Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

15 Tips Elon Musk dalam Membangun Bisnis

CEO Tesla yakni Elon Musk, dikenal dengan ide-idenya yang inovatif yang juga dilakukan dengan kerja keras hingga memiliki kekayaan bersih sebesar US$162,8 miliar menurut Forbes. Dalam membangun hingga mencapai tahap berikut, banyak pelajaran yang ia pelajari dalam membangun bisnisnya.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 13 Juli 2021  |  18:45 WIB
Elon Musk
Elon Musk

Bisnis.com, JAKARTA - Elon Musk memiliki beberapa saran berdasarkan dari apa yang ia pelajari. Terdapat beberapa saran dalam membangun bisnis yang dapat Anda terapkan.

CEO Tesla yakni Elon Musk, dikenal dengan ide-idenya yang inovatif yang juga dilakukan dengan kerja keras hingga memiliki kekayaan bersih sebesar US$162,8 miliar menurut Forbes. Dalam membangun hingga mencapai tahap berikut, banyak pelajaran yang ia pelajari dalam membangun bisnisnya.

Jika Anda ingin sukses di dalam bisnis, terdapat beberapa saran dari Musk yang dapat Anda terapkan untuk membangun atau menjalankan bisnis dengan lebih baik lagi. Dilansir dari financeyahoo, berikut beberapa saran yang diberikan oleh Musk, terutama bagi calon pengusaha entrepreneur.

1. Minta umpan balik

Memulai bisnis adalah proses trial and error. Elon musk dalam meetingnya sangat menekankan pentingnya untuk meminta saran.

2. Terima kritik yang membangun

Kritik membangun yang diberikan orang lain kepada Anda sangatlah berharga. Terkadang kritik sulit untuk didengar, namun hal tersebut adalah sebagai proses dalam belajar. Jika Anda ingin sukses dalam bisnis, maka belajarlah untuk menerima saran secara objektif tanpa mengkaitkan perasaan pribadi.

3. Ikut berpartisipasi

Musk tidak membangun Tesla dengan duduk di sudut kantor menonton karyawan bekerja.Musk menjelaskan sebagai pemimpin perusahaan maka harus turun tangan jika perlu untuk menjaga perusahaan tetap bertahan. Pekerjaan seorang CEO dapat menjadi apa saja.

4. Berbicara jika ada perbedaan

Meskipun penting bagi karyawan baru untuk berbagi mengenai visi Anda, namun anggota tim terkadang bisa menjadi tidak selaras. Jika ada salah satu pekerja Anda yang telah melakukan tindakan atau cara yang tidak sesuai dengan budaya perusahaan Anda, Musk merekomendasikan untuk berbicara dengan orang tersebut dan menjelaskan masalahnya.

5. Rekrut karena adanya kesamaan budaya

Saat merekrut karyawan baru, Anda harus memastikan mereka cocok dengan tim Anda. Musk menekankan pentingnya kerja tim dan menyelaraskan harapan sejak awal.

6. Ajukan pertanyaan yang berisi

Musk menekankan bahwa dengan memberikan pertanyaan yang berisi, maka dapat menghindari para karyawan yang sedang mencoba memalsukan pekerjaan mereka. Karena itu, jika Anda ingin mempekerjakan orang terbaik untuk pekerjaan itu, maka Anda harus menggali lebih dalam.

7. Jangan patah semangat karena rivalmu

Ketika Musk masuk dalam daftar Time 100 orang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2013, Richard Branson menulis profil dirinya untuk majalah tersebut, memuji kemampuannya untuk membuktikan kritik yang salah.

8. Memiliki visi

Bagi banyak pengusaha seperti Steve Jobs, tanda kesuksesan adalah kemampuan mereka tidak hanya untuk menginspirasi tetapi juga memiliki visi yang jelas.

9. Singkirkan ‘proses’

Dalam wawancara Wired 2012, Musk mengatakan bahwa dirinya tidak percaya akan proses. Musk mempercayai hal ini dapat mempertahankan orang yang tidak begitu pintar dan tidak terlalu kreatif.

10. Jangan fokus pada uang

Musk menjelaskan kepada PBS bahwa dia tidak ikut mendirikan Tesla untuk mendapatkan uang. Elon Musk mendirikan Tesla dikarenakan ingin mengubah cara kendaraan dalam sumber daya. Oleh karena itu, Elon Musk menciptakan perusahaan mobil listrik.

11. Bergairah dalam bekerja

Dengan membuat perusahaan atau pekerjaan tertentu, jika Anda tidak bergairah maka Anda dapat berhasil. Musk cukup bergairah dalam bekerja terutama dalam berbagai pekerjaan inovasi yang dia buat.

12. Mulailah selagi muda

Menurut Musk lebih baik mulai membangun bisnis Anda sedini mungkin. Selama masa muda, Anda dapat mengambil resiko dan memfokuskan energi untuk mengembangkan bisnis, selagi belum memiliki banyak beban dan tanggung jawab.

13. Lakukan jika itu tepat bagi Anda

Bukan rahasia lagi bahwa memulai bisnis itu sulit, tetapi tidak semua orang benar-benar memahami jumlah kerja keras dan ketekunan yang diperlukan untuk memulai bisnis. Seorang Elon Musk mengatakan jika Anda ingin melakukannya, maka lakukan saja.

14. Jadilah Realistis

Musk mengatakan Anda harus berhati-hati untuk tidak terjebak pada kesan seorang CEO atau pengusaha dari sebuah film-film. Sebagian besar orang terkadang tidak siap dengan ‘kenyataan’, dan belum benar-benar bersedia untuk bekerja menjadi pengusaha.

15. Khas pada merek Anda

Dikarenakan sudah banyaknya persaingan, maka Musk menyarankan untuk lebih menonjol terutama jika sudah ada pesaing besar. Contohnya seperti lebih memberikan pelayanan yang lebih baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis elon musk
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top