Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Memilih dan Mendapatkan Pinjaman Modal untuk Memulai Usaha Kecil

Buat Anda yang ingin memulai usaha kecil atau UMKM, berikut tips untuk mendapatkan pinjaman modal.
Salah satu kegiatan di sentra usaha kecil dan menengah bidang kerajinan/Ilustrasi-Bisnis
Salah satu kegiatan di sentra usaha kecil dan menengah bidang kerajinan/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Jika Anda baru memulai bisnis atau masih dalam tahap berkembang, opsi mendapatkan pinjaman usaha kecil dapat menjadi pilihan Anda.

Tergantung pada jenis pinjaman, Anda dapat menggunakan dana untuk segala hal mulai dari modal kerja dan akuisisi peralatan hingga pembelian yang lebih besar seperti tempat usaha.

Untuk memulai, Anda perlu mendapatkan pinjaman. Dalam aplikasi pinjaman bisnis dan proses penjaminan sendiri, akan bervariasi menurut pemberi pinjaman. Namun, sebagian besar bank dan pemberi pinjaman mengikuti pedoman umum yang sama.

Beberapa langkah umum yang dapat Anda terapkan untuk mendapatkan pinjaman usaha kecil yakni sebagai berikut, yang dilansir dari Forbes (12/10/21).

1. Tentukan jenis pinjaman yang Anda butuhkan

Beberapa pemberi pinjaman membatasi industri yang akan mereka danai atau bagaimana dana pinjaman dapat digunakan. Jadi, tentukan bagaimana Anda akan menggunakan uang tunai sebelum mengajukan pinjaman. Pastikan Anda menevaluasi berapa banyak yang perlu Anda pinjam, karena dapat memengaruhi jenis pinjaman yang Anda ajukan dan pemberi pinjaman terbaik untuk mendekati dana.

2. Jagalah profil kredit Anda

Pemberi pinjaman biasanya melihat skor kredit pribadi pemilik bisnis saat mengevaluasi aplikasi pinjaman. Anda minimal harus memenuhi syarat skor minimal, agar dapat memenuhi syarat pinjaman.

3. Lakukan riset

Saat berbelanja untuk pinjaman usaha kecil, tentukan apakah bank Anda saat ini menawarkan pinjaman yang memenuhi kebutuhan Anda. Selanjutnya, teliti bank lain, serikat kredit, dan pemberi pinjaman online untuk membandingkan jumlah pinjaman yang tersedia, persyaratan pembayaran, dan tarif.

4. Kumpulkan dokumentasi yang diperlukan

Dokumentasi yang diperlukan bervariasi menurut pemberi pinjaman. Namun, biasanya data yang dibutuhkan adalah laporan 12 bulan dalam bank pribadi dan bisnis, pengembalian pajak setidaknya selama dua tahun dan perincian tentang pinjaman bisnis saat ini dan sebelumnya.

5. Ajukan aplikasi pinjaman resmi

Setelah Anda meneliti pinjaman usaha kecil terbaik dan mempersiapkan bisnis Anda untuk uji tuntas, Anda dapat mengajukan aplikasi pinjaman formal. Prosesnya bervariasi menurut pemberi pinjaman.

Dalam memilih pinjaman usaha kecil, pastikan Anda memperhatikan berbagai faktor. Hal ini meliputi reputasi pemberi pinjaman, persyaratan kualifikasi, jumlah pinjaman yang tersedia, kecepatan penjaminan dan pendanaan, tingkat persentase tahunan dan biaya tambahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper