Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelajari 8 Keterampilan Penting Ini untuk Dulang Cuan Lebih Banyak di 2024

8 keterampilan yang penting dimiliki untuk mendulang lebih banyak cuan pada 2024
Ilustrasi kecerdasan buatan/doc.Microsoft
Ilustrasi kecerdasan buatan/doc.Microsoft

Bisnis.com, JAKARTA -- Ingin mendorong jenjang karier tahun ini dan meningkatkan potensi penghasilan? Mulailah bersikap proaktif dengan memperoleh keterampilan baru.  

Pasar kerja dan industri selalu berubah, dan seiring dengan meningkatnya permintaan talenta baru untuk mengisi peran-peran penting dan berkembangnya industri. Beberapa keterampilan yang Anda miliki saat ini mungkin sudah ketinggalan zaman atau perlu diperbarui.

Untuk mempertahankan keunggulan kompetitif pada 2024 dan bisa memperoleh gaji terbaik dan promosi, cobalah mengembangkan salah satu dari delapan keterampilan berpenghasilan tinggi dan banyak diminati berikut ini:

1. Analisis Data

Keterampilan analisis data berguna dalam berbagai situasi dan karier, termasuk dalam peran kepemimpinan dan manajemen. Namun, Anda dapat memilih untuk mengambil spesialisasi dalam bidang ini dan menjadi analis data.  

Keterampilan ini memerlukan kemampuan memvisualisasikan, mengekstrak, memodelkan, membersihkan, dan menafsirkan data kompleks agar dapat diakses untuk digunakan oleh pengambil keputusan utama. Hal ini memungkinkan organisasi untuk merancang strategi dengan lebih baik.

2. Manajemen Proyek

Manajemen proyek adalah keahlian lain yang dibutuhkan di berbagai industri secara global. Permintaan akan manajer proyek meningkat sebesar 6 persen selama delapan tahun ke depan hingga 2032, mencakup keterampilan organisasi dan metodologi yang menyeluruh, manajemen risiko, keterampilan membangun hubungan, dan manajemen tim yang kuat, kolaborasi, serta keterampilan komunikasi.

3. Desain UX/UI

Dalam masyarakat kita yang didorong oleh teknologi dan mendukung teknologi, merancang pengalaman pengguna dan antarmuka pengguna dalam aplikasi dan produk seluler dan web memainkan peran penting untuk memastikan kelancaran keterlibatan pelanggan. 

Dengan hampir 5,3 miliar orang menggunakan internet pada Oktober 2023 menurut Statista, keahlian ini akan menjamin kepuasan pelanggan bagi klien dan pengguna organisasi sektor publik dan swasta, lembaga pendidikan, dan bisnis pada umumnya.

4. Pemasaran Digital

Pemasaran digital, sama seperti keterampilan UX/UI, fokus pada pengalaman online dan menarik perhatian calon pelanggan untuk memastikan mereka terlibat dengan produk atau layanan bisnis.  

Jika Anda memiliki kemampuan edit video, desain grafis, media sosial, pemasaran influencer, atau memiliki hobi menulis dan membuat konten untuk blog, Anda sudah memiliki keterampilan pemasaran digital. Keterampilan ini dapat diasah dengan mengikuti kursus pemasaran digital, terutama untuk sektor-sektor yang spesifik.

5. AI (Kecerdasan Buatan)

Daftar keterampilan yang banyak diminati dan berpenghasilan tinggi tidak akan lengkap tanpa menyebutkan AI. Kecerdasan buatan adalah teknologi canggih yang telah tertanam di hampir setiap industri dan organisasi, dan memiliki potensi yang sangat besar, dengan perkiraan peningkatan ekonomi sebesar US$2,6 triliun menjadi US$4,6 triliun menurut laporan McKinsey & Company.

Mempelajari keterampilan AI tidak berarti harus menghabiskan waktu bertahun-tahun belajar untuk menjadi insinyur pembelajaran mesin atau ilmuwan AI, sebaliknya, penting untuk meningkatkan keterampilan diri dan penggunaan AI modern dalam konteks pekerjaan spesifik, sehingga Anda dapat meningkatkan kualitas dan hasil pekerjaan, mengurangi waktu berlebih, dan menerapkannya untuk mengungkap wawasan industri untuk membantu mencapai bisnis dan tujuan karir.

6. Kepemimpinan

Istilah "keterampilan kepemimpinan" adalah istilah umum yang mencakup berbagai kompetensi seperti pemikiran analitis, rasa ingin tahu, pembelajaran seumur hidup, manajemen sumber daya manusia, ketahanan, motivasi, kesadaran diri, dan keterampilan lainnya.  

Keterampilan-keterampilan ini mendapat peringkat tinggi dalam laporan Pekerjaan Masa Depan Forum Ekonomi Dunia pada 2023, yang mencantumkan kualitas-kualitas ini sebagai “keterampilan yang sedang meningkat,” yang diprioritaskan oleh organisasi.

7. Pengembangan Web

Keterampilan pengembangan web dibutuhkan oleh pemberi kerja bersamaan dengan keterampilan lain yang berfokus pada dunia “online”, dengan perkiraan Biro Statistik Tenaga Kerja AS untuk pekerjaan ini memproyeksikan peningkatan permintaan sebesar 16 persen selama beberapa tahun ke depan.  

Keterampilan ini dapat dipelajari melalui mengikuti kursus online, bootcamp, dan mempelajari gelar di bidang ilmu komputer.

8. Penjualan

Jika Anda memiliki keterampilan interpersonal dan dapat membangun hubungan yang kuat, memiliki kepribadian yang ramah, tangguh dan ulet, dan didorong oleh semangat memenuhi target dan tenggat waktu, mengembangkan keterampilan penjualan untuk berkarir di bidang penjualan akan menjadi ide bagus. 

Potensi penghasilan dari mengembangkan keterampilan penjualan tidak terbatas, karena banyak profesional penjualan tidak hanya memperoleh komisi tak terbatas,  namun juga bisa maju ke peran dengan gaji tinggi di posisi pimpinan penjualan atau manajemen divisi penjualan.

Ada banyak platform online yang menawarkan berbagai kursus keterampilan penjualan, untuk membantu mempertajam keterampilan negosiasi, dan cara menjadi tenaga penjual yang baik.

Pengembangan keterampilan adalah perjalanan yang tidak pernah berakhir. Berbagai situs seperti Coursera, General Assembly, dan LinkedIn Learning bahkan menawarkan layanan untuk meningkatkan keterampilan seperti analisis data, manajemen proyek, dan desain UX/UI. Luangkan waktu untuk mengasah keterampilan sehingga Anda dapat memaksimalkan penghasilan tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper