Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Mau Ketinggalan Jeff Bezos, Richard Branson Siap Keluar Angkasa

Miliarder Inggris, Richard Branson mencoba untuk mengungguli Jeff Bezos, sebagai pemilik perusahaan roket pertama yang pergi ke luar angkasa. Apa yang akan dilakukan?
Richard Branson, pendiri Virgin Galactic. /Bloomberg
Richard Branson, pendiri Virgin Galactic. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Miliarder Inggris, Richard Branson mencoba untuk mengungguli Jeff Bezos sebagai pemilik perusahaan roket pertama yang pergi ke luar angkasa. Apa yang akan dilakukan?

Pada Kamis (2/7/2021), pendiri Virgin Galactic ini mengumumkan bahwa ia akan menjadi anggota kru pada penerbangan uji berikutnya menggunakan pesawat luar angkasa Virgin Galactic.

Melansir The New York Times, Jumat (2/7/2021), penerbangan itu dijadwalkan lepas landas pada 11 Juli dari Spaceport America di New Mexico.

Branson akan berada dalam posisi untuk mengklaim hak dalam bisnis penerbangan luar angkasa yang berkembang untuk warga negara. Perusahaan termasuk Virgin Galactic dan Blue Origin milik Bezos bersaing untuk meluncurkan penumpang berbayar pada perjalanan suborbital dan orbital pada tahun-tahun mendatang, dan harapannya harga tiket akan turun seiring dengan pertumbuhan pasar.

Branson mendirikan Virgin Galactic pada 2004 untuk menyediakan penerbangan wisata antariksa pendek ke tepi luar angkasa, dan dia telah lama mengatakan bahwa dia akan menjadi penumpang pada penerbangan komersial pertama.

Akan tetapi pengembangan SpaceShipTwo — roket bersayap yang terbang ke ketinggian lebih dari 50 mil — telah memakan waktu bertahun-tahun lebih lama dari yang diperkirakan Branson. Kemunduran termasuk jatuhnya pesawat SpaceShipTwo pertama , VSS Enterprise, pada Oktober 2014 selama penerbangan uji, yang menewaskan salah satu dari dua pilot.

Pada 2019, Virgin Galactic menjadi perusahaan publik, meskipun Virgin Group milik Branson tetap menjadi pemegang saham terbesar, dengan 24 persen saham.

Penerbangan uji bertenaga terbaru, pada bulan Mei, adalah yang pertama dilakukan perusahaan dari New Mexico. Sebelumnya, pengembangan dan pengujian pesawat luar angkasa telah dilakukan di Mojave, California.

Alena Crane,wakil presiden komunikasi untuk Virgin Galactic mengatakan bahwa penerbangan terakhir begitu sempurna sehingga tim memutuskan untuk menguji pengalaman kabin.

“Siapa yang lebih baik menguji pengalaman kabin penuh selain Richard Branson?” dia berkata. “Dia terbang sebagai spesialis misi, dan dia memiliki peran seperti kru lainnya.”

Pesawat itu akan membawa tiga karyawan Virgin Galactic lainnya di kursi kabin selain dua pilot di depan.

Perusahaan berencana untuk menyiarkan penerbangan mulai pukul 9 pagi waktu timur pada 11 Juli. Roket SpaceShipTwo, bernama Unity, akan dibawa di bawah pesawat bernama White Knight Two ke ketinggian 50.000 kaki sebelum dijatuhkan. Mesin Unity kemudian akan menyala, membawanya hingga lebih dari 50 mil.

Di puncak busur, penumpang akan mengapung selama sekitar empat menit sebelum pesawat ruang angkasa kembali memasuki atmosfer dan meluncur ke landasan pacu.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, Branson akan melakukan penerbangan sembilan hari sebelum Bezos, pendiri Amazon, memasang kapsul New Shepard yang dibuat oleh perusahaan roketnya, Blue Origin. Shepard baru telah terbang ke tepi ruang 15 kali tetapi belum membawa orang. Ini sepenuhnya otomatis, tanpa pilot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper