Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dia Filantropis Top Dunia, Bukan Bill Gates atau Warren Buffett

Filantropis top dunia bukanlah Bill Gates atau Warren Buffet tetapi Jamshedji Tata yang dikenal sebagai dermawan terbesar selama 100 tahun terakhir.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 25 Juni 2021  |  15:45 WIB
Jamshedji Tata sebagai dermawan terbesar selama 100 tahun terakhir.
Jamshedji Tata sebagai dermawan terbesar selama 100 tahun terakhir.

Bisnis.com, JAKARTA - Filantropis top dunia abad ini bukan dari Bill Gates atau dari Warren Buffett, melainkan Jamshedji Tata sebagai dermawan terbesar selama 100 tahun terakhir.

Jamshedji Tata, pendiri dari Tata Group dinobatkan sebagai orang nomor 1 di EdelGive Hurun Philanthropists of the Century. Jamshedji Tata muncul sebagai dermawan terbesar di dunia selama 100 tahun terakhir, dengan menyumbangkan $102 miliar, yakni menurut daftar 50 besar dari Hurun Report dan EdelGive Foundation.

Berdasarkan dari laporan, nilai total sumbangannya saat ini digunakan untuk meningkatkan pendidikan dan perawatan kesehatan. Dari daftar tersebut, Jamsetji Tata menjadi satu-satunya orang india yang masuk dalam daftar 10 besar, yang disusul oleh Bill Gates dan Melinda French Gates, Henry Wellcome, Howard Hughes dan Warren Buffett.

Dalam daftar 50 besar, selain Jamsetji Tata yang berasal dari India di peringkat ke-12, terdapat Wipro Azim Premji yang menyumbangkan kekayaannya yakni sebesar $22 miliar dengan tujuan untuk amal.

Untuk penyumbang lainnya, Mackenzie Scott yakni mantan istri dari CEO Amazon Jeff Bezos. Menyumbangkan $8,5 miliar, yakni pemberi terbanyak yang disumbangkan dalam satu tahun donor hidup. Selain itu terdapat dari pihak Bill Gates dan Melinda yang menyumbangkan $74,6 miliar, Warren Buffett dengan $37,4 miliar dan seterusnya.

Selama 100 tahun terakhir, total sumbangan dari 50 tersebut dipatok pada $832 miliar, di mana $503 miliar berasal dari dana abadi yayasan dan $329 miliar dari sumbangan hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

filantropis tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top