Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amit Lohia, Pangeran Poliester Anak Konglomerat Bos Indorama

Miliarder Indonesia kelahiran India, Sri Prakash Lohia, merupakan salah satu pendiri pembangkit tenaga listrik petrokimia yang memulai usahanya dari bisnis benang bernama Indorama Synthetics.
Amit Lohia
Amit Lohia

Bisnis.com, JAKARTA - Indorama Corp. adalah salah satu dari banyak bisnis keluarga Asia yang sukses.

Miliarder Indonesia kelahiran India, Sri Prakash Lohia, merupakan salah satu pendiri pembangkit tenaga listrik petrokimia yang memulai usahanya dari bisnis benang bernama Indorama Synthetics.

Perusahaan itu dia dirikan di Indonesia bersama ayahnya, Mohan Lal Lohia, pada tahun 1974.

Indorama mengambil namanya dari basisnya di Indonesia dan dewa Hindu Dewa Rama.

Di antara lini bisnisnya yang sangat beragam Indorama adalah produsen poliester, sarung tangan karet sintetis, dan resin terbesar di dunia yang digunakan untuk membuat barang-barang seperti botol plastik.

Perusahaan ini sekarang telah berkembang sebagai organisasi multinasional dengan produk yang dikirim ke lebih dari 90 negara di seluruh dunia.

Sri Prakash dinobatkan sebagai orang terkaya ke-288 secara global dengan kekayaan US$5,4 miliar dalam daftar miliarder terkaya Forbes pada tahun 2017.

Sejak daftar tersebut diterbitkan, dia telah meningkatkan kekayaannya dan memiliki kekayaan bersih sebesar US$6,6 miliar, menurut laporan real time Forbes.

Seperti bisnis keluarga pada umumnya, kepemimpinan akan mengalami perubahan dan biasanya diberikan kepada generasi penerus.

Lahir di Delhi, putra Sri Prakash, Amit Lohia, yang tetap berkewarganegaraan India, tumbuh dan mengenyam pendidikan awal di Jakarta, dia kemudian melanjutkan pendidikan tinggi ke Wharton untuk belajar ilmu keuangan.

Setelah menyelesaikan studi sarjana pada tahun 1995, dia sempat bekerja di Merrill Lynch selama beberapa bulan sebelum memutuskan untuk ambil andil dalam bisnis keluarga.

Dia sekarang adalah Wakil Ketua Grup Indorama Corporation (perusahaan induk grup) dan merupakan Direktur pada 13 anak perusahaan di Grup Indorama.

Amit telah berhasil menjalankan bisnis, memimpin perputaran aset yang tertekan, dan melaksanakan proyek hijau untuk Indorama Corporation di berbagai belahan dunia.

Dia bergabung dengan perseroan pada tahun 1995, menjadi Direktur pada tahun 1996, Wakil Presiden Direktur pada tahun 2004, Direktur Utama pada tahun 2009, Wakil Komisaris Utama pada tahun 2013, dan terakhir diangkat kembali sebagai Wakil Presiden Komisaris pada Juni 2018.

Pada usia 21 tahun dia ditugaskan di unit tekstil kecil yang merupakan bagian dari Indorama Synthetics.

Amit belajar pelajaran penting dari tugas tujuh tahun itu: "Bisnis seperti garmen dan kain tidak dimaksudkan untuk orang seperti kita. Kami pandai dalam produksi massal yang padat modal," seperti dikutip melalui wawancara dengan Forbes 2016 silam.

Amit juga menjabat sebagai di dewan direksi pada perusahaan pembuat poliester dan benang Indorama Ventures yang berbasis di Bangkok.

Ayahnya adalah komisaris dan operasional perusahaan dijalankan oleh pamannya Aloke Lohia, seorang warga negara Thailand, yang juga seorang miliarder dan termasuk orang terkaya di negara itu.

Tanggung jawab terbesarnya di perusahaan ini adalah menangani operasi Indorama di Afrika.

Hingga 2016, ayah dan anak tersebut telah menginvestasikan hampir US$2 miliar, sebagian besar di Nigeria, menjadikan Indorama sebagai investor asing terbesar di sektor petrokimia Afrika Barat.

Indorama memasuki benua itu pada tahun 2006 ketika membeli 75% saham di perusahaan yang sekarang disebut Indorama Eleme Petrochemicals Ltd., seharga US$225 juta dari pemerintah federal.

Indorama Ventures tumbuh menjadi produsen poliolefin terbesar kedua di Afrika, kategori resin polimer yang digunakan untuk membuat tahan lama barang plastik konsumen dan industri.

Pada 2016, produksi perusahaan mengalami diversifikasi dengan produk pupuk dan mendirikan terminal pelabuhan khusus untuk surplus ekspor urea.

Untuk lebih mengawasi Indorama yang berkembang pesat, Sri Prakash, bersama dengan putranya, pindah dari Jakarta pada tahun 2008, tetapi mereka pergi ke destinasi yang berbeda: Sri Prakash ke London, sementara Amit, 45 tahun, menetap di Singapura, tempat induk perusahaan keluarga bermarkas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper