Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Kaya Ala Warren Buffet pada 1999 yang Long Lasting

Buffett mengatakan bahwa tidak perlu bercita-cita untuk menghasilkan US$30 miliar, dan baru-baru ini mengatakan bahwa ukuran kekayaannya “tidak dapat dipahami.”
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 27 Juli 2021  |  12:31 WIB
Orang Terkaya Dunia Warren Buffet - Reuters
Orang Terkaya Dunia Warren Buffet - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Jangan menunggu untuk memulai. Begitulah nasihat yang dibagikan oleh pemilik perusahaan investasi raksasa Warren Buffet pada tahun 1999 di rapat pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway.

Saran itu disampaikannya ketika ditanya bagaimana menghasilkan US$30 miliar, yang kira-kira merupakan kekayaan bersihnya saat itu.
 
“Mulailah lebih awal,” kata Buffett yang saat itu berusia 68 tahun.

“Saya mulai membangun bola salju kecil ini di puncak bukit yang sangat panjang. Trik untuk memiliki bukit yang sangat panjang adalah mulai dari sangat muda atau hidup sampai sangat tua.”
 
Dia juga mengatakan apabila dia lulus dari perguruan tinggi pada tahun 1999 dan memiliki US$10.000 untuk diinvestasikan, dia akan menjadi strategis dalam memilih tempat untuk menyimpan uangnya.
 
"Saya mungkin akan fokus pada perusahaan yang lebih kecil karena saya akan bekerja dengan jumlah yang lebih kecil dan ada lebih banyak kemungkinan bahwa ada sesuatu yang terlewatkan di arena itu," jelas Buffett, mengatakan dia akan mulai memeriksa perusahaan berdasarkan abjad dan bekerja dari sana, seperti dilansir dari CNBC, Selasa (27/7/2021).
 
The Oracle of Omaha menjelaskan, perlu berjuang sendiri dan mengandalkan pengetahuan dan intuisi mereka sendiri ketika mencari bisnis yang menjanjikan untuk diinvestasikan.

Dia menambahkan bahwa investor yang cerdas akan melakukan yang terbaik untuk "mempelajari apa yang Anda ketahui dan apa yang tidak Anda ketahui" dan bertindak “sangat bersemangat” ketika mereka melihat sesuatu yang mereka anggap sebagai peluang yang baik.
 
Konon, Buffett juga merupakan pendukung setia dana indeks, yang menyimpan setiap saham dalam indeks, membuat mereka terdiversifikasi secara otomatis. Untuk membangun kekayaan, investor harus “secara konsisten membeli dana indeks berbiaya rendah S&P 500,” kata Buffett pada 2017. “Terus membelinya melalui suka dan duka.”
 
Namun, Buffett mengatakan bahwa tidak bercita-cita untuk menghasilkan US$30 miliar, dan juga mengatakan bahwa ukuran kekayaannya “tidak dapat dipahami.”
 
"Uang membuat perbedaan yang sangat kecil dalam tingkat moderat," katanya.
 
“Jika Anda meminta saya untuk menukar persentase yang sangat signifikan dari kekayaan bersih saya baik untuk beberapa tahun tambahan dalam hidup saya atau untuk dapat melakukan selama tahun-tahun itu apa yang ingin saya lakukan, saya akan melakukannya. ”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

warren buffett tips sukses tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top