Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Cara Membantu Usaha Kecil Bertahan Selama Pandemi

Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan pengeluaran bisnis, bisa mengevaluasi pengeluaran bulanan dan simak beberapa tips bagi usaha kecil.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 30 Agustus 2021  |  12:49 WIB
Cara mengubah pivot bisnis saat pandemi. - ilustrasi
Cara mengubah pivot bisnis saat pandemi. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 telah secara signifikan mempengaruhi dan mengubah masyarakat secara drastis.

Selama masa-masa sulit ini, kebanyakan orang terpaksa tinggal di rumah karena peraturan menjaga jarak dan banyak bisnis tutup atau mengalami omset rendah dengan penurunan pendapatan yang besar.

Tidak heran jika pemilik bisnis sangat khawatir dan prihatin dengan kesejahteraan perusahaan dan orang-orangnya. Itulah mengapa banyak pemilik bisnis berjuang untuk menemukan strategi yang efektif untuk membantu bisnis mereka tetap bertahan selama masa pandemi ini.

Berikut adalah 5 cara untuk membantu bisnis kecil Anda bertahan selama pandemi, dilansir Entrepreneur, Senin (30/8/2021):

  1. Manfaatkan media sosial

Menurut Smart Insights, lebih dari separuh dunia menggunakan media sosial. Pengguna media sosial sekarang menghabiskan rata-rata 2 jam 24 menit per hari untuk multi-jaringan di rata-rata 8 jejaring sosial dan aplikasi perpesanan.

Media sosial telah menjadi penghubung antara bisnis dan pelanggan, begitulah cara mereka terus membangun dan mempertahankan hubungan.

Selain itu, bisnis harus lebih dari sekadar memposting konten kreatif di platform media sosial. Anda juga harus berinteraksi dengan pengikut, demi membangun hubungan Anda dengan pelanggan.

  1. Pelajari pivot bisnis

Pemilik bisnis perlu mempelajari pivot. Pivot berarti Anda beralih ke strategi baru untuk mengatasi sesuatu yang mungkin tidak berjalan dengan baik di perusahaan Anda.

Pivoting bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti perusahaan mengubah platform dari perangkat lunak ke aplikasi, atau bisa menjadi sesuatu yang kompleks seperti mengubah seluruh model bisnis.

  1. Optimalkan pengeluaran bisnis

Mengurangi biaya adalah cara yang paling berdampak untuk terus mengejar tujuan bisnis selama pandemi.

Misalnya, pemilik bisnis dapat mengoptimalkan bisnis dengan beralih dari iklan cetak ke iklan digital. Cara ini dapat memberi peluang bisnis untuk mengurangi biaya pengeluaran pemasaran bulanan, sekaligus memberikan jangkauan yang lebih tepat sasaran dan tepat kepada pembeli.

Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan pengeluaran bisnis, mulai dengan melakukan evaluasi pengeluaran bulanan dan membuat perubahan hemat biaya.

  1. Bantuan dari pemerintah daerah

Penting bagi pemilik bisnis untuk mengetahui bahwa mereka tidak sendirian selama masa kritis ini.

Cara lain yang sangat baik untuk mendapatkan dukungan adalah bergabung dengan satuan tugas lokal yang berfokus pada usaha kecil dan masalah yang dihadapi.

  1. Dukungan kesehatan mental

Pandemi tidak hanya membahayakan kesehatan fisik manusia, tetapi juga kesehatan mental. Seorang pemilik bisnis tidak dapat menangani kesejahteraan tanpa terlebih dahulu menangani kesejahteraan diri sendiri dan pegawai Anda.

Sangat penting untuk melanjutkan komunikasi terbuka, pembaruan bisnis, serta menawarkan sumber daya untuk kesehatan mental untuk diri sendiri dan pegawai Anda untuk membantu mengurangi kerentanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis umkm tips bisnis
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top