Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apakah Bisnis Anda Layak Dilirik Investor?

Agar rencana bisnis Anda makin menjadi solid dan menarik, maka Anda perlu berpikir layaknya seorang investor. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan peluang, lebih objektif, dan fokus pada aspek finansial terutama dalam praktisnya.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 21 Februari 2022  |  16:49 WIB
Ilustrasi investor yang memantau candlestick pergerakan saham di pasar modal - Freepik.com
Ilustrasi investor yang memantau candlestick pergerakan saham di pasar modal - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai wirausahawan, Anda perlu membuat rencana bisnis yang solid.

Rencana bisnis tidak selalu memprediksi masa depan bisnis Anda, tetapi akan berfungsi sebagai tahap awal dan tengah pengembangan bisnis.

Perlu diketahui, jika Anda mengetahui ini, maka Akan berfungsi dan membantu untuk menarik dana dan berpotensi mendapatkan klien baru.

Agar rencana bisnis Anda makin menjadi solid dan menarik, maka Anda perlu berpikir layaknya seorang investor. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan peluang, lebih objektif, dan fokus pada aspek finansial terutama dalam praktisnya.

Untuk mengetahuinya, Anda perlu mengetahui aspek apa saja yang diprioritaskan oleh investor, yang dilansir dari Entrepreneur.

1. Profitabilitas

Setiap investor ingin berkontribusi pada bisnis dengan potensi profitabilitas tinggi. Investor yang handal atau cerdas biasanya lebih tertarik pada seberapa praktis ide tersebut, biaya yang diperlukan, dan seberapa cepat mulai menghasilkan uang.

2. Skalabilitas

Investor juga biasanya peduli dengan skalabilitas. Jika Anda tidak memiliki rencana ekspansi atau rencana yang melipatgandakan penghasilan Anda, maka ada batasan yang sulit tentang berapa banyak uang yang dapat dihasilkan oleh bisnis tersebut.

3. Mitigasi risiko

Setiap bisnis akan datang dengan risiko, tetapi investor yang baik akan berusaha keras untuk menganalisis risiko dan mengurangi risiko itu.

4. Kebaruan

Pada tingkat tertentu, investor juga menghargai kebaruan. Investor cenderung tertarik pada hal yang menonjol.

Lalu, bagaimana Anda dapat memanfaatkan dari lensa investor dan membuat rencana bisnis Anda semakin menarik?

1. Penelitian dan data objektif

Fokus pada penelitian dan data objektif untuk mendukung semua kesimpulan Anda. Jika Anda mengajukan klaim dalam rencana bisnis, Anda harus siap untuk mendukungnya dengan angka dan kutipan.

2. Gambaran lengkap

Produk Anda mungkin menarik, namun tidak praktis. Investor ingin melihat gambaran lengkapnya, dan tidak mau melihat hal yang dapat menutupi detail yang “kotor”.

3. Ucapan terima kasih yang jujur

Investor suka melihat model yang menguntungkan, namun tidak menyukai hal yang meragukan atau tidak realistis.

4. Masa depan jangka panjang

Anda mungkin memiliki rencana yang solid untuk tahun pertama bisnis Anda, namun seperti apa bisnis Anda satu dekade dari sekarang?

Semakin jauh Anda merencanakan masa depan, maka semakin baik bisnis Anda, dan cukup fleksibel untuk mengakomodasi variabel yang berubah seperti teknologi yang berkembang atau preferensi konsumen yang adaptif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investor tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top