Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Mengubah Usaha Sampingan jadi Bisnis Utama

Banyak calon wirausahawan yang berhenti dari pekerjaan utama mereka untuk mengubah pekerjaan sampingan mereka menjadi bisnis yang berkembang. Apakah itu tepat?
Ilustrasi Strategi bisnis/bisnis.com
Ilustrasi Strategi bisnis/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Sangat mudah untuk melihat kisah sukses orang lain dan menilai bahwa mereka yang berhasil mengembangkan usaha sampingannya menjadi sebuah bisnis utama dengan skala yang lebih besar hanya beruntung dalam kehidupannya.

Sementara orang-orang telah terlibat dalam beberapa bentuk usaha sampingan selama berabad-abad, praktik tersebut telah menjadi jauh lebih menonjol selama dua dekade terakhir.

Sejak munculnya Internet, jutaan pekerja kantoran telah menggunakan waktu dan sumber daya ekstra mereka untuk menghasilkan uang melalui pekerjaan sampingan.

Menurut survei Bankrate, hampir setengah dari pekerja penuh waktu mengambil bagian dalam beberapa bentuk usaha sampingan di luar pekerjaan tradisional mereka.

Salah satu tantangan yang sering kali ditemui adalah bahwa banyak calon wirausahawan percaya bahwa mereka harus benar-benar berhenti dari pekerjaan atau pendidikan utama mereka untuk mengubah pekerjaan sampingan mereka menjadi bisnis yang berkembang.

Untungnya, tidak semua usaha sampingan berkembang dengan pendirinya meninggalkan pekerjaan utama mereka.

Meskipun ada sejumlah keberuntungan yang terlibat dalam setiap usaha wirausaha, ada langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti yang dapat Anda ambil untuk mengubah usaha sampingan Anda menjadi bisnis penuh waktu yang sukses, seperti dilansir melalui Entrepreneur, Senin (16/11/2020).

1. Temukan dan sempurnakan ide Anda

Para pendiri usaha sampingan yang sukses menerapkan ide-ide yang mereka punya ke dalam bisnis sesungguhnya. Sering kali, ide-ide ini menggabungkan keterampilan atau hasrat yang ada dengan celah di pasar.

Misalnya, Anda adalah komunikator yang hebat dan memiliki pengetahuan ahli dalam bidang tertentu. Anda bisa mulai berkonsultasi untuk bisnis di ceruk itu. Dari sana, Anda dapat menyisihkan dana dari pekerjaan Anda untuk memasarkan dan mengembangkan layanan konsultasi Anda menjadi bisnis penuh waktu! Ini membawa kita ke langkah penting kedua…

2. Kembangkan strategi pendanaan

Kebanyakan orang memulai pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang. Namun, untuk mengubah bisnis sampingan menjadi bisnis, Anda membutuhkan modal awal. Akibatnya, Anda mungkin perlu mendedikasikan sebagian kecil dari gaji Anda untuk membangun bisnis sampingan Anda. Ini mungkin terdengar kontra-intuitif, tetapi sebenarnya ini adalah strategi bisnis yang baik.

Jika Anda berhenti dari pekerjaan Anda hanya untuk fokus pada pekerjaan sampingan Anda, Anda justru akan mengurangi pendapatan dan meningkatkan risiko. Jika Anda masih membutuhkan lebih banyak modal, Anda selalu dapat mencari investor atau mengambil pinjaman usaha kecil untuk mewujudkannya!

3. Luncurkan bisnis Anda

Ini mungkin tampak seperti perbedaan yang tidak penting, tetapi usaha sampingan menjadi bisnis setelah Anda mengidentifikasinya secara demikian.

Pekerjaan sampingan pada dasarnya adalah pekerjaan paruh waktu, sementara untuk menghasilkan uang ekstra; bisnis adalah investasi jangka panjang dengan potensi untuk tumbuh dan menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar.

Jadi, setelah Anda secara resmi meluncurkan bisnis Anda sebagai LLC atau entitas serupa, Anda telah mengambil langkah penting dalam transisi Anda dari pengusaha paruh waktu menjadi pemilik bisnis!

Mengubah usah sampingan menjadi bisnis besar tidak berarti Anda harus keluar dari pekerjaan harian Anda.

Faktanya, pekerjaan harian telah memungkinkan ratusan pengusaha untuk secara rutin mendanai usaha sampingan mereka, yang pada akhirnya mengubahnya menjadi bisnis penuh waktu.

Pengusaha yang sedang naik daun kadang-kadang berpendapat bahwa meninggalkan pekerjaan kantoran yang sangat mereka benci untuk fokus pada bisnis penuh waktu akan meningkatkan peluang keberhasilan mereka.

Meskipun ada validitas, Anda tidak perlu sepenuhnya mengubah kehidupan finansial atau karier Anda untuk membangun bisnis Anda.

Sebaliknya, Anda dapat secara rutin mendanai dan mendedikasikan waktu ekstra untuk pekerjaan sampingan Anda sampai Anda siap meluncurkan usaha bisnis Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper