingkungan terpencil dan sesuai permintaan, dan pembukaan kembali penuh.

Membangun beberapa rencana bisnis juga dapat mempersiapkan Anda dengan lebih baik untuk pivot dari satu skenario ke skenario lainnya.

5. Lebih banyak kepastian daripada ketidakpastian.

Saat Anda meninjau pendekatan untuk membuat strategi pertumbuhan bisnis 2021, Anda pasti akan menemukan banyak tindakan yang dapat Anda ambil dengan pasti untuk mengatasi keraguan yang tampaknya begitu menyebar. Dengan secara proaktif menangani area yang tercantum di sini, Anda dapat tetap fokus untuk memajukan bisnis kecil Anda dengan ketahanan dan pandangan positif terhadap masa depan yang cerah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top