Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Biaya di Masa Pensiun yang Perlu Diantisipasi Sejak Dini

Lantas, apa saja barang yang dapat mengalami kenaikan dan bagaimana mengatasinya? Dilansir dari US News, berikut 6 hal yang dapat Anda perhatikan.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 18 Maret 2022  |  21:08 WIB
6 Biaya di Masa Pensiun yang Perlu Diantisipasi Sejak Dini
Ilustrasi pensiun

Bisnis.com, JAKARTA - Saat pensiun, banyak orang memikirkan bagaimana cara bertahan hidup tanpa  penghasilan yang tetap setelah masa kerja berakhir.

Banyak pensiun yang akhirnya tidak bisa hidup layak karena tidak lagi memiliki penghasilan dan investasi yang cukup.

Karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan masa pensiun Anda agar terjamin dan tenang menjalani hari tua.

Salah satunya dengan mempersiapkan biaya yang dibutuhkan di masa tua, dengan memperhitungkan beban biaya yang dapat menjadi tekanan pada finansial Anda.

Lantas, apa saja barang yang dapat mengalami kenaikan dan bagaimana mengatasinya? Dilansir dari US News, berikut 6 hal yang dapat Anda perhatikan.

1. Bahan makanan

Seringkali bahan makanan suka mengalami kenaikan. Anda mungkin juga menyadarinya jika bepergian ke supermarket.

Mengevaluasi label harga di rak-rak toko kelontong dapat membantu Anda mengelola biaya makanan untuk jangka pendek. Anda juga dapat memanfaatkan diskon untuk mengatasi permasalahan ini.

2. Biaya medis

Jika Anda khawatir biaya medis yang nantinya akan mengalami kenaikan, Anda dapat mencoba untuk meninjau rencana dan manfaat Anda. Anda juga dapat melakukannya dengan menanyakan apotek Anda tentang cara menghemat resep.

3. Harga bahan bakar

Walaupun Anda tidak memiliki perjalanan harian, kini baik dalam mengisi untuk menjalankan tuguas atau aktivitas menjadi lebih mahal selama setahun terakhir.

Perang antara Rusia, pemasok gas dan minyak utama, dan Ukraina menciptakan ketidakpastian tentang masa depan bahan bakar. Harga gas naik 38 persen dari Februari 2021 ke Februari 2022.

Dengan ini, Anda dapat mencoba untuk mengelompokkan banyak perhentian, untuk membuat perjalanan Anda menjadi lebih sedikit.

4. Biaya perumahan

Jika saat ini Anda menyewa rumah atau sedang mempertimbangkan untuk menjual rumah Anda dan menyewa tempat, Anda perlu mempertimbangkannya karena harga perumahan bisa menjadi lebih naik.

Untuk menghemat sewa, Anda dapat memilih untuk berhemat ke tempat yang lebih kecil dan lebih terjangkau. Jika Anda memiliki keluarga yang tinggal di kota yang lebih murah, Anda dapat mempertimbangkan untuk pindah ke daerah tersebut.

5. Utilitas yang tinggi

Jika nantinya biaya utilitas akan menjadi lebih tinggi, Anda perlu mencari cara untuk menurunkan tagihan Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengurangi cara untuk mengurangi penggunaan lampu, mencuci pakaian dengan lebih hemat, dan lainnya.

6. Hiburan

Dengan harga makanan dan gas yang meningkat, tamasya di restoran dan kunjungan untuk melihat keluarga atau menjelajahi berbagai lokasi menjadi lebih mahal.

Biaya yang lebih tinggi menyebabkan beberapa orang mengubah rencana dan mempertimbangkan jalan-jalan yang lebih murah. Untuk itu dalam mengatasinya, Anda dapat menghindari untuk makan di luar setiap kali Anda makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pensiun dana pensiun pensiunan JAMINAN PENSIUN
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top