Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9 Keuntungan Berinvestasi di Properti, Salah Satunya Lebih Aman

Tapi, jika Anda dapat berinvestasi dengan melakukan observasi dan analisa terlebih dahulu, maka Anda juga akan memeroleh beberapa alasan mengapa investasi di properti juga menjadi hal yang baik dan menarik.
Real Estate/huffingtonpost
Real Estate/huffingtonpost

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda memiliki ketertarikan di properti atau ingin mendiversifikasi portofolio Anda, tentu banyak pilihan yang dapat Anda peroleh.

Anda dapat membeli rumah keluarga, menyewakannya, dapat membeli mal kecil untuk memperoleh uang sewa bulanan, dan lain-lainnya. Dalam hal ini, Anda juga akan mendapatkan pendapatan secara pasif.

Namun, tidak jarang beberapa orang juga menghindari investasi real estat dikarenakan menakutkan atau membutuhkan banyak uang untuk diinvestasikan. Tapi, jika Anda dapat berinvestasi dengan melakukan observasi dan analisa terlebih dahulu, maka Anda juga akan memeroleh beberapa alasan mengapa investasi di properti juga menjadi hal yang baik dan menarik.

1. Arus kas stabil

Memiliki real estat adalah cara untuk meningkatkan pendapatan bulanan Anda. Anda dapat berinvestasi di real estat komersial atau perumahan, dan menyewakannya. Anda kemudian dapat menerima penghasilan bulanan Anda. Namun pastikan bahwa Anda meneliti pembayaran tiap bulannya.

2. Pengembalian yang besar

Jika properti yang Anda miliki meningkat nilainya dari waktu ke waktu, Anda dapat menjualnya untuk mendapatkan keuntungan yang solid. Untuk memerolehnya, pastikan Anda berinvestasi pada properti yang tepat.

3. Keamanan jangka panjang

Properti merupakan investasi jangka panjang. Anda dapat menahannya selama beberapa tahun sambil menunggu untuk dihargai.

4. Diversifikasi

Dengan menambahkan investasi dalam properti, maka akan membantu Anda dalam mendiversifikasi portofolio investasi Anda. Contohnya, pada saat saham Anda menurun, properti Anda mungkin masih meningkat nilainya.

5. Memanfaatkan dana

Leverage dalam real estat berarti Anda menggunakan uang orang lain untuk membeli properti. Dalam hal ini, Anda akan mengambil pinjaman dari pihak yang menyediakan, dan Anda membayarkannya dari uang orang lain. Contohnya Anda dapat membayarnya dengan hasil uang sewa bulanan.

6. Perlindungan terhadap inflasi

Investasi di properti dapat dianggap sebagai perlindungan terhadap inflasi. Ketika harga barang dan jasa naik, nilai rumah dan sewa biasanya juga meningkat. Investasi dalam properti dapat memberi Anda pendapatan bulanan yang juga dapat membantu Anda secara finansial.

7. Kesempatan memeroleh modal

Saat Anda menjual properti yang nilainya naik, Anda akan meningkatkan modal Anda. Tentunya kunci yang perlu Anda pegang adalah berinvestasi dengan tepat.

8. Memiliki properti

Ketika Anda memiliki properti untuk investasi, Anda akan menjadi bos Anda sendiri. Anda juga memiliki properti lain yang dapat menyediakan rumah untuk penyewa, ataupun membawa bisnis ke properti komersial yang dibutuhkan bagi para komunitas.

9. Keamanan

Anda akan mendapatkan pengembalian yang relatif tetap jika berinvestasi di properti. Contohnya jika Anda berinvestasi di pasar saham, risikonya juga bisa menjadi lebih tinggi. Namun kembali lagi, hal ini perlu membutuhkan riset dan observasi yang matang. Tidak ada jaminan yang pasti antara investasi di properti dengan instrumen investasi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper