Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NJIS Jakarta Ajak Belajar Bisnis untuk 'Young Entrepreneurs'

Program yang bertujuan untuk mengasah dan menggali kemampuan generasi muda tentang dunia bisnis ini akan didampingi langsung oleh ahli yang kompeten di bidangnya, dari salah satu universitas terbaik dunia diantaranya Harvard Student Agencies dan New York University.
NJIS
NJIS

Bisnis.com, JAKARTA - North Jakarta Intercultural School (NJIS) sekolah swasta internasional yang berada di bawah naungan Yayasan The North Jakarta International School menggelar program pendidikan inovatif, melalui kursus singkat dan kompetisi bisnis yang dinamakan “Mini MBA, Calling Young Entrepreneurs”.

Program yang bertujuan untuk mengasah dan menggali kemampuan generasi muda tentang dunia bisnis ini akan didampingi langsung oleh ahli yang kompeten di bidangnya, dari salah satu universitas terbaik dunia diantaranya Harvard Student Agencies dan New York University.

Head of School North Jakarta Intercultural School (NJIS) Gerald Donovan menjelaskan pentingnya program ini dijalankan sejak dini kepada para siswa SMP dan SMA, mengingat dunia bisnis baik secara global maupun di dalam negeri berkembang sangat dinamis di mana saat ini juga didominasi oleh kalangan millenial.

“Kami bersyukur dan bangga program inisiatif NJIS yakni Mini MBA ini dapat direalisasikan. Sebagai lembaga pendidikan berskala internasional, NJIS memiliki komitmen tinggi untuk terus berinovasi dan memberikan program – program terbaik. Inisiatif yang dilakukan oleh NJIS diharapkan dapat men-trigger para peserta dalam mengeksplorasi kemampuannya dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh sehingga lebih siap menghadapi dunia bisnis yang sesungguhnya,” jelas Gerald Donovan dikutip dari keterangan tertulisnya.

Gerald mengatakan program Mini MBA akan berlangsung secara virtual di mana mentor bisnis dari Harvard Student Agencies dan guru dari New York University akan berkolaborasi dengan guru-guru dari NJIS. Mini MBA eksklusif dipersembahkan untuk siswa-siswi SMP dan SMA di Indonesia dan luar negeri untuk belajar mengenai bisnis secara holistik dan komprehensif.

Pelatihan dan kompetisi Mini MBA memungkinkan tiap individu untuk meningkatkan kemampuan behavioural skill sehingga dapat beradaptasi dalam situasi apapun, kemampuan berkomunikasi dengan tepat, kemampuan menyelesaikan masalah, dan bertanggung jawab terhadap segala keputusan yang diambil.

Gerald menjelaskan peserta kursus singkat dan kompetisi NJIS terdiri dari pelajar kelas VIII SMP sampai dengan kelas XII SMA di Indonesia maupun luar negeri. Peserta akan melewati dua tahapan di mana tahap pertama selama 10 hari para siswa akan diberikan pelatihan bagaimana membangun perspektif yang benar tentang bisnis, dan implementasinya di masa depan. Kemudian dilanjutkan tahap kedua yakni mengikuti kompetisi internasional yang dimulai pada 30 Juni 2021. Pendaftaran program Mini MBA ini dimulai para 1-15 Juni 2021.

Gerald Donovan mengatakan dengan menggandeng para ahli dari kampus-kampus terbaik di dunia, para pelajar yang bergabung dalam program ini dapat merasakan pengalaman yang berharga salah satunya langsung dimentori oleh ahlinya. Selain itu, transfer knowledge dari mentor-mentor yang kompeten dan juga para siswa dari seluruh penjuru dunia akan mendorong anak-anak untuk lebih kreatif dan berani bersaing dalam kompetisi.

Selama program berlangsung, para siswa akan dibimbing untuk memahami bisnis dari dasar yaitu menciptakan ide bisnis dan bagaimana praktiknya secara langsung. Peserta juga akan diajarkan riset pasar dan menentukan target pasar dari ide bisnis yang sudah dipikirkan sebelumnya. Dari situ, peserta dapat menganalisis kelebihan, kekurangan, peluang, dan tantangan dari rencana bisnis dan menentukan strategi bisnis yang tepat. Program ini juga akan memberikan pengalaman penting lewat praktik langsung model bisnis, mengelola keuangan, dan meningkatkan kepemimpinan dalam dunia usaha.

“Setelah proses mentoring berakhir, anak-anak akan mempraktikkan langsung ilmunya dengan membuat business plan yang akan dikompetisikan langsung di akhir program,” ujarnya. Gerald mengatakan business plan terbaik akan dipilih langsung oleh juri yang kompeten yang merupakan pengusaha yang telah sukses di bidangnya masing-masing.

Adapun juri kompetisi adalah Executive Shareholder Agung Podomoro Land dan Agung Podomoro Group Putra Pratana Haliman, Pendiri Tokopedia Leontinus Alpha Edison, dan Investor dan Partner Northstar Group Henky Prihatna

“Pemenang kompetisi ini berhak mendapatkan hadiah dengan total sebesar USD 2000 atau senilai Rp27 juta, sertifikat dari Harvard Student Agencies, NJIS, dan Learn With Leaders (LwL). Tidak hanya itu, pemenangnya akan memperoleh surat rekomendasi dari LwL, serta berkesempatan untuk merasakan langsung bekerja di perusahaan selama satu hari,” tambahnya.

Gerald berharap program ini dapat diikuti oleh siswa – siswi tanah air sehingga semakin banyak pelajar yang dapat menyerap ilmu, siap berkarya, dan berkompetisi demi masa depan yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper