Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wow, Ini Dia 10 Miliarder Terkaya di India

India di tengah pandemi masih menelurkan milarder terkaya di negeri tersebut.
 Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 03 Juni 2021  |  16:20 WIB
Chairman dan Managing Director Reliance Industries Mukesh Ambani. - Bloomberg
Chairman dan Managing Director Reliance Industries Mukesh Ambani. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi memang berdampak bagi Negara India, namun tidak terhadap pasar sahamnya.

Dampak dari kenaikan saham yang terjadi di India, membuat beberapa pihak mendapatkan kekayaan yang tinggi. Total miliarder di India juga semakin bertambah.

Dilansir dari Forbes, total miliarder di India meningkat menjadi 140, yang sebelumnya pada tahun lalu berjumlah 120. Jika ditotal, maka kekayaan gabungan mereka naik dua kali lipat, yakni senilai US$596 miliar.

Mukesh Ambani, yakni orang terkaya pertama di India, berhasil mendiversifikasi kerajaan minyak dan gasnya ke berbagai sektor yang kini telah berkembang pesat, seperti telekomunikasi dan ritel. Dikarenakan diversifikasinya tersebut, Mukesh Ambani merebut kembali posisinya menjadi orang terkaya di Asia.

Gautam Adani juga telah memperoleh kekayaannya yang naik lima kali lipat sejak 2020, yakni $42 miliar. Kenaikan tersebut diperoleh dikarenakan saham perusahaannya yakni Adani Green Energy dan Adani Enterprises yang meroket.

Bukan hanya itu, terdapat 19 pendatang baru, yang sebelumnya juga sempat jatuh di masa lalu dan kini telah kembali lagi ke dalam daftar. Para pendatang tersebut seperti Prathap Reddy yakni ketua dari Apollo Hospitals Enterprise yang juga memiliki rantai Rumah Sakit Apollo untuk merawat pasien Covid-19, Arvind Lal yang juga menjalankan dan mendirikan rantai diagnostik Rl.Lal PathLabs, dan juga menyediakan tes Covid-19, yang telah mendapatkan persetujuan pemerintah.

Untuk lebih lanjut, berikut 10 miliarder terkaya di India yang dilansir dari forbes.

1. Mukesh Ambani

Ambani mendapatkan $35 miliar melalui serangkaian kesepakatannya, dimana menjadi capaian prestasi dirinya dalam penggalangan dana. Hal ini diperoleh yakni dengan mengurangi jaringan andalannya yakni Reliance Industries sehingga utangnya menjadi 0, dan menjual sepertiga unit telekomunikasi Jio kepada investor besar, termasuk Google dan Facebook. Dirinya juga melepas 10% Reliance Retail ke perusahaan ekuitas swasta, dan menyelesaikan right issue Reliance yakni senilai S7,3 miliar saham. Total kekayaan yang dimilikinya yakni US$84,5 miliar.

2. Gautam Adani

Dengan sumber kekayaan dari Infrastruktur, Gautam mengakuisisi 74% saham di Bandara Internasional Mumbai pada September lalu. Gautam juga menjual 20% Andani Green Energy, yakni perusahaan energi terbarukan, kepada perusahaan raksasa energi Perancis, dengan total seharga $2,5 miliar.

3. Shiv Nadar

Shiv Nadar, dengan sumber kekayaannya melalui layanan perangkat lunak, mengundurkan diri dari jabatan ketua HCL Technologies yakni pendapatan senilai $9,9 miliar pada Juli lalu, dan menyerahkan posisi tersebut kepada putrinya, yakni Roshni Nadar Malhotra. Total kekayaan Shiv Nadar juga senilai $23,5 miliar.

4. Radhakishan Damani

Dengan pendapatan yang diperoleh melalui investasi dan retail, Radhakishan memiliki total kekayaan yakni senilai $16,5 miliar. Radhakishan juga memiliki jaringan supermarket yang besar, yakni Avenue Supermarts yang mengoperasikan 221 toko DMart di seluruh negeri.

5. Uday Kotak

Uday, merupakan bankir terkaya di India mendirikan dan mengoperasikan Kotak Mahindra Bank. Pada bulan Juni lalu, Kotak menjual saham yakni senilai $950 juta sehingga mengurangi kepemilikannya di bank menjadi 26%. Uday sendiri memiliki total kekayaan senilai $15.9 Miliar.

6. Lakshmi Mittal

Mittal pada bulan Februari lalu, mengundurkan diri sebagai CEO ArcelorMittal, dengan pendapatan senilai $52,2 miliar. Posisi tersebut diserahkan kepada putranya yakni Aditya, namun Mittal tetap memiliki posisi menjadi ketua eksekutif perusahaan.

7. Kumar Bila

Mendapatkan sumber kekayaan dari komoditas, merupakan generasi keempat pewaris kerajaan komoditas yang cukup luas. Perusahaan miliknya yakni Vodafone kini telah berganti nama menjadi Vi, yang juga perusahaan patungan antara Idea Cellular dan Vodafone Group Inggris, namun mengalami kerugian karena melawan Jio Ambani. Total kekayaan Kumar sendiri yakni $12,8 miliar.

8. Cyrus Poonawalla

Memiliki Poonawalla’s Serum Institute, yakni produsen vaksin terbesar di dunia. Hal tersebut berdasarkan dari jumlah dosis, terutama kini negara India sedang mengalami perjuangan dalam melawan Covid-19. Putranya, Adar, mengatur berbagai kemitraan dan mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi 60% saham di perusahaan keuangan yang terdaftar, yakni Magma Fincorp senilai $475 juta. Total kekayaan Cyrus sendiri yakni senilai $12,7 miliar.

9. Dilip Shanghvi

Shanghvi mendirikan dan mengoperasikan obat generik yang terdaftar di SUn Pharmaceuticals, dan dikarenakan adanya lonjakan pada saham yakni sebesar 68%, maka perusahaan tersebut kembali ke sepuluh besar. Total kekayaan dari Shanghvi yakni $10,9 miliar.

10. Sunil Mittal & Keluarga

Memiliki Bharti Airtel, yakni perusahaan patungan dengan Singtel Singapura yang merupakan operasi telekomunikasi terbesar kedua, setelah Jio dari Ambani. Kekayaan yang mereka miliki yakni berjumlah $10,5 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

india daftar miliarder tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top