Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Nama Pemenang Final Nasional Writing Competition Beswan Djarum 2020/2021

Para pemenang Final Nasional Writing Competition Beswan Djarum 2020/2021 baik dari kategori Eksakta dan Non-Eksakta diberikan apresiasi sebesar Rp 30 juta bagi juara pertama, Rp 20 juta untuk juara kedua dan Rp 15 juta bagi juara ketiga.
 Final Nasional Writing Competition Beswan Djarum 2020/2021
Final Nasional Writing Competition Beswan Djarum 2020/2021

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggaraan Writing Competition Beswan Djarum 2020/2021 yang diselenggarakan oleh Bakti Pendidikan Djarum Foundation di babak final nasional diikuti sebanyak 16 Beswan Djarum, sebutan bagi mahasiswa penerima program Djarum Beasiswa Plus. 

Para finalis ini terpilih dari total peserta 220 Beswan Djarum yang berkompetisi sejak tahap regional di empat wilayah yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Lounardus Saptopranolo mengatakan ajang writing competition merupakan salah satu sarana keterampilan lunak atau soft-skill yang didapatkan Beswan Djarum dari seluruh rangkaian program Djarum Beasiswa Plus. Lewat program ini para peserta diajak untuk berpikir kritis, menuangkan gagasan dan ide kreatif secara tertulis, kemudian mempresentasikannya di depan para pakar.

“Mereka ditantang untuk memberikan kontribusi positif sebagai solusi. Menuangkan gagasannya dalam bentuk karya tulis yang merepresentasikan kualitas berpikir kreatif dan inovatif, untuk kemudian diuji melalui sebuah ajang kompetisi, yakni Writing Competition,” ujar Lounardus dalam keterangan tertulis kepada Bisnis, pada Minggu (7/11/2021).  

Dari 16 mahasiswa yang beradu gagasan selama dua hari pada 4 – 5 November 2021, akhirnya terpilih para pemenang dari dua kategori yang dikompetisikan yaitu kategori eksata dan non-eksata.

Juara I dari kategori eksakta adalah Nicole Jovanka Kristalisia, yang merupakan mahasiswi jurusan Teknik Kimia dari Universitas Sriwijaya. Nicole berhasil menjadi pemenang dengan esainya yang berjudul Inovasi Katalis Biodiesel Berbasis Silika Hasil Incineration Bottom Ash Limbas Medis.

Sementara di kategori Non-Eksata, Juara I berhasil diraih oleh Cindy Aurellie Hutomo, yang merupakan mahasiswi jurusan Komunikasi & Pengembangan Masyarakat dari Institut Pertanian Bogor. Cindy berhasil menjadi pemenang dengan esainya yang berjudul Growby: Aplikasi  Cerdas Pemenuhan Gizi Balita Dalam Merespon Krisis Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19. 

Terpilihnya Nicole dan Cindy sebagai yang terbaik di Final Nasional Writing Competition Beswan Djarum tidak terlepas dari peranan para dewan juri yang berasal dari beragam latar belakang kompetensi serta kombinasi akademisi dan praktisi. Mereka adalah Prof. Dr. Ir. Ronny Rachman, M. Rur. Sc. Guru Besar dari Institut Pertanian Bogor, Arifin Asydhad selaku pemimpin Redaksi Kumparan (praktisi komunikasi dan media), serta Aditya Brahmana Product Manager Gojek Indonesia (praktisi bisnis) yang juga merupakan alumni Beswan Djarum angkatan 2013/2014.

Aditya menjelaskan, ide dan gagasan para finalis adalah hasil pemikiran terhadap problematika masyarakat. Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan, ide-ide tersebut akan diterapkan pada industri dalam jangka waktu 2-3 tahun mendatang. Menurutnya, writing competition bukanlah akhir dari sebuah ide, melainkan sebuah katalis untuk memotivasi para peserta dan dewan juri untuk mampu berpikir kritis dan kreatif.

“Pada akhirnya, menjadi pemenang adalah sebuah bonus, tetapi yang lebih penting adalah proses pembelajaran terhadap nilai-nilai kreatif dan kritis yang sangat bermanfaat di kehidupan kita sehari-hari, khususnya di era digital,” ujar Aditya.

Senada, Prof Ronny mengatakan generasi muda umumnya saat ini memiliki banyak gagasan kreatif dan inovatif. Namun problemnya, banyak di antara mereka yang tidak memiliki bekal keterampilan lunak atau soft-skills yang cukup. Sehingga terdapat gap yang cukup besar ketika generasi muda memiliki ide kreatif namun kesulitan merealisasikannya.

“Oleh sebab itu writing competition ini mencoba untuk menjembatani sekaligus menjadi inkubator generasi milenial yang mendapatkan beasiswa dari Djarum foundation untuk menyempurnakan idenya. Soft-skills seperti komunikasi dan networking seperti inilah yang dibangun agar terjadi sinergi antara hard-skills dan soft-skills sehingga ide kreatif para peserta ini dapat diinkubasi dan disempurnakan untuk menuju tahapan berikutnya yaitu realisasi,” papar Ronny.

Para pemenang Final Nasional Writing Competition Beswan Djarum 2020/2021 baik dari kategori Eksakta dan Non-Eksakta diberikan apresiasi sebesar Rp 30 juta bagi juara pertama, Rp 20 juta untuk juara kedua dan Rp 15 juta bagi juara ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper