Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Cara Memulai Bisnis Thrifting agar Cuan

Jika Anda tertarik, berikut beberapa tips dalam membuka thrift shop agar cepat menghasilkan cuan.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 16 November 2021  |  12:46 WIB
7 Cara Memulai Bisnis Thrifting agar Cuan
Thrifting

Bisnis.com, JAKARTA - Thrift shop menjadi salah satu bisnis yang ramai saat ini. Terutama mengingat banyaknya generasi muda yang mulai tertarik dalam melakukan “thrifting” baju.

Untuk itu, jika Anda juga menyukai bisnis yang berkaitan di bidang fashion atau masih belum memiliki ide bisnis, membuka thrift shop dapat menjadi opsi Anda.

Jika Anda tertarik, berikut beberapa tips dalam membuka thrift shop yang dilansir dari berbagai sumber dan dirangkum oleh Bisnis.

1. Tentukan modal Anda

Siapkan modal yang Anda tentukan untuk memulai sebuah thrift shop. Selain itu, Anda juga memerlukan kesabaran dalam menemukan barang yang bagus agar dapat memaksimalkan modal Anda.

2. Melakukan riset dan target market Anda

Lakukan riset dan terapkan hal-hal yang sebelumnya belum pernah dilakukan oleh thrift shop lainnya. Contohnya, Anda dapat memberikan value khusus kepada pelanggan, dan memberikan pengalaman yang berbeda.

Dengan melakukan riset, Anda juga dapat menentukan barang apa yang akan Anda jual. Hal ini juga membantu Anda dalam memaksimalkan modal Anda.

3. Memiliki supplier

Anda sebenarnya juga dapat menemukan barang tanpa lewat supplier dengan melakukan “hunting” sendiri. Namun, jika Anda memiliki supplier, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Jika kemudian Anda telah memiliki supplier, pastikan Anda memberikan hubungan yang baik untuk jangka panjang bisnis Anda.

4. Bangun merek dan toko Anda

Nama yang baik adalah nama yang pendek, memiliki arti dan mudah untuk diingat. Jika sudah, Anda dapat membangun toko Anda baik secara fisik ataupun offline, atau keduanya. Pastikan Anda telah melakukan riset sebelumnya agar pembukaan toko Anda mendapatkan perhatian.

Jika Anda ingin membuka toko offline, Anda bisa saja memulai dengan membuat toko sementara untuk melakukan riset lokasi. Namun jika online, Anda dapat memanfaatkan marketplace.

5. Buatlah foto produk yang bagus

Hal ini menjadi penting, terutama jika Anda menjual secara online. Jika Anda ingin melakukan foto produk yang baik, Anda tidak perlu menginvestasikan pada barang-barang yang mahal.

Dalam membuat foto produk, pastikan Anda memiliki cahaya yang cukup, investasikan pada background produk seperti warna putih, dan Anda bisa menggunakan handphone Anda dalam mendapatkan foto namun Anda dapat

6. Tentukan harga produk Anda

Pastikan Anda melakukan riset dari toko-toko lainnya. Tentukan harga yang ideal dan sesuai dan jangan membuat harga yang tidak sesuai dengan pasar Anda ataupun harga yang dapat merugikan Anda.

7. Lakukan pemasaran

Buatlah rencana pemasaran Anda agar orang-orang dapat mengetahui dan tertarik dengan toko Anda. Anda dapat memulai dengan melakukan pemasaran di media sosial Anda, memanfaatkan SEO, marketing berbayar dan lain-lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top