Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Camkan 4 Tips Sukses Tahun 2021

Untuk merencanakan target yang berdampak pada kehidupan Anda, tentu Anda harus memasang prioritas apa yang Anda ingin raih pada 2021.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 29 Desember 2020  |  18:33 WIB
Untuk menyambut 2021, maka Anda bisa menyusun strategi bisnis. - ilustrasi
Untuk menyambut 2021, maka Anda bisa menyusun strategi bisnis. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Setelah melalui fase yang cukup berat 2020 tentu Anda sangat ingin memperbaiki keadaan dan memperbaiki diri untuk mencapai target dan cita-cita sukses pada tahun yang akan datang yakni 2021.

Dikutip dari RDI Winning Smart, Selasa (29/12/2020), 2020 merupakan tahun yang liar dan penuh tantangan. Sangat sulit dipercaya, tahun berat ini pun sudah menuju penghujungnya dalam beberapa hari saja. Oleh sebab itu, ini adalah momen yang tepat merencanakan tujuan dan target 2021 yang terkelola dengan baik.

Berikut ada 4 tips awal untuk merumuskan target dan mencapai kesuksesan Anda pada 2021, simak ya!

1. Refleksi

Anda banyak menerima pelajaran yang berat tahun ini. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa melangkah begitu saja tanpa melakukan refleksi ke belakang. Mulai ambil jeda waktu melihat ke belakang apa saja yang terjadi pada 2020. Apa yang terjadi dengan baik? Apa yang masih belum? Tanyakan kepada rekan kerja dan pimpinan Anda, mintalah respon mereka. Jika Anda sudah memutuskan dimana Anda akan berpijak selanjutnya maka Anda akan punya gambaran lebih jelas hal apa yang Anda akan raih pada 2021.

2. Buatlah Target

Untuk merencanakan target yang berdampak pada kehidupan Anda, tentu Anda harus memasang prioritas apa yang Anda ingin raih. Anda mungki punya beberapa hal yang ingin Anda kerjakan, namun penting bagi Anda untuk membuat pilihan yang paling masuk akal agar tidak membuat waktu dan energi.

Gunakan rumus SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Timely) yang mana akan menyaring dengan baik target Anda sehingga membantu Anda meraih cita-cita. Tak lupa, sangat penting Anda membuat ranking mana target yang paling penting agar bisa mendapatkan perhatian lebih. Buatlah evaluasi berkala atas target Anda.

3. Feedback

Membuat target itu jangan sampai terhenti di tengah jalan. Ketika Anda sudah memutuskan untuk mengembangkan diri dan membuat target berbasis prioritas, penting juga untuk menanyakan respon atau feedback dari orang lain. Coba uji lago target anda dengan ide dan saran sesama rekan, mentor, dN pimpinan untuk bisa memperluas target Anda. Perbanyaklah ragam perspektif yang bisa menjadi aspek pendukung pengembangan diri Anda.

4. Akuntabilitas Target

Setelah Anda memfinalisasi target, saatnya Anda membuat target tersebut terkelola dengan baik dan akuntabel. Artinya, itu dilakukan dengan mudah yakni membuat target di kalender yang bisa menandai progres Anda. Jika sampai deadline tertentu Anda tidak mencapai target, ini tandanya Anda perlu mundur sedikit dan bertanya pada diri Anda apalagi yang harus diubah. Target memang tak perlu rigid, dan Anda tetapi harus menyesuaikan dengan prioritas yang berubah.

Mencapai kesuksesan memang butuh rencana. Kita semua membutuhkan arahan pada suasana yang suram dan tanpa harapan. Jika tahun ini tidak memberikan hasil, maka ini menandakan pentingnya kita selalu mempersiapkan diri dengan banyak hal tak terduga.

Jika Anda sudah punya komitmen pada target Anda, maka Anda perlu dedikasi untuk mencapainya. Terutama jika Anda pun menemukan diri Anda lebih bersemangat dan termotivasi memulai tahun baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona tips sukses
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top