Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Rahasia Kopi Kenangan, Raih Suntikan Dana dari Investor Hingga US$100 Juta

Kopi Kenangan kian ekspansif mengembangkan jumlah gerai dengan memperbaharui strategi ekspansi bisnis.
Kopi Kenangan mengoptimalkan penjualan melalui online dan media sosial untuk meningkatkan penjualan./istimewa
Kopi Kenangan mengoptimalkan penjualan melalui online dan media sosial untuk meningkatkan penjualan./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Kopi Kenangan menjadi salah satu startup kuliner yang terbilang sukses mendapatkan suntikan dana dari investor. Bahkan saat ini, perusahaan yang dberdiri sejak 2017 tersebut telah mendapatkan pendanaan Seri B sebesar US$109 juta atau setara dengan Rp1,6 triliun pada Mei 2020 lalu.

Pendanaan ini dipimpin oleh investor Sequoia Capital yang juga diikuti oleh investor baru termasuk B Capital, Horizon Ventures, Verlinvest, Kunlun dan Sofina, serta Alpha JWC Ventures.

Pendanaan seri B sendiri merupakan lanjutan dari pendanaan Seri A Kopi Kenangan senilai US$20 juta pada Juni 2019 yang dipimpin oleh Sequoia Capital, dan pendanaan awal pada 2018 yang dipimpin oleh investor lokal Alpha JWC.

CEO Kopi Kenangan Edward Tirtananda mengatakan sebagai startup kuliner, pihaknya terus konsisten memastikan bahwa bisnisnya tetap profitable sehingga dipercaya oleh investor. Apalagi saat ini investor semakin selektif dalam memilih startup untuk didanai.

“Kami rasa, cara terbaik untuk mendapat kepercayaan investor dan meraih pendapatan adalah dengan memiliki laporan keuangan yang baik dan positif,” ujarnya.

Melalui pendanaan tersebut, Kopi Kenangan juga kian ekspansif mengembangkan jumlah gerai dengan memperbaharui strategi ekspansi bisnis yaitu melalui teknologi heatmap untuk memastikan bahwa Kopi Kenangan berada dekat dengan pelanggan.

 “Selain itu, pada 2020 kemarin kami berusaha terus mengembangkan portofolio produk dengan meluncurkan brand roti sendiri, ‘Cerita Roti’ serta membuka Central Kitchen milik Kopi Kenangan,” tuturnya.

Selain itu, Kopi Kenangan juga terus melakukan revamp UI/UX aplikasi Kopi Kenangan sehingga dapat memberikan kenyamanan dan menjaga loyalitas pelanggan. “Tahun 2020 kami mencatat milestone dengan peningkatan transaksi lebih dari 200% melalui aplikasi Kopi Kenangan,” ujarnya

Adapun menu andalan Kopi Kenangan adalah es kopi susu gula aren, Kopi Kenangan Mantan dengan harga Rp18.000 per gelas. Selain itu, menu lain yang menjadi favorit adalah boba, thai tea, juga milo.

Pihaknya terus terus melakukan inovasi terbaru dengan mengeluarkan menu minuman baru seperti cheese series (Cheezy Berry Hibiscus; Cheezy Cantaloupe; Cheezy Thai Tea;  Cheezy Milo). Dari sisi makanan, Kopi Kenangan terus memperbesar portfolio dengan meluncurkan menu makanan yaitu brand roti Cerita Roti pada Desember 2020.

Hingga saat ini, Kopi Kenangan telah memiliki 430 gerai dengan target mencapai 80 gerai hingga akhir tahun nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper