Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Sektor Aquaculture, KawanCicil Jalin Kerja Sama dengan eFishery

Bentuk kerja sama yang dilakukan berupa pemberian modal kerja bagi pembudidaya ikan yang sudah terdaftar sebagai nasabah eFisheryFund. eFisheryFund merupakan platform digital dengan fasilitas pembiayaan yang ditawarkan oleh eFishery bekerja sama dengan layanan finansial yang dirancang khusus untuk para pembudidaya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 April 2021  |  21:05 WIB
Kawancicil dan Efishery
Kawancicil dan Efishery

Bisnis.com, JAKARTA - Platform layanan keuangan (pinjam meminjam) berbasis teknologi informasi PT Kawan Cicil Teknologi Utama atau KawanCicil menjalin kerja sama dengan eFishery, perusahaan rintisan aquaculture technology.

Bentuk kerja sama yang dilakukan berupa pemberian modal kerja bagi pembudidaya ikan yang sudah terdaftar sebagai nasabah eFisheryFund. eFisheryFund merupakan platform digital dengan fasilitas pembiayaan yang ditawarkan oleh eFishery bekerja sama dengan layanan finansial yang dirancang khusus untuk para pembudidaya.

Bagi KawanCicil, peer-to-peer yang telah terdaftar di OJK sejak 2018 tersebut, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada pelaku UMKM aquaculture di Indonesia yang sempat terguncang oleh efek pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama lebih dari satu tahun ini. Dalam upaya membantu keberlangsungan usaha budidaya ikan di masa pandemi, KawanCicil akan menjembatani para pemberi pinjaman (lender) agar dapat memberikan pinjaman modal usaha hingga 100 Milyar kepada para pelaku budidaya yang terdaftar dalam ekosistem eFishery.

eFisheryFund menawarkan fitur Kabayan (Kasih, Bayar Nanti), berupaerupa program pembelian keperluan budidaya dengan sistem tenor yang dapat dimanfaatkan oleh para pembudidaya ikan untuk memperoleh produk eFishery seperti auto-feeder dan pakan ikan. Dengan menjadi salah satu mitra keuangan eFishery, KawanCicil menjadi penyedia akses ke fasilitas pemodalan untuk para pembudidaya melalui fitur Kabayan tersebut. Fasilitas permodalan ini disalurkan dalam bentuk saldo Kabayan sehingga memungkinkan pembudidaya menggunakan saldo tersebut sewaktu-waktu untuk memperoleh produk eFishery sesuai kebutuhan budidaya namun dapat melakukan pembayaran setelah masa panen tiba.

“Salah satu tantangan pelaku UMKM adalah modal usaha, terutama bagi mereka yang kesulitan dalam mendapatkan fasilitas permodalan dengan mudah. Padahal diluar sana, banyak orang-orang yang peduli dan bersedia meminjamkan dana untuk membantu para UMKM. Disini KawanCicil berkomiten untuk mendukung perusahaan startup seperti eFishery, yang peduli dengan pertumbuhan pengusaha mikro pada sektor aquaculture, untuk memberikan kemudahan dalam mengakses fasilitas permodalan tersebut dengan mempertemukan pemberi pinjaman yang terverifikasi dengan peminjam, dalam hal ini pembudidaya ikan. Kami sangat antusias menyambut kerja sama ini karena kami berkesempatan untuk berkontribusi langsung dalam mensejahterakan para pembudidaya di Indonesia,” ujar Joyce selaku Chief Operation Officer dari KawanCicil dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut Joyce mengatakan bahwa kerja sama ini sejalan dengan misi KawanCicil untuk mendukung kemajuan inklusi keuangan di Indonesia, sehingga setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam meningkatkan kualitas hidupnya.

“Pembudidaya ikan sangat sulit untuk mendapatkan pemodalan. Selain unbanked, pola bisnisnya dianggap memberikan resiko yang tidak pasti (uncertain risk). Itulah kenapa, banyak pembudidaya yang terpaksa harus mencari pemodalan dari jalur tradisional, yang bunganya bisa mencapai hingga 50% per tahun,” ungkap CEO & Co-Founder eFishery, Gibran Huzaifah. “Dengan pendekatan yang tepat, bisnis budidaya ikan bisa sangat menguntungkan. Melalui data dan teknologi yang kami miliki, eFisheryFund menghubungkan pembudidaya dengan institusi keuangan dan membuka akses bagi para pembudidaya ikan untuk mendapatkan modal. Kerjasama dengan KawanCicil ini diharapkan mampu memberikan dukungan bagi para pembudidaya untuk meningkatkan usaha budidayanya dan melipatgandakan dampak yang kami berikan kepada pembudidaya. Dengan begitu, industri perikanan bisa lebih produktif melalui inklusi finansial yang sesungguhnya."

Pembudidaya yang ingin mendapatkan fasilitas permodalan dapat melakukan pengajuan pinjaman melalui platform digital eFisheryFund. Pembudidaya dapat melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk kemudian dilakukan penilaian oleh tim eFishery untuk menentukan apakah mereka memenuhi syarat dan kriteria untuk memperoleh permodalan. Hasil penilaian ini nantinya diteruskan kepada KawanCicil untuk kembali dianalisis sesuai dengan sistem penilaian kredit yang berlaku.

Sebagai informasi, KawanCicil juga memiliki produk pinjaman modal usaha lainnya yang dapat diakses dengan mudah melalui website www.kawancicil.co.id atau aplikasi KawanCicil Borrower yang dapat diunduh di Apple App Store maupun Google Play Store. Pelanggan terlebih dahulu harus mendaftar akun KawanCicil dan kemudian melengkapi data-data. Setelah terdaftar, pelanggan dapat mengajukan pinjaman dengan memilih jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance agrikultur
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top