Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tujuh Kunci Sukses Kembangkan Bisnis Franchise Makanan Ngikan

Untuk menjaga kualitas makanan dan rasa dalam franchise, maka perlu melakukan kontrol secara berkala agar rasa makanan sama di setiap cabang Ngikan.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 09 Januari 2021  |  17:28 WIB
Franchise Ngikan. - ilustrasi
Franchise Ngikan. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Dalam menjalankan sebuah bisnis franchise agar dapat berkembang pesat tidaklah mudah, dibutuhkan beberapa strategi agar usaha tersebut dapat terus berjalan dan mampu menjaring banyak mitra.

Berikut tujuh poin penting yang menjadi kunci keberhasilan Ngikan Yuk dalam memperluas sayap bisnisnya melalui konsep franchise atau kemitraan hingga berhasil memiliki 173 cabang sejak pertama berdiri pada Oktober 2019 lalu.

Pertama, jika mau sukses dalam mengembagkan konsep franchise maka perhatikan bahwa produk yang ditawarkan memang disukai banyak masyarakat. Seperti yang disebut di atas bahwa sebelum memulai bisnis Ngikan Yuk, pihaknya sudah melakukan proses riset yang cukup lama.

Dari riset tersebut ditemukan bahwa ayam goreng memang favorit, tapi ayam sudah cukup banyak sehingga dipilihkan produk ikan. Lalu bagaimana agar ikan ini juga disukai layaknya ayam? Maka penyajian dan pengolahannya dibuat seperti ayam goreng yakni crispy, nggak amis, dan mudah untuk dimakan karena berupa ayam fillet yang tidak ada tulang sehingga lebih diterima masyarakat.

Kedua, produk differentiation. Saat ini tentu banyak pelaku usaha yang terjun ke dalam bidang kuliner, pasar sangat penuh. Maka jika ingin diterima dan mendapatkan perhatian masyarakat maka harus buat keunikan atau perbedaan, jangan mengikuti pasar.

“Misalnya orang bermain di ayam, maka kita masuk ke ikan. Orang jual dengan nasi biasa, kita pakai nasi liwet. Untuk cocolan biasanya orang pake saos sambel kita pake sambal nusantara dengan lima pilihan rasa, paling favorit sambal matah,” ujar Co-Founder Ngikan Yuk, Muhammad Ikra.

Ketiga, onlineable. Artinya produk kuliner tersebut mudah untuk dipesan secara online baik melalui gofood maupun grabfood. Pasalnya saat ini, masyarakat banyak yang sudah lebih memilih untuk membeli makanan secara online.

“Kita tentu ada untuk menu dine in, tapi juga harus bisa dibeli secara online karena perkembangan teknologi cukup cepat maka harus pastikan mengikuti tren perkembangan teknologi dan pastikan produk ada di setiap platform. Penjualan online ini sangat membantu pada saat masa pandemi ini,” terangnya.

Keempat, mudah untuk dioperasikan. Sebab, bisnis yang ditujukan akan difranchisekan maka harus mudah dioperasikan karena banyak orang yang mau menjalankan usaha tetapi belum ada pengalaman sebelumnya sehingga pemilik usaha harus pastikan bahwa produk yang dijual gampang untuk dibuat.

“Ngikan Yuk kan hanya ikan goreng tepung, pake nasi, pake sambel. Bahan bakunya sudah kita sediakan semua. Karyawan hanya tinggal training beberapa hari dan sudah bisa mengoperasikan Ngikan,” ujarnya.

Kelima, wajib memiliki standar operasional yang detail mulai dari cara menangani inventaris atau peralatan, menghandel karyawan, memperlakukan pembeli, hingga proses memasak dan rasa makanan. SOP ini sangat penting sebagai acuan bagi para mitra agar lebih maksimal menjalankan bisnisnya.

Keenam, melakukan kontrol secara berkala sehingga semua rasa makanan dan proses pelayanan sama di setiap cabang. Sebab, salah satu kelemahan dari bisnis franchise adalah ketidakseragaman produk yang ditemukan antar outlet.

Ketujuh, memiliki rencana marketing yang jelas baik dalam proses pemasaran, branding, promosi, hingga menyusun menu-menu baru yang diluncurkan secara berkala.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waralaba franchise
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top