Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips SaaS dalam Penjualan dan Pemasaran Waralaba

Waralaba yang paling populer sendiri adalah restoran cepat saji termasuk McDonald's, KFC, Burger King, dan Wendy's dengan hasil sebesar US$250 miliar.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 15 November 2021  |  12:24 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis waralaba memiliki proyeksi pertumbuhan yang tetap kuat walaupun di masa pandemi.

Berdasarkan dari Statista, lebih dari 760.000 lokasi waralaba unik ada di Amerika Serikat dapat berkontribusi lebih dari US$780 miliar dan mempekerjakan 8 juta orang.

Waralaba yang paling populer sendiri adalah restoran cepat saji termasuk McDonald's, KFC, Burger King, dan Wendy's dengan hasil sebesar US$250 miliar.

Kemudian, jika Anda juga merupakan seorang pemilik waralaba dan ingin agar franchise Anda dapat lebih bertumbuh, maka Anda dapat memanfaatkan software-as-a-service (SaaS) terbaik yang dilansir dari Entrepreneur (14/11/21) agar bisnis Anda dapat berkembang.

1. Manajemen back-office

Manajemen back-office memiliki peran penting dalam mengelola waralaba. Pemilik biasanya memiliki tim manajer untuk mengawasi kegiatan sehari-hari termasuk mengelola staf, pasokan, pembelian, penyimpanan hingga layanan pada pelanggan.

Agar lebih teroganisir, maka Anda dapat memanfaatkan software yang mencakup mulai dari SDM, CRM, keuangan, akutansi dan lain-lainnya. Anda dapat memanfaatkan software ERP Microsoft, Dynamics 365, FinancialForce dan TEAM Software.

2. Manajemen media sosial

Media sosial memainkan peran yang sangat diperlukan dalam menghasilkan pendapatan, pemesanan online, dan mengelola layanan pelanggan. Kemudian, khusus dalam bisnis yang berpusat pada konsumen (B2C), pemilik waralaba memerlukan sistem atau rangkaian sistem terbaik untuk memanfaatkan pemasaran organik dan online.

Untuk ini, maka Anda dapat memanfaatkan HootSuite, Buffer, dan Sprout Social.

3. Pemasaran dengan email

Pemasaran email sangat penting untuk saluran pemasaran dan penjualan, kecuali jika merek mengelolanya secara terpusat. Dengan memberikan data dengan persetujuan pelanggan, Anda dapat mengumpulkan database pelanggan yang berharga.

Anda dapat memanfaatkan MailChimp, HubSpot, dan lain-lainnya yang memiliki fitur dalam mengirimkan ‘kampanye’ email Anda.

4. Daftar manajemen

Listings management merupakan segmen perangkat lunak yang dapat membantu pemilik waralaba dalam mewujudkan keuntungan pemasaran online dari pengalaman positif di dalam toko. Ketika pelanggan memiliki pengalaman yang baik, mereka akan meninggalkan ulasan positif.

Anda dapat menggunakan Yext, Uberall, Semrush, Reputation, dan Thryv untuk memudahkan pemilik waralaba dalam mengelola reputasi online.

5. Manajemen kantor pusat

Serupa dengan manajemen back-office, solusi perangkat lunak manajemen kantor pusat adalah untuk menjaga proses operasional tetap berjalan lancar. Solusi ini sangat bermanfaat ketika pemilik waralaba memiliki lusinan atau ratusan situs dalam portofolio mereka dan tim manajer yang mengawasi setiap wilayah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waralaba franchise
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top