Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Claudia Sondakh Anak Konglomerat Peter Sondakh Pilih Berbisnis Fesyen dan F&B

Sebelum terjun ke industri F&B, Claudia pertama kali mengembangkan keterampilan bisnisnya di bidang fesyen.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 26 November 2020  |  13:00 WIB
Claudia Sondakh
Claudia Sondakh

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk seorang pewaris dari keluarga konglomerat, Claudia Sondakh menjalani kehidupan yang relatif tertutup.

Sebelum terjun ke industri F&B, Claudia pertama kali mengembangkan keterampilan bisnisnya di bidang fesyen.

Tahun 2000 merupakan awal dari bisnis fesyen Claudia setelah mendirikan Retail Therapy, usaha ritel fesyen dan asesoris yang ia luncurkan bersama temannya Dora Wong.

Namun, perannya di industri fesyen selesai ketika dia harus melepaskan Robe Raiders - butik online untuk barang-barang mewah bekas yang dia dirikan bersama pada 2011, yang kemudian bergabung dengan platform belanja The Fifth Collection pada 2015.

Menurut wawancara dengan Prestige, dia melihat industri makanan dan minuman, lingkungan tempat dia dibesarkan karena keterlibatan keluarganya dalam bisnis perhotelan, tampaknya cocok untuk usaha bisnis berikutnya.

Dengan taipan Peter Sondakh sebagai ayahnya yang pemilik Rajawali Group dan Evan Kwee sebagai suaminya, tidak heran dia berani mengambil risiko dalam karir multiguna.

Claudia adalah pemilik dan pendiri Plentyfull Bakery & Deli di Singapura dengan menu brunch yang beroperasi sejak awal 2020.

Pada 2016 dia lebih dulu memulai bisnis F&B dengan Plentyfull Restaurant di kota yang sama.

Dia mengakui bahwa sebagai pemilik bisnis restoran baru begitu menantang apalagi ketika saat dia melewati pasang surut industri makanan dan minuman.

Ketabahan dan keuletannya memungkinkannya untuk melanjutkan dan melewati masa-masa gelap untuk melihat cahaya di ujung terowongan.

“Ada banyak momen di mana saya merasa ingin menyerah, tetapi visi bisnis lah yang membuat saya terus maju,” kata Claudia melalui Instagram Plentyfull Bakery & Deli.

Alih-alih meluncurkan sebuah restoran begitu saja, dia menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mempersiapkan usaha F&B-nya.

Ide yang telah dikumpulkan bertahun-tahun sebelumnya adalah hasil dari pengalamannya menjalani diet detoks 21 hari hanya dengan makan daging dan sayuran yang dimasak, setelah berkonsultasi dengan homeopati untuk masalah sinus.

Dia juga menerima tantangan yang diberikan oleh pelatih kebugaran pribadi untuk tidak makan apa pun yang berasal dari botol atau bungkusan.

Claudia bahkan belajar sempat belajar memasak selama 9 bulan dengan program Cuisine Diploma di Le Cordon Bleu Paris.

Sementara itu, bimbingan berbisnis dari ayahnya sulit untuk diabaikan.

Peter Sondakh dikenal sebagai CEO Rajawali Corp dengan lini bisnis beragam mulai dari minyak kelapa, ekspor kayu, hingga perusahaan media (Rajawali TV & Fortune Indonesia) dan perusahaan taksi (Express).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peter sondakh rajawali group tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top