Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Nih, 5 Ide Bisnis Rumahan untuk Para Pensiunan

Para pensiunan, ini ide bisnis yang bisa Anda jalani untuk mendapatkan penghasilan.
Pasar barang antik di Jalan Surabaya, Menteng Jakarta Pusat/pegipegi.com
Pasar barang antik di Jalan Surabaya, Menteng Jakarta Pusat/pegipegi.com

Bisnis.com, JAKARTA—Banyak pensiunan tidak siap untuk berhenti bekerja. Beberapa diantaranya memiliki masalah keuangan yang mengharuskan mereka untuk terus bekerja kembali. Beberapa diantaranya merasa hampa karena tidak ada kegiatan setelah berhenti kerja.

Bekerja setelah pensiun tidak hanya sulit dilakukan bagi para pensiunan, tetapi juga sulit untuk didapatkan.

Pilihan paling tepat bagi para pensiunan menghadapi situasi tersebut adalah memberdayakan semua pengetahuan dan pengalaman selama berkarir untuk membangun bisnis sendiri.

Bisnis rumahan akan menawarkan fleksibilitas dan kebebasan bagi para pensiunan.

Dilansir dari thebalancesmb, Selasa (6/7/2021) berikut ide bisnis rumahan yang cocok bagi para pensiunan:

1. Jasa Pelatihan atau Konsultasi

Hanya karena sudah pensiun dan telah meninggalkan dunia kerja, bukan berarti pengetahuan dan keterampilan juga hilang. Memulai bisnis pelatihan atau konsultasi berbasis rumah memungkinkan memperoleh keuntungan dari pengetahuan dan pengalaman kerja Anda.

Pembinaan dan konsultasi dapat dilakukan sepenuhnya dari rumah menggunakan alat seperti konferensi online dan Skype. Pelatihan dapat dilakukan dengan individu pribadi, seperti life coaching, atau profesional. Misalnya berbagi tips dalam mengembangkan strategi sukses atau keterampilan wawancara.

Dan pada jasa konsultasi, biasanya dilakukan untuk bisnis agar meningkatkan penjualan atau produktivitas tim. Ini biasanya memerlukan kunjungan ke lokasi bisnis, tetapi sekali lagi, teknologi memungkinkan konferensi video untuk menyediakan layanan konsultasi.

2. Menulis atau Blogging

Orang-orang kini hanya perlu online untuk mendapatkan informasi dan hiburan. Jika Anda dapat memberikan apa yang mereka cari melalui blog, Anda dapat menghasilkan uang melalui berbagai opsi monetisasi, seperti pemasaran afiliasi.

Jika memiliki informasi bagus atau cerita yang menghibur, orang akan membaca apa yang Anda posting.

Apakah Anda seorang pensiunan akuntan? Orang-orang akan tertarik mendengar tips dalam mengelola uang dan berurusan dengan pajak. Apakah kamu pecinta makanan? Anda dapat berbagi kesenangan dan pengetahuan melalui blog makanan.
Mungkin Anda senang menulis, tetapi tidak ingin repot memulai dan memasarkan blog. Oleh karena itu, tak ada salahnya mengirimkan tulisan pada media yang akan membayar untuk tiap artikel.

Anda dapat memulai bisnis menulis lepas atau menemukan pasar dari pekerjaan menulis di berbagai tempat.
Banyak orang memasuki masa pensiun siap untuk menulis novel yang hebat, atau berbagi kisah hidup mereka melalui memoar. Sementara rute penerbitan tradisional terus menjadi tantangan untuk ditembus, namun penerbitan mandiri akan lebih cepat dan terjangkau untuk menyebarkan buku ke pasar.

3. Bisnis Berbasis Layanan

Hampir semua keterampilan yang Anda miliki dapat diubah menjadi bisnis rumahan. Menjual keterampilan tersebut melalui bisnis rumahan berbasis layanan adalah salah satu cara tercepat dan paling murah untuk mulai menghasilkan uang di rumah.

Setiap tugas yang dikerjakan bisa mendapatkan upah dari jasa yang dilakukan. Misalnya jasa dukungan virtual, pembukuan, penulisan, lansekap, tukang, perawatan hewan peliharaan, dan banyak lagi. Anda dapat menghubungi mantan majikan Anda untuk menawarkan layanan tersebut. Atau mengakses jaringan dari tempat kerja untuk menemukan klien potensial.

4. Ubah Hobi menjadi bisnis

Mungkin Anda bosan dengan tugas yang dilakukan di pekerjaan dan tidak ingin mengubahnya menjadi bisnis. Untungnya, bisnis rumahan juga bisa dikembangkan dari hobi.

Misalnya senang berkebun, bisnis berkebun juga bisa dilakukan. Mulailah dari membuat produk informasi cara berkebun, seperti buku atau kursus online, dan menjualnya.

Hampir semua hobi dapat diubah menjadi bisnis potensial.

Trik untuk mengubah hobi menjadi pendapatan adalah dengan mencari tahu aspek apa yang akan dibayar atau diiklankan oleh orang-orang.

5. Jual barang antik online

Setelah bertahun-tahun bekerja dan membesarkan keluarga, Anda mungkin memiliki banyak barang di sekitar rumah yang tidak Anda inginkan atau butuhkan lagi. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari barang bekas dan tidak diinginkan lagi dengan menjualnya.

Mulailah dengan menjualnnya secara online. Manfaatkan beragam marketplace untuk memasarkan.
Barang bekas bisa berupa kerajinan buatan sendiri, buku, perhiasan, dan pakaian. Semakin antik barang tersebut, maka harganya semakin mahal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper