Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bagaimana Bisnis Kecil Tetap Bertahan di Era Covid-19

Meski demikian, menurut jajak pendapat baru-baru ini yang dilakukan oleh Kamar Dagang AS, 70% bisnis kecil masih khawatir tentang dampak keuangan Covid-19 pada bisnis mereka, dengan 58% khawatir mereka mungkin harus menutup bisnis secara permanen.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 17 November 2020  |  14:55 WIB
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis kecil adalah jantung dan jiwa komunitas lokal, dan ketahanan mereka selama pandemi Covid-19 perlu diapresiasi.

Meski demikian, menurut jajak pendapat baru-baru ini yang dilakukan oleh Kamar Dagang AS, 70% bisnis kecil masih khawatir tentang dampak keuangan Covid-19 pada bisnis mereka, dengan 58% khawatir mereka mungkin harus menutup bisnis secara permanen.

Dilansir melalui thepointsguy.com, beberapa bisnis yang telah menutup pintunya untuk sementara, tidak yakin kapan (atau apakah) mereka dapat membuka bisnis kembali seperti sediakala.

Beberapa pemilik harus memberhentikan staf mereka, sementara bisnis lain harus menyesuaikan cara mereka melakukan bisnis karena ketentuan untuk menjaga jarak sosial, mematuhi pembatasan perjalanan dan menerapkan standar pembersihan dan kebersihan baru untuk menjaga pelanggan mereka aman.

Bahkan bagi mereka yang tetap buka atau sudah bisa buka kembali mereka telah bekerja keras untuk menjaga agar pelanggan tetap datang, terutama pelanggan yang menghindari ruang publik.

Pemilik usaha kecil dan staf mereka dengan anak-anak usia sekolah juga harus membagi tanggung jawab pekerjaan mereka dengan merawat dan mendidik anak-anak mereka di rumah.

Semua ini menunjukkan betapa tangguh, berharga, dan inovatifnya bisnis kecil di tahun 2020. Pemilik bisnis kecil terbiasa bekerja keras dan mengelola banyak prioritas, yang merupakan keterampilan berharga untuk beroperasi dalam pandemi.

“Bisnis kecil dimiliki dan dioperasikan oleh teman, keluarga, tetangga kita dan masing-masing memiliki peran penting dalam perekonomian kita,” kata Mary Hines, Kepala Pemasaran Citi U.S. Consumer Bank.

Dengan perubahan, datang inovasi yang cerdas.

Banyak restoran telah berhasil dengan cepat menerapkan opsi takeout dan delivery baru, karena ruang makan mereka tetap tutup atau hanya dapat beroperasi dengan kapasitas terbatas. Dan beruntung bagi kita yang masih bisa menikmati makanan lezat mereka, hanya dalam suasana yang berbeda.

Sebagian besar bisnis, yang dulunya bergantung pada usaha tatap muka, sudah memiliki operasi online yang hebat.

Tahun ini, kita juga telah melihat bisnis kecil yang sebelumnya mengadakan kelas secara tatap muka, beralih ke pembelajaran online mendatangkan bisnis baru tidak hanya dari wilayah lokal mereka tetapi dari seluruh negeri.

Kecepatan di mana mereka dapat secara signifikan mengubah operasi bisnis mereka sangat mengesankan.

Proyek yang sebelumnya mungkin memakan waktu berbulan-bulan dapat diluncurkan hanya dalam beberapa pekan. Mereka bekerja keras untuk membuat Anda tetap aman dan menjalankan bisnis mereka.

Bisnis kecil adalah bagian penting dari komunitas lokal. Mereka menyediakan lapangan kerja lokal, menjaga perekonomian di pusat kota tetap hidup dan unik, dan menggerakkan investasi kembali di komunitas tempat mereka beroperasi.

Lain kali Anda memilih tempat untuk membelanjakan uang Anda, ingatlah manfaat berbelanja di bisnis lokal (baik secara langsung, atau online), dan bagaimana mereka beradaptasi dan mengatasi tantangan pandemi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

restoran tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top