Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Cara Pebisnis Fesyen Ria Miranda Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Ria Miranda selaku Creative Director untuk brand RiaMiranda mengatakan bahwa ada banyak hal yang dilakukan agar tetap stabil selama pandemi seperti membuat koleksi yang relevan dan terus menjaga komunikasi,
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 13 Desember 2020  |  13:48 WIB
Ria Miranda - Instagram@riamiranda
Ria Miranda - Instagram@riamiranda

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 memang berdampak ke semua linimasa, terbatasnya pergerakan masyarakat sehingga daya beli yang turun membuat para pengusaha memutar otak untuk tetap ‘hidup’ di tengah pandemi.

Tak terkecuali brand RiaMiranda yang tetap melangkah untuk tetap berkarya dan berinovasi untuk menghasilkan produk-produk yang menginspirasi nilai kebaikan.

Ria Miranda selaku Creative Director untuk brand RiaMiranda mengatakan bahwa ada banyak hal yang dilakukan agar tetap stabil selama pandemi seperti membuat koleksi yang relevan dan terus menjaga komunikasi,

“Kita membuat koleksi yang relevan dengan kebutuhan customer mulai dari membuat koleksi pandemi, berempati pada kondisi, penjualan koleksi RiaMiranda Signature memberikan kontribusi berupa APD, Masker setiap pembelian produknya, menunda launching koleksi yang tidak relevan dengan kebutuhan saat ini dimana daya beli menurun dan semua orang dirumah,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (13/12/2020)

Ia juga melakukan komunikasi dengan internal karyawan agar semua lapisan mengetahui kondisi dan berjuang bersama, melakukan virtual komunikasi lebih intens, grup diskusi dengan customer di semua cabang RiaMiranda karena ada beberapa yang terkena Covid juga dan menjaga cash flow dan retargeting 2020.

Ia menambahkan bahwa omzet yang didapatkan pada tahun 2020 ini sama seperti 2018 lalu, sehingga ia optimis, tahun 2021 omzet bisa naik seperti tahun 2019.

Namun melihat kondisi secara makro dimana negeri juga mengalami resesi, untuk tidak merumahkan karyawan, tetap bisa melakukan produksi dan launching koleksi baru bahkan membuka beberapa toko baru adalah sesuatu yang perlu disyukuri.

“Dengan adanya perubahan omzet dari tahun ke tahun, untuk bisa survive kita melakukan shifting ke beberapa lini seperti cafe miranda, membuat roti miranda. Channel penjualan juga kita coba masuk melalui online seperti IG Live Shopping, WhatsApp business serta perbaikan di website kita. Artinya ketika pintu toko tertutup karena pandemi, demand tetap ada dan tetap bisa kita ciptakan melalui online,” jelasnya.

Untuk rencana ke depannya, ia sudah berinvestasi memperbaiki di digital dan online shopping experience. Konsep see now buy now, live streaming launching collection, menyapa customer melalui zoom akan dilakukan di tahun 2021.

Terkait dengan koleksi kita sudah ada strategi khusus salah satunya adalah dengan masuk ke pangsa pasar yang baru

Selain itu, sebagai brand ia selalu berusaha menjadi yang pertama atau yang lebih baik (be the first or make it better), dan selalu berusaha untuk mencari kreasi baru, cara baru dan pendekatan baru baik dalam berbagai hal.

RiaMiranda juga hadir untuk memberikan yang terbaik untuk para pecinta modest fashion di Indonesia. Mengambil jalan untuk menyelenggarakan acara RiaMiranda Annual Trunk Show (RMTS) bukan menjadi keputusan yang sembarangan tapi komitmen untuk selalu konsisten dalam mengerahkan energi kreatif adalah pendorong untuk tetap mengadakan acara tahunan ini.

Maka dari itu, dalam tahun ke delapan penyelenggaraan RMTS akan hadir pada 12 Desember 2020 dan sepenuhnya akan diperlihatkan dalam format virtual. Dalam acara virtual RMTS, atau akan disebut sebagai VRMTS, melalui brand RiaMiranda ready to wear bersama Luna Kids akan menampilkan resort collection 2020 yang bertajuk ‘Ceraloca’.

Tak hanya itu, untuk koleksi Spring/Summer 2021, RiaMiranda akan menampilkan ‘Abrea’. Keseluruhan dari tema yang diusung dalam fashion presentation kali ini, menceritakan tentang arti tumbuh yang akan menjadi refleksi dari personality seseorang. Sebuah makna tentang bagaimana kita bersyukur menerima keadaan, tanpa sadar bisa kuat bertahan dan menjadi pribadi yang lebih siap menghadapi hari yang penuh tantangan.

Harapan Ria Miranda sendiri untuk mempersembahkan acara dengan format ini adalah agar koleksi yang ditampilkan dapat diterima bagi para penikmat modest fashion di Indonesia.

Walaupun dihambat oleh pandemi, waktu yang dilaluinya memperbolehkan dirinya untuk menemukan dan sadar bahwa ia memiliki kesanggupan untuk tetap tangguh, tetap berkarya, tetap semangat dan terus memiliki harapan baru untuk tahun yang segera berganti.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis fesyen
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top