Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Instagram Siapkan Fitur Creator Shop, Kretor bisa Tingkatkan Pendapatan

CEO Instagram Adam Mosseri, Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa perusahaan platform media sosial itu sedang mengerjakan fitur baru baru seperti creator shop, perdagangan afiliasi, dan "branded content marketplace" untuk influencer.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 28 April 2021  |  13:03 WIB
Logo Instagram - Istimewa
Logo Instagram - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Instagram mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan sejumlah fitur baru yang akan membantu kreator menghasilkan lebih banyak pendapatan dari konten mereka.

Dilansir melalui Hypebeast, dalam siaran langsung baru-baru ini dengan CEO Instagram Adam Mosseri, Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa perusahaan platform media sosial itu sedang mengerjakan fitur baru baru seperti creator shop, perdagangan afiliasi, dan "branded content marketplace" untuk influencer.

Creator Shop diperkirakan menjadi perpanjangan dari fitur belanja Instagram yang sudah ada.

"Kami melihat banyak pembuat konten yang mendirikan toko juga, dan salah satu bagian dari model bisnis pembuat konten adalah Anda membuat konten yang hebat, lalu Anda dapat menjual barang, jadi memiliki toko pembuat itu luar biasa," ujar Zuckerberg, seperti dikutip melalui Hypebeast, Rabu (28/4).

Dia juga menambahkan bahwa pembuat konten harus bisa mendapatkan potongan dari penjualan barang atau jasa yang mereka rekomendasikan dan Instagram akan membangun marketplace rekomendasi afiliasi untuk memungkinkan hal itu.

Sementara itu, untuk "branded content marketplace", Zuckerberg berharap fungsi ini dapat membantu menghubungkan influencer dengan sponsor yang sesuai.

Zuckerberg juga mencatat bahwa fungsi tersebut dapat berguna untuk menciptakan peluang bagi bakat yang sedang naik daun, memungkinkan mereka untuk menghasilkan uang sehingga menciptakan "kreator kelas menengah".

Namun, pengumuman tersebut belum mengungkapkan kesepakatan bisnis seperti apa yang akan ditawarkan, namun mereka memastikan persyaratannya akan sangat menguntungkan bagi konten kreator.

"Kami tidak membangun ini dari sudut pandang kami mencoba menghasilkan banyak uang," dia menegaskan.

Dengan semua fitur baru ini, tampaknya Instagram makin serius mendukung konten kreator. Namun, masih harus dilihat kapan fitur ini akan mulai diluncurkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fitur instagram
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top