Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Cara Pemimpin Mengatasi Ketidakpastian di Dunia Bisnis

Kepastian tidak berarti Anda tahu apa yang harus dilakukan. Kepastian berarti Anda tahu bahwa Anda akan memikirkan sesuatu.
Ilustrasi/Greenenterprise
Ilustrasi/Greenenterprise

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika kita mengatakan bahwa kondisi dua belas bulan terakhir telah membawa dunia ke dalam ketidakpastian adalah pernyataan yang meremehkan situasi riil.

Namun, perbedaan antara berhasil dan gagal selama masa-masa ini adalah cerminan langsung dari seberapa cepat Anda dapat beradaptasi dengan perubahan.

Raul Villacis telah melatih kliennya para CEO dan wirausahawan setiap hari sejak pandemi dimulai, tentang cara beradaptasi, penyesuaian, dan mengeksekusi rencana.

Dan salah satu pola terbesar yang memisahkan mereka yang sukses dari mereka yang gagal adalah jumlah kepastian yang mereka berikan kepada klien, karyawan, dan bahkan keluarga mereka.

Kepastian tidak berarti Anda tahu apa yang harus dilakukan. Kepastian berarti Anda tahu bahwa Anda akan memikirkan sesuatu.

Berikut adalah lima hal penting yang dilakukan oleh para pengusaha yang sukses di pasar saat ini untuk meningkatkan tingkat kepastian mereka, seperti dikutip melalui Entrepreneur.

1. Jangan mencoba menyenangkan semua orang.

Tidak mungkin menyenangkan semua orang. Ketika Anda seorang pemimpin, Anda memahami bahwa tidak semua orang akan setuju dengan Anda. Kebanyakan orang terperangkap oleh rasa takut, dan mereka ingin Anda juga merasakan hal yang sama.

Anda dapat menghargai pendapat orang lain dan tetap melakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk memimpin. Butuh empati untuk memahami sudut pandang mereka, tetapi cukup percaya pada diri sendiri untuk bertindak ketika orang lain ragu-ragu.

Ada dua hal yang perlu Anda miliki untuk menjadi pemimpin yang efektif: empati dan kepercayaan. Bukan tugas Anda untuk meyakinkan semua orang. Sebagai seorang pemimpin, tugas Anda adalah terus membuat keputusan yang akan memperluas visi Anda.

2. Berhenti berpikir berlebihan.

Kami membuat kesalahan dengan menunggu skenario yang tepat untuk mengambil tindakan. Dan di saat-saat seperti ini, tidak ada waktu yang tepat untuk bertindak.

Anda perlu mendengarkan naluri Anda dan berinovasi daripada menunda-nunda. Dengan mencoba strategi baru, meskipun tidak berhasil, Anda akan mendapatkan umpan balik yang akan membawa Anda selangkah lebih dekat menuju kesuksesan.

Jangan terjebak dalam oleh analisis yang tidak menentu. Jalankan ide-ide baru, dan buat tenggat waktu untuk mengukur hasilnya. Gandakan yang berhasil, dan akhiri yang tidak. Begitu Anda menemukan momentumnya, itu akan meningkatkan tingkat kepastian Anda.

3. Temukan alur kerja Anda.

Ciptakan rutinitas yang terstruktur dan konsisten. Konsistensi akan memberi Anda kemampuan untuk menambah waktu. Jika Anda konsisten, Anda dapat melihat pemicu dan pola Anda dengan lebih mudah. Terus sesuaikan rutinitas Anda sampai Anda menemukan apa yang membuat Anda sibuk.

Kepastian tidak akan datang kepada Anda hanya karena Anda memiliki satu hari yang menyenangkan.

Buat jadwal untuk diri sendiri di mana beberapa hari Anda habis-habisan dan menghancurkannya, dan hari lain Anda meninjau hari terakhir Anda dan merencanakan hari berikutnya. Di hari lain, Anda beristirahat, mengisi ulang tenaga, dan berkomitmen kembali. Terus sesuaikan jadwal Anda saat Anda berkembang.

4. Hitung kesuksesan Anda.

Kita menahan diri dengan memikirkan kegagalan kita alih-alih menghitung kesuksesan kita. Saat Anda fokus pada bagaimana Anda menciptakan kemajuan, maka Anda dapat membangun momentum. Anda tidak dapat membangun momentum dengan berdiri diam, dan Anda pasti tidak dapat membangun momentum dengan melihat ke belakang.

Satu hal yang disarankan Villacis adalah jurnal rasa syukur. Setiap malam sebelum tidur, tuliskan tiga hal yang Anda syukuri, apa yang Anda lakukan lebih dekat untuk mencapai visi akhir Anda, dan siapa yang saya bantu atau bagaimana saya berkontribusi? Pikiran Anda akan memprogram dirinya sendiri dalam semalam untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

5. Ketahuilah bahwa tidak ada yang bertahan selamanya.

Kebanyakan orang kehilangan kepastian saat menghadapi tantangan karena mereka percaya bahwa apa pun yang mereka alami akan bertahan selamanya. Tapi kenyataannya adalah tidak ada pasar yang bertahan selamanya, tidak ada malapetaka yang berlangsung selamanya, dan kita harus percaya bahwa selalu ada cahaya di ujung terowongan.

Kepastian tidak berarti Anda tahu segalanya. Anda akan melakukan apa pun untuk menemukan jawaban dari setiap tantangan.

Kepastian adalah mata uang baru di pasar ini.

Ketika seorang pemimpin kehilangan kepastian dan kepercayaan diri, kegagalan dalam organisasinya tidak bisa dihindari. Jika Anda mengikuti lima langkah ini, Anda akan semakin dekat untuk menemukan kepastian usaha Anda dan berkembang dalam keadaan apa pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper