Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menggeliat! 5 Sektor Ini Lagi Agresif Cari Karyawan

Sejumlah sektor usaha mulai bangkit dari dampak kelesuan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Disebut-sebut bahkan ada 5 sektor usaha yang tengah gencar mencari tenaga kerja baru.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 22 April 2021  |  22:29 WIB
Pabrik Mobil Mitsubishi Motors.  - Mitsubishi Motors.
Pabrik Mobil Mitsubishi Motors. - Mitsubishi Motors.

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah sektor usaha mulai bangkit dari dampak kelesuan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Bahkan, ada lima sektor usaha yang tengah gencar mencari tenaga kerja baru.

Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim mengatakan kelima sektor yang bangkit kembali ini cukup relevan dengan kondisi market Indonesia, termasuk dari kebijakan pemerintah yang memberikan bunga 0 persen untuk beli mobil dan rumah.

"Sektor industri otomotif yang prospeknya, naiknya cukup cepat, 128 persen. Mereka saat ini aktif mencari karyawan," ujarnya dalam diskusi virtual, Kamis (22/4/2021).

Kedua, yaitu sektor telekomunikasi yang perekrutan calon karyawannya naik sebanyak 113 persen. "Perusahaan bidang telekomunikasi terpantau aktif merekrut karyawan secara agresif," tegasnya.

Ketiga adalah sektor heavy industry atau industri berat. Sektor usaha yang sangat terpuruk kala munculnya pandemi ini mulai beranjak pulih.

"Meningkat sekitar 93 persen. Diikuti construction building dan juga properti. Ini top 5 teratas yang kembali bangkit melakukan perekrutan," beber Farida.

Dari sisi spesialisasinya, urutan pertama kandidat karyawan yang paling banyak dicari yakni sales dan marketing. Diikuti oleh accounting dan finance. Kemudian komputer dan IT. "Kebutuhan IT cukup signifikan karena perubahan pergeseran dunia digital," sebutnya.

Posisi berikutnya yaitu administrasi dan HR. Terakhir spesialisasi di bidang manufaktur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri otomotif Tips Kerja
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top