Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berniat Usaha Fotokopi, Berikut 5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan

Toko percetakan sendiri melayani dari percetakan volume kecil hingga besar. Untuk itu, maka toko percetakan yang lebih kecil harus menerapkan strategi untuk bersaing dengan layanan yang lebih besar dan dalam pemasarannya.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 04 November 2021  |  12:33 WIB
Fotokopi - youtube
Fotokopi - youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis fotokopi sangat dicari oleh konsumen, baik dari keperluan untuk sekolah, pekerjaan, hingga untuk bisnis yang Anda kembangkan sendiri.

Bisnis ini juga dibutuhkan terutama untuk di lingkungan perumahan, apartemen, hingga perkantoran.

Toko percetakan sendiri melayani dari percetakan volume kecil hingga besar. Untuk itu, maka toko percetakan yang lebih kecil harus menerapkan strategi untuk bersaing dengan layanan yang lebih besar dan dalam pemasarannya.

Lebih lengkapnya, berikut hal-hal yang perlu Anda pikirkan, yang dilansir dari Smallbusiness (04/02/19).

1. Perhatikan dasar-dasar bisnis

Anda perlu memilih nama untuk bisnis Anda dan daftarkan perusahaan Anda. Jika Anda bersifat toko percetakan kecil, maka Anda dapat disebut sebagai kepemilikan tunggal dikarenakan potensi tanggung jawab hukum yang rendah.

Biasanya untuk kepemilikan tunggal, Anda perlu untuk menyerahkan dokumen pendaftaran sederhana yang mengidentifikasi nama dan tujuan bisnis, informasi tentang pemilik perusahaan dan alamat perusahaan yang terdaftar, dan lainnya.

2. Rencanakan layanan Anda

Tentukan layanan apa yang Anda ingin tawarkan kepada pelanggan dan buatlah daftar peralatan yang Anda butuhkan. Minimal, Anda memiliki layanan percetakan warna atau hitam putih, pemotongan dokumen, dan fotokopi.

Anda nanti dapat menambahkan layanan Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan. Pertimbangkan layanan laminasi, percetakan, pembuatan lobang, memasukan dokumen ke dalam binder yang tinggal dimasukan, dan lain-lainnya.

3. Lokasi yang strategis

Anda tidak perlu harus memikirkan etalase yang sangat terlihat, karena para pelanggan akan mencari percetakan dengan volume yang besar. Anda juga dapat menambahkan layanan online, sosial media, dan lain-lainnya. Namun jika Anda ingin menjaga toko tetap ramai, Anda dapat mencari lokasi dengan area lalu lintas yang tinggi.

4. Pembiayaan yang aman

Dapatkan pembiayaan yang diperlukan untuk membeli peralatan Anda dan dapatkan biaya sewa yang dapat Anda jalankan. Jika Anda tidak memiliki uang yang Anda butuhkan untuk tabungan pribadi, pertimbangkan untuk mengambil pinjaman. Namun pastikan pinjaman tersebut tidak merugikan Anda untuk di kemudian hari.

5. Promosikan

Jangkau komunitas Anda untuk membangun basis pelanggan Anda. Kehadiran secara online menjadi hal yang baik dan bangunlah identitas Anda. Anda dapat menggunakan Google Adwords atau periklanan lainnya untuk menawarkan layanan Anda saat para pengguna ingin mencari tempat percetakan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis fotokopi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top