Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kiat Simpel Membuka Bisnis Travel dari Rumah

Buatlah situs web untuk memberi tahu kepada calon klien mengenai layanan travel Anda. Anda dapat menyebarkannya lewat online ataupun offline, ataupun media yang menawarkan jasa beriklan lainnya.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 14 September 2021  |  16:57 WIB
Travel Agent
Travel Agent

Bisnis.com, JAKARTA - Anda dapat memulai bisnis traval yang sukses, walaupun dari rumah.

Anda dapat memilih untuk mendasarkan bisnis Anda dengan merujuk calon klien Anda ke perusahaan travel, atau menghasilkan uang dengan memesan sendiri reservasi tersebut.

Anda juga tidak harus menyediakan berbagai jenis perjalanan. Anda dapat memilih jenis perjalanan tertentu yang secara tidak langsung juga lebih membantu Anda berfokus untuk menentukan target pasar Anda.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 8 tips bagi Anda dalam membuka bisnis travel dari rumah, yang dilansir dari Chron pada hari Rabu (24/04/19).

1. Pilih model bisnis dan negosiasikan biaya serta komisi

Pilihlah model bisnis Anda, apakah sebagai agen rujukan, agen tuan rumah, atau memulai bisnis travel independen dari awal. Untuk perbedaan rincinya yakni sebagai berikut.

- Agen rujukan, adalah bagaimana Anda akan merujuk klien ke perusahaan travel dan menerima biaya rujukan untuk setiap orang yang membuat reservasi.
- Agen tuan rumah, Anda akan menggunakan kontak agen tuan rumah untuk memesan reservasi dengan berbagai perusahaan dan menerima komisi agen travel untuk pemesanan.
- Agen travel independen, Anda harus membuat kontak Anda sendiri dan menegosiasikan komisi untuk pemesanan Anda.

Pastikan Anda juga menegosiasikan biaya dan komisi pada pihak yang terkait.

2. Evaluasi sesuai target market Anda

Pastikan fokus Anda. Apakah Anda ingin menjual semua jenis perjalanan atau berfokus menjadi agen perjalanan khusus. Terkadang jika anda berfokus pada aera tertentu, maka akan lebih mudah untuk menargetkan jenis pelanggan tertentu.

3. Bergabung dengan agensi

Jika Anda ingin menjalankan bisnis dengan agen yang sudah mapan, maka Anda dapat bergabung dengan agensi. Kebanyakan, bisnis Anda akan membagi komisi yang diberikan oleh perusahaan travel dengan agensi. Anda juga kemungkinan akan dikenakan biaya awal dan biaya bulanan untuk bekerja dengan beberapa agen.

4. Buatlah rencana bisnis

Hal ini meliputi biaya awal Anda dan bagaimana Anda mendanai bisnis Anda. Pastikan Anda membuat rencana yang detail untuk tetap berada di dalam jalut, dan mendapatkan keuntungan yang semakin signifikan seiring dengan waktu.

5. Dapatkan lisensi bisnis

Pastikan Anda mendapatkan izin usaha, terutama jika lokasi setempat memerlukan sebuah lisensi atau izin khusus agar bisnis Anda dapat berjalan dengan baik

6. Bergabung dengan asosiasi travel

Keanggotaan asosiasi perjalanan dapat meningkatkan citra bisnis travel Anda dan membuka komisi dan peluang pelatihan. Sebagai contohnya, Anda dapat bergabung dengan National Association of Commissioned Travel Agents.

7. Siapkan kantor

Anda dapat menyiapkan kantor atau area berbasis rumah sehingga Anda dapat membuat reservasi dan pekerjaan lainnya. Anda juga akan memerlukan komputer, printer, telepon, dan lainnya.

8. Sebarkan bisnis travel Anda

Buatlah situs web untuk memberi tahu kepada calon klien mengenai layanan travel Anda. Anda dapat menyebarkannya lewat online ataupun offline, ataupun media yang menawarkan jasa beriklan lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis travel agent
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top