Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Goorita Siap Bantu 5.000 UMKM Rambah Pasar Global

Goorita memiliki program layanan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM di seluruh Indonesia yang bergabung dan mendaftarakan diri di Goorita.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 24 Februari 2021  |  17:41 WIB
Pekerja memotret produk sepatu Prospero yang akan dipasarkan melalui platform digital di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (3/7/2020). Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika, sebanyak 9,4 juta UMKM sudah menggunakan atau memasarkan produknya melalui pasar e-commerce dan mendapatkan manfaat penggunaan teknologi digital untuk transaksi lintas batas. - ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Pekerja memotret produk sepatu Prospero yang akan dipasarkan melalui platform digital di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (3/7/2020). Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika, sebanyak 9,4 juta UMKM sudah menggunakan atau memasarkan produknya melalui pasar e-commerce dan mendapatkan manfaat penggunaan teknologi digital untuk transaksi lintas batas. - ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Bisnis.com, JAKARTA – Produk-produk hasil kreativitas para pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia memiliki peluang dan market yang potensial tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di pasar global, khususnya Amerika dan Eropa.

Namun sayangnya, sebagian besar pelaku UMKM di Indonesia masih memiliki pemahaman yang sangat minim mengenai proses ekspor sehingga kesulitan dalam memasarkan produknya ke pasar global.

Berangkat dari hal tersebut, Goorita hadir membantu  para pelaku UMKM merambah pasar ekspor dengan memanfaatkan teknologi digital. Apalagi UMKM menjadi salah satu sektor prioritas yang perlu dikembangkan karena dapat menunjang perekonomian negara.

Yuwono Wicaksono (Founder Goorita) mengatakan bahwa Goorita merupakan platform one stop solution UMKM Indonesia untuk going international. Pihaknya hadir untuk menjembatani permasalahan yang sering dihadapi oleh para UMKM dalam melakukan ekspor produk lokal ke mancanegara.

“Mengusung tagline ‘Ready to Fight for Indonesia’, kami hadir membantu UMKM Indonesia mulai dari pemasaran hingga pengiriman produk sampai tujuan melalui tiga layanan unggulan, diantaranya Marketplace, Fullfillment dan Logistics,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima Bisnis, Rabu (24/2/2021).

Yuwono menjabarkan dari sisi pelayanan marketplace, Goorita terkoneksi dengan beberapa marketplace Internasional seperti eBay dan Amazon untuk mempermudah UMKM dalam memasarkan dan mengelola toko online mereka di marketplace global tersebut. M

ulai dari pembuatan toko online, listing produk, manajemen stok, proses pesanan, pengiriman barang, monitoring pengiriman hingga pembayaran dari pembeli semuanya dengan mudah dapat dilakukan melalui satu platform digital Goorita. Untuk para UMKM yang belum terbiasa menggunakan platform digital, Goorita juga siap memberikan pembinaan agar UMKM tersebut bisa naik kelas siap ekspor.  

Selanjutnya layanan  Fullfillment yang akan membantu pelaku UMKM Indonesia yang sudah memiliki toko dan pembeli dari luar negeri dengan cara memudahkan proses operasional dan logistik yang umumnya sangat menyita waktu dan tenaga mereka.

Mulai dari penyimpanan produk di gudang, manajemen stok barang, proses pesanan dari marketplace terintegrasi, packing hingga pengiriman sampai ke tangan pembeli semua dilakukan oleh Goorita melalui layanan Fulfillment.

“Dengan layanan ini diharapkan UMKM dapat fokus ke proses produksi dan pemasaran barang tanpa harus disibukkan dengan operasionalnya,” tuturnya.

 Sementara itu, di sisi logistik, Goorita telah bekerjasama dengan perusahaan logistic internasional dan domestik dalam pengiriman barang. Melalui layanan logistik ini, UMKM dapat mengirimkan barang dengan tarif pengiriman internasional yang bersahabat.

“Dengan menekan biaya pengiriman internasional, otomatis harga jual produk lokal di luar negeri bisa menjadi semakin kompetitif. Layanan logistik ini juga dapat dengan mudah diakses melalui platform Goorita yang sudah dilengkapi dengan kalkulasi otomatis shipping rate dengan pilihan layanan pengiriman tercepat atau termurah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing UMKM,” terangnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Sony tersebut menambahkan, selain pemasaran online, Goorita juga membantu pemasaran produk secara offline yang dipasarkan toko offline store setempat dan komunitas WNI di berbagai Negara.

“Kami juga membantu memasarkan produk Anda secara offline baik offline store juga komunitas diaspora diberbagai negara. Dengan program 10.000 Indonesian Diaspora for UMKM, kami berharap bisa memberdayakan Diaspora Indonesia yang jumlahnya sangat banyak tersebar di seluruh dunia”

Saat ini Goorita telah membantu kurang lebih 270 pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka ke luar negeri dengan total kiriman mencapai 10 Ton. Tahun ini pihaknya menargetkan akan ada 5.000 pelaku UMKM bergabung dengan Goorita.

Keuntungan bagi UMKM bergabung dengan layanan Goorita diantaranya:

1. Dapat menjangkau ke milyaran pembeli di dunia

2. Kemudahan memasarkan produk secara online melalui marketplace global

3. Tarif pengiriman internasional yang 'UMKM friendly'

4. Pilihan solusi ekspor yang dapat disesuaikan kebutuhan

5. Pembinaan, edukasi dan informasi terkait bisnis ekspor

 “Selain proses pemasaran dan pengiriman ke luar negeri, Goorita juga memiliki program layanan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM di seluruh Indonesia yang bergabung dan mendaftarakan diri di Goorita,” tambah Sony.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm tips bisnis penyaluran kredit umkm
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top