Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Kiat Membuka Bisnis Toko Ritel

Simak 8 tips dalam membuka toko retail, yang dilansir dari Businessnewsdaily (28/6/19).
Ilustrasi toko ritel
Ilustrasi toko ritel

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis retail menjadi salah satu bisnis yang dapat memberikan keuntungan yang menarik. Anda dapat menjual barang baik dalam bentuk massal ataupun eceran.

Selain itu, bisnis retail juga menjadi salah satu bisnis yang diminati karena biasanya menjual berbagai kebutuhan primer dan langsung dijual kepada konsumen.

Lalu jika Anda tertarik dalam membuka toko retail, Anda perlu mempersiapkan perencanaan yang tepat. Hal ini agar dari awal pembukaan Anda dapat bertumbuh lebih cepat.

Untuk itu, simak 8 tips dalam membuka toko retail, yang dilansir dari Businessnewsdaily (28/6/19).

1.Buatlah ide dan rencana bisnis Anda

Pertama kali dalam membuka toko retail, Anda perlu membangun dari ide Anda dan buatlah rencana bisnisnya. Bangunlah bisnis dari jenis toko yang ingin Anda buka.

Pastikan Anda sudah mengetahui bisnis apa yang Anda ingin jual, siapa target pelanggan Anda, berapa biaya yang Anda ingin jual, kompetitor Anda dan siapa saja yang berada di dalam tim Anda.

Selain itu, pastikan Anda mengetahui apa yang kurang atau perlu diperbaiki dari kompetitor Anda untuk memuaskan para pelanggan. Pastikan Anda mengetahuinya secara spesifik agar pelanggan dapat datang kepada Anda.

Tahap ini menjadi penting dikarenakan Anda dapat membayangkan bagaimana strategi marketing yang perlu Anda siapkan dan biayanya.

2. Buatlah nama untuk toko retail Anda

Selain menyiapkan untuk strategi toko Anda, Anda juga perlu memikirkan nama yang baik untuk toko Anda. Pastikan toko Anda memiliki arti yang baik, simple, dan juga unik.

Nama juga memang tidak mencerminkan kesuksesan bisnis Anda, karena hal ini bergantung dengan strategi bisnis Anda. Meskipun begitu, bukan berarti Anda menyepelekan nama toko retail Anda.

3. Pahami mengenai dasar hukum

Pastikan Anda merancang struktur bisnis yang juga sesuai dengan hukum yang berlaku. Pastikan Anda mendapatkan lisensi dan izin yang tepat. Hal ini perlu untuk keamanan jangka panjang sehingga bisnis Anda dapat tetap berjalan.

Untuk itu, tiga hal yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut.

-Lisensi operasi bisnis dasar, sehingga Anda dapat menjalankan bisnis baik di kota, kabupaten.
-Lisensi agar Anda dapat mempekerjakan karyawan Anda.
-Lisensi penjual. Hal ini tergantung pada jenis barang yang dijual di etalase ritel Anda.

Saat Anda memilih struktur hukum, Anda mengikuti proses yang sama seperti kebanyakan bisnis. Namun, bagi para pengecer, menjadi pemilik tunggal dapat menjadi risiko. Sudah umum bagi pengecer untuk menjadi perseroan terbatas (LLC) atau korporasi.

4. Carilah lokasi yang tepat

Jika Anda membuka toko retail secara fisik, maka Anda perlu untuk menemukan lokasi ritel yang tepat untuk bisnis Anda.

Walaupun Anda bisa saja tergoda untuk memilih lokasi yang murah dan berharap bisnis Anda akan ramai, namun dengan memilih lokasi di pusat kota yang mungkin akan lebih mahal, namun opsi ini akan mendatangkan ribuan pelanggan pertahunnya.

Pastikan Anda memilih lokasi dengan spasi tambahan untuk menaruh barang-barang Anda. Hal ini perlu diperhatikan terutama dalam memilih lokasi.

5. Berikan pengalaman kepada pelanggan

Terkadang, kesuksesan di retail berasal dari adanya nilai tambahan yang tidak dimiliki oleh pesaing. Hal ini datang dari adanya personalisasi.

Banyak toko ritel menemukan kesuksesan dengan mengizinkan pelanggan untuk mencoba produk. Baik itu sampel gratis di toko makanan atau ruang ganti di toko pakaian, dan lain-lainnya.

Kemudian, Anda dapat memanajemen hubungan dengan pelanggan Anda untuk memperkuat hubungan dengan lebih lagi.

6. Membangun hubungan dengan vendor

Mengembangkan hubungan dengan vendor menjadi penting saat membuka lokasi ritel. Pemilik usaha kecil memang akan menghadapi tantangan, namun harus tetap konsisten dalam menyenangkan pelanggan. Untuk itu, maka hubungan dengan vendor menjadi hal yang penting bagi pihak retail.

Jika Anda dapat mengembangkan hubungan dengan vendor, maka Anda dapat mengembangkan bisnis Anda dengan cepat. Namun, hal ini menjadi tantangan terutama jika vendor Anda berasal dari luar.

7. Cari kesempatan dalam marketing

Pemasaran merupakan hal yang penting dalam membuka toko retail yang sukses. Jika Anda telah memiliki bisnis ritel online dan ingin memperluas ke toko fisik, Anda dapat membuka beberapa toko di lokasi sementara dan waktu yang singkat. Toko tersebut dapat disebutkan dengan toko pop-up.

Toko pop-up dapat memberikan kesempatan bagi Anda untuk berpindah-pindah. Hal ini menjadi ide yang baik untuk menguji apakah toko online retail Anda berpotensi diwujudkan dalam bentuk toko fisik. Peluang pemasaran lainnya mungkin datang dari media sosial atau diskon di dalam toko.

8. Buatlah grand opening

Jika Anda membuka toko ritel, Anda dapat melakukan grand opening. Namun hal ini bukan berarti Anda perlu benar-benar merogoh kocek Anda. Grand opening berfungsi untuk menjangkau outlet media lokal dan undanglah media.

Anda juga dapat memasarkan frand opening Anda melalui media sosial. Selain itu, Anda tidak perlu berlebihan dalam mengadakan grand opening. Peran penting dari grand opening sendiri adalah untuk menarik pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler