Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanaman Porang: Cara Budidaya dan Manfaatnya

Tanaman Porang bernilai jual tinggi, dengan manfaat yang didapat dan pengolahan yang sederhana serta budidaya yang terbilang cukup mudah.
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 30 September 2021  |  12:34 WIB
Tanaman Porang: Cara Budidaya dan Manfaatnya
Tanaman porang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. - Antaranews
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seperti yang terjadi belakangan ini, tanaman hias menjadi kultur atau hobi baru bagi sebagian orang. Tanaman lain seperti porang juga turut menjadi ramai untuk dikembangkan secara luas karena bisa menjadi bahan pengganti makanan pokok.

Porang atau Tanaman Porang adalah sejenis umbi-umbian yang termasuk dalam kategori Amorphophallus Muelleri Blume.  Tanaman ini merupakan komoditas pertanian yang sudah mulai dilirik untuk dibudidaya.

Tanaman yang sering dianggap sebagai tanaman liar oleh masyarakat sekitar ini, ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Kandungan glukomanan dalam tanaman Porang berguna untuk diet, mengurangi kadar kolesterol hingga penderita diabetes.

Glukomanan merupakan serat alami yang terdapat dalam tumbuhan yang berguna sebagai pengental dan bahan baku makanan serta minuman.

Selain digunakan untuk makanan, tanaman Porang bisa digunakan sebagai campuran pembuatan kertas, lem, gel, hingga silikon.

Tanaman Porang bernilai jual tinggi, dengan manfaat yang didapat dan pengolahan yang sederhana serta budidaya yang terbilang cukup mudah. Berikut cara budidaya tanaman Porang.

Sebelum hendak mulai menanam tanaman Porang, sebaiknya lakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Dengan mempersiapkan lokasi tumbuh tanaman porang. Tanaman akan subur jika mendapatkan intensitas cahaya 60 –70 persen.

manfaat tanaman porang bagi kesehatan

Kemudian menyiapkan lahan yang akan ditanami. Pada lahan datar, sebaiknya dibuat guludan selebar 50 cm dengan tinggi 25 cm dan panjang disesuaikan dengan lahan. Jarak antara guludan adalah 50 cm.

Mempersiapkan bibit porang. Bibit yang dipilih adalah dari umbi dan bulbil yang sehat. Bibit porang cukup ditanam sekali. Setelah bibit yang ditanam berumur 3 tahun, dapat dipanen selanjutnya dapat dipanen setiap tahunnya tanpa perlu penanaman kembali.

Tanaman porang sangat baik bila ditanam pada musim hujan. Cara menanam porang adalah sebagai berikut:

1. Masukkan bibit porang yang telah disiapkan ke dalam lubang tanaman yang sudah disiapkan.

2. Sebelum umbi porang ditanam, berikan pupuk dasar.

3. Perlu diperhatikan bahwa letak bakal tunas tanaman porang harus menghadap ke atas. Kemudian pada setiap lubang tanah yang telah disiapkan harus diisi 1 bibit porang dengan jarak tanam antara 1 x 1 meter.

4. Setelah selesai tutup kembali lubang dengan tanah setebal 3 sentimeter.

Tanaman porang dapat dipanen untuk pertama kali setelah umur tanaman mencapai 2 tahun. Setelah itu, tanaman dapat dipanen setahun sekali tanpa harus menanam kembali umbinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tanaman Tanaman Obat
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top