Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

9 Cara Cepat Menjadi Public Speaker yang Baik

Gugup adalah perasaan yang bisa saja tiba-tiba muncul saat sedang berada di depan umum. Simak tips menjadi public speaker.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 18 Januari 2022  |  15:50 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menjadi public speaker bukanlah hal sulit, bila sering dilatih dan diasah. Sebab, berbicara didepan umum merupakan keterampilan, bukanlah bakat.

Saat Anda pertama kali berbicara di depan umum, maka akan sangat lumrah mengalami rasa gugup. Namun, semakin sering Anda berada di depan umum, maka Anda semakin mantap untuk mengendalikan rasa gugup.

Mengutip nbcnews.com, Selasa (18/1/2022), berikut tips yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan public speaking AaAnda.

  1. Berdamai dengan rasa gugup

Orang-orang ekstrovert yang berbicara di depan umum, sering merasa gelisah. Merasa malu dan gugup adalah perasaan, bukan sifat kepribadian. Setiap orang tentunya pernah menghadapi perasaan seperti itu. Maka berdamailah dengan rasa gugup sebelum menjadi public speaker.

  1. Tempatkan audiens Anda terlebih dahulu

Ingat, inti dari presentasi atau pidato adalah tentang mengkomunikasikan pesan Anda kepada audiens Anda. Anda harus memberikan diri Anda sepenuhnya kepada audiens.

Pembicara yang baik adalah orang yang menghadapkan dirinya kepada audiens dan melakukan interaksi dengan audiens, seperti dengan mengatakan siapa Anda? Apa yang kamu butuhkan? Apa yang bisa saya bantu?

  1. Mempersiapkan diri

Jika Anda memiliki rencana untuk berbicara dihadapan umum dalam beberapa waktu ke depan, Anda perlu meluangkan waktu untuk mencari cara terbaik untuk menyesuaikan pesan Anda dengan audiens Anda.

Pikirkan pendahuluan yang kuat yang akan menarik perhatian pendengar. Dan buatlah kesimpulan yang bijaksana sehingga pendengar tetap mengingat poin-poin penting yang Anda ingin mereka ambil. 

  1. Catat poin poin penting yang hendak disampaikan

Jika memungkinkan, buat poin-poin penting yang hendak Anda sampaikan kepada audiens daripada menuliskan pidato kata demi kata. Ini membuat bahasa yang Anda gunakan menjadi lebih alami, memungkinkan suara Anda menjadi jauh lebih alami dan kontak mata lebih baik.”

Plus, tidak membaca pidato Anda dari naskah. Ini membuat Anda terlihat lebih kompeten dan percaya diri, serta menguasai topik

  1. Lakukan praktik 

Latih pidato atau presentasi Anda terlebih dahulu sehingga Anda merasa nyaman dengan kata-kata yang Anda ucapkan dan caranya terdengar dari mulut Anda. Melatih public speaking sama halnya seperti seperti melatih otot Anda.

Semakin banyak pidato yang Anda berikan dan semakin banyak percakapan yang Anda lakukan, semakin percaya diri Anda saat berada dalam situasi itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manajemen keterampilan pidato
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top