Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Safe Steps D-Tech Dorong Wirausaha Inovasi Teknologi Ketahanan Bencana

Donald Kanak, Chairman of Prudence Foundation mengungkapkan, pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung telah meningkatkan kesadaran akan kebutuhan mendesak untuk kesiapsiagaan bencana dan penguatan teknologi dalam ketahanan, respons, dan pemulihan bencana.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Desember 2020  |  17:53 WIB
SAFE STEPS Disaster Tech (D/Tech) award
SAFE STEPS Disaster Tech (D/Tech) award

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun ini, pandemi COVID-19 telah menginfeksi lebih dari 11 juta orang dan diperkirakan mengakibatkan kerugian ekonomi lebih dari US$2,7 triliun dan menyebabkan peningkatan kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan bencana serta kolaborasi di segala sektor untuk mengurangi ancaman dan dampak bencana alam.

Donald Kanak, Chairman of Prudence Foundation mengungkapkan, pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung telah meningkatkan kesadaran akan kebutuhan mendesak untuk kesiapsiagaan bencana dan penguatan teknologi dalam ketahanan, respons, dan pemulihan bencana.

"Karena itu, kami merancang SAFE STEPS D-Tech Awards untuk mendorong wirausahawan di seluruh dunia agar mengalokasikan energi dan kemampuan yang mereka miliki dalam penerapan teknologi untuk mengurangi dampak kehancuran akibat bencana. Kami percaya D-Tech memiliki potensi besar untuk mengubah kekacauan menjadi kebaikan dan memberikan dampak yang serupa seperti teknologi di negara lain, seperti edtech, fintech dan medtech.” ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Alexander Matheou, IFRC’s Regional Director for Asia Pacific menyatakan, tahun 2020 telah menunjukkan kepada kita bahwa ketahanan terhadap bencana ternyata sangat penting. IFRC dengan senang hati bekerja sama kembali dengan Prudence Foundation dalam SAFE STEPS D-Tech Awards untuk menyatukan sektor swasta dan masyarakat guna mendukung solusi teknologi yang akan membantu menyelamatkan jiwa manusia.” 

Pratima Harite, Head of Corporate Social Responsibility and Philanthropy for Lenovo Asia Pacific mengatakan, teknologi dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan ketahanan di masyarakat yang terkena dampak bencana alam dan bencana lainnya. Lenovo memiliki tujuan untuk menggabungkan kekuatan teknologi kelas dunia dengan kreativitas dan pengetahuan wirausahawan lokal serta organisasi sosial, untuk mencapai kesiapan, pemulihan, dan ketahanan pasca bencana yang lebih baik.

Prudence Foundation Luncurkan SAFE STEPS D-Tech Awards Edisi Kedua untuk Mencari Teknologi Penyelamat Jiwa Demi Ketahanan Bencana. Pemenang akan mendapatkan akses dukungan finansial, pembinaan, dan kesempatan memperluas jaringan untuk bantu tingkatkan cakupan solusi teknologi inovatif mereka.

Prudence Foundation, bagian dari Community Investment Prudential di Asia dan Afrika, bersama dengan mitra yang bergerak di bidang kemanusiaan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) serta mitra dalam bidang teknologi Lenovo, hari ini meluncurkan edisi kedua dari SAFE STEPS Disaster Tech (D-Tech) award. P

Penghargaan ini bertujuan untuk menemukan, mendanai, dan memberikan dukungan solusi teknologi yang mampu menyelamatkan jiwa sebelum, selama, atau setelah bencana alam.

Sejak tahun 2000, lebih dari 40 persen peristiwa bencana global telah terjadi di kawasan Asia Pasifik, yang mengakibatkan kematian terhadap ± 800.000 jiwa dan berdampak pada 3,2 miliar orang.

SAFE STEPS Disaster Tech (D-Tech) award digagas oleh Prudence Foundation dengan keyakinan bahwa inovasi di bidang teknologi memiliki peranan yang sangat signifikan dalam meningkatkan kesiapsiagaan, pemulihan, dan ketahanan bencana. Penghargaan ini merupakan bagian dari SAFE STEPS, program kesadaran masal multi-platform yang dikembangkan oleh Prudence Foundation dan didukung oleh IFRC serta mitra lainnya untuk memberikan informasi penyelamat jiwa pada peristiwa bencana alam, keselamatan berlalu lintas, dan pertolongan pertama.

Organisasi yang berpartisipasi dalam penghargaan ini memiliki peluang untuk memenangkan dana hibah dengan total senilai US$200.000 untuk mendukung implementasi dan peningkatan solusi D-Tech. Semi-finalis dan finalis akan mendapatkan akses untuk dibina oleh para ahli, kesempatan promosi dan mengakses jaringan ke perwakilan lembaga kemanusiaan, pengelola modal ventura, pengusaha muda di bidang teknologi dan pengembang bisnis sosial. Finalis akan mempresentasikan solusi yang mereka usulkan kepada panel juri pada Juni 2021. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha teknologi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top