Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Instagram Siapkan Fitur Creator Shop, Kretor bisa Tingkatkan Pendapatan

CEO Instagram Adam Mosseri, Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa perusahaan platform media sosial itu sedang mengerjakan fitur baru baru seperti creator shop, perdagangan afiliasi, dan "branded content marketplace" untuk influencer.
Logo Instagram/Istimewa
Logo Instagram/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Instagram mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan sejumlah fitur baru yang akan membantu kreator menghasilkan lebih banyak pendapatan dari konten mereka.

Dilansir melalui Hypebeast, dalam siaran langsung baru-baru ini dengan CEO Instagram Adam Mosseri, Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa perusahaan platform media sosial itu sedang mengerjakan fitur baru baru seperti creator shop, perdagangan afiliasi, dan "branded content marketplace" untuk influencer.

Creator Shop diperkirakan menjadi perpanjangan dari fitur belanja Instagram yang sudah ada.

"Kami melihat banyak pembuat konten yang mendirikan toko juga, dan salah satu bagian dari model bisnis pembuat konten adalah Anda membuat konten yang hebat, lalu Anda dapat menjual barang, jadi memiliki toko pembuat itu luar biasa," ujar Zuckerberg, seperti dikutip melalui Hypebeast, Rabu (28/4).

Dia juga menambahkan bahwa pembuat konten harus bisa mendapatkan potongan dari penjualan barang atau jasa yang mereka rekomendasikan dan Instagram akan membangun marketplace rekomendasi afiliasi untuk memungkinkan hal itu.

Sementara itu, untuk "branded content marketplace", Zuckerberg berharap fungsi ini dapat membantu menghubungkan influencer dengan sponsor yang sesuai.

Zuckerberg juga mencatat bahwa fungsi tersebut dapat berguna untuk menciptakan peluang bagi bakat yang sedang naik daun, memungkinkan mereka untuk menghasilkan uang sehingga menciptakan "kreator kelas menengah".

Namun, pengumuman tersebut belum mengungkapkan kesepakatan bisnis seperti apa yang akan ditawarkan, namun mereka memastikan persyaratannya akan sangat menguntungkan bagi konten kreator.

"Kami tidak membangun ini dari sudut pandang kami mencoba menghasilkan banyak uang," dia menegaskan.

Dengan semua fitur baru ini, tampaknya Instagram makin serius mendukung konten kreator. Namun, masih harus dilihat kapan fitur ini akan mulai diluncurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper