Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Calon Pengusaha, Ini 10 Tips Jitu Supaya Usaha dan Bisnismu Sukses!

Ada banyak tips agar usaha dan bisnis seseorang bisa sukses, 10 cara ini diantaranya juga.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 02 Juni 2021  |  15:51 WIB
Tips bisnis planning - istimewa
Tips bisnis planning - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk menjadi sukses, terkadang perlu untuk melihat dan belajar dari mereka, yang telah berhasil mencapai tujuannya. Mentor menjadi salah satu pihak yang sangat berharga, terutama bagi wirausahawan.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua orang bisa menemukan mentor yang tepat.

Untuk kamu yang belum memiliki mentor atau membutuhkan saran, berikut rangkuman tips yang dilansir dari Entrepreneur, supaya kamu bisa sukses.

1. Tantang Diri Sendiri

Richard Branson, seorang pengusaha sekaligus pendiri dari Virgin Group, mengatakan bahwa motivasi terbesarnya adalah dengan menantang dirinya sendiri. Jika kamu ragu, kamu harus ingat bahwa jika tidak mencoba, maka kamu tidak akan pernah tahu. Kamu juga perlu untuk mempercayai diri sendiri dalam menghadapi tantangan dan resiko. Siapa tahu, kamu akan menemukan jalan dengan melalui berbagai rintangan.

2. Ambil Tindakan

Perlu diingat, banyak di dunia ini yang telah menghasilkan ide-ide hebat, namun hanya sedikit yang melakukan tindakan. Walt Disney sendiri berkata bahwa cara termudah untuk memulai yakni berhenti berbicara dan segera bertindak. Lakukan dengan sungguh-sungguh dan ingatlah bahwa kesuksesan membutuhkan proses. Hal yang terpenting di dalam proses yakni bukan memanajemen waktumu, melainkan memanajemen energimu.

3. Menjadi Seseorang yang Lebih Baik

Perlu bagi seorang entrepreneur untuk membangun diri sendiri menjadi yang lebih baik. Salah satu pendiri LinkedIn, Reid Hoffman, mencatat bahwa jika kamu ingin cepat mengubah dirimu sendiri, yakni bergaul dengan orang-orang yang telah menjadi seperti yang kamu inginkan.

4. Hadapi ketakutanmu

Arianna Huffington, yakni pendiri The Huffington Post, menganalogi ketakutan yakni seperti otot. Jika dirinya semakin melatih ketakutan tersebut, maka dirinya akan semakin kuat dalam menghadapinnya. Oleh karena itu, jangan takut untuk menghadapi ketakutanmu.

5. Kenali Tujuanmu

Salah satu pendiri dari iContact, Ryan Allis, mengatakan jika kamu mengenali tujuanmu setiap harinya, maka kamu pasti akan berjalan ke arah itu. David Karp sebagai pendiri dan CEO Tumblr juga mengatakan bahwa seorang wirausahawan adalah seseorang yang memiliki visi terhadap sesuatu. Kamu juga perlu untuk mengetahui apa alasan kamu mendirikan bisnis tersebut. Steve Jobs mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk puas di dalam hidup, yakni melakukan pekerjaan yang kamu yakini.

6. Tingkatkan Modal

Pemodal ventura, yakni Richard Harroch, mengatakan bahwa hal yang paling sulit dilakukan adalah mengumpulkan modal. Oleh karena itu, perlu bagi kamu untuk mengeluarkan atau membelanjakan uang dengan hati-hati. Dengan merencanakan modal dari awal, maka kamu telah siap mengelola modal dengan baik.

7. Membangun Tim yang Baik

Jika ingin sukses di dalam bisnis, maka kamu tidak bisa membangun sebuah bisnis sendirian. Perlu untuk kamu membangun tim yang baik, dengan melihat karakter dan nilai. Kamu memang dapat melatih keterampilan seseorang, namun belum tentu membuat nilai seseorang sesuai dengan perusahaan yang kamu bangun.

8. Belajar dari Kesalahan

Banyak pengusaha mengatakan bahwa kesalahan merupakan guru terbaik mereka. Ketika kamu belajar dari kesalahan, maka semakin dekat juga dengan kesuksesan. Berbagai kesalahan dan masukan yang dikatakan oleh pelanggan dalam bisnismu juga adalah hal yang baik. Bill Gates mengatakan, dengan mendengar berbagai kesalahan yang disebutkan oleh pelanggan, maka akan lebih mudah bagi kamu mengenal hal apa saja yang perlu diperbaiki.

9. Kenali Industri Bisnismu dan Pelangganmu

Dengan mengenal industri bisnismu dan mengenali pelangganmu, maka kamu telah memegang kunci untuk sukses. Pendiri Zappos, Tony Hsieh mengatakan jangan bermain gim yang tidak kamu mengerti, terutama jika tidak menghasilkan uang. Pendiri Wendy’s, yakni Dave Thomas juga mengatakan jika kamu mengenal pelanggan, maka kamu dapat memberikan pelayanan dan solusi yang terbaik bagi mereka.

10. Selalu Berikan yang terbaik

Salah satu pendiri Google, yakni Larry Page, mendorong perusahannya untuk memberikan lebih dari apa yang diharapkan oleh pelanggan. Dengan strategi tersebut, maka perusahaanmu akan mendapatkan perhatian yang baik serta mendapatkan respon yang positif.

Untuk menjadi pengusaha yang sukses, tentu banyak hal yang perlu kita perhatikan. Dengan memperhatikan dan menerapkan 10 tips ini, maka akan membantu kamu untuk menemukan jalan yang mudah menuju kesuksesan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

entrepreneur tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top