Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rahasia Bisnis Takjil Bulan Puasa yang Laris Manis dan Perkiraan Modalnya

Dalam berbisnis takjil, tentunya Anda perlu memilih takjil yang menjadi keahlian Anda. Hal ini lantaran untuk memberikan rasa yang nikmat kepada pelanggan, sehingga para pelanggan ingin memesan kepada Anda kembali.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  09:43 WIB
Warga memilih makanan untuk berbuka puasa di Pasar Takjil Benhil, Jakarta, Sabtu (27/5). - Antara/Wahyu Putro A
Warga memilih makanan untuk berbuka puasa di Pasar Takjil Benhil, Jakarta, Sabtu (27/5). - Antara/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki bulan puasa, berbisnis takjil merupakan salah satu ide yang berpotensi, mengingat meningkatnya permintaan dari masyarakat untuk kudapan manis untuk berbuka.

Dalam berbisnis takjil, tentunya Anda perlu memilih takjil yang menjadi keahlian Anda. Hal ini lantaran untuk memberikan rasa yang nikmat kepada pelanggan, sehingga para pelanggan ingin memesan kepada Anda kembali.

Contohnya adalah seperti kolak pisang dan ubi, kolak, es buah, gorengan, dan lain-lainnya.

Dalam mulai berbisnis takjil, Anda dapat mencoba untuk memberikan strategi untuk menarik para pelanggan. Hal ini meliputi sebagai berikut.

1. Memberikan kualitas

Dalam menjual makanan, Anda perlu memberikan kualitas dan rasa yang terbaik bagi para pelanggan. Hal ini lantaran dapat membuat para pelanggan ingin kembali memesan kepada Anda dan juga senang memesan makanan untuk Anda.

2. Memberikan hal yang unik

Jika semua para penjual cenderung seragam atau menjual yang sama, maka Anda dapat mencoba untuk memberikan sesuatu yang berbeda.

Hal ini lantaran seperti rasa yang berbeda, tampilan yang berbeda, stand jualan yang berbeda, penawaran paket penjualan yang berbeda, dan lain-lainnya.

Hal ini membantu untuk membedakan Anda dengan yang lainnya.

3. Lakukan promosi

Anda dapat melakukan promosi baik di media sosial ataupun melakukan promosi yang kreatif jika ingin berjualan secara offline. Anda juga dapat memberitahu lokasi Anda, sehingga para pelanggan juga mudah menemukan Anda. Pastikan Anda juga berada di lokasi yang strategis.

Lantas, hal apa saja yang perlu Anda ketahui dalam mempersiapkan modal dalam usaha ini?

Perlu diketahui bahwa modal yang perlu Anda siapkan tergantung dengan makanan yang Anda jual dan jumlah makanan yang akan Anda jual.

Contohnya seperti jika Anda berjualan es buah campur. Anda dapat membeli buah buahan sekitar Rp20 ribu per kg, kental manis dan sirup sebesar Rp40 ribu.

Dengan modal tersebut, maka Anda dapat menjual sebanyak 25 hingga 30 porsi. Jika segelas biasanya dijual dengan harga Rp10 ribu, maka bisa saja Anda mendapatkan untung sebesar Rp6 ribu sampai Rp7 ribu setiap gelasnya.

Untuk itu, pastikan Anda dapat memperhatikan makanan apa yang menjadi keahlian Anda, berapa jenis makanan dan berapa banyak Anda ingin menjualnya. Dalam berbisnis takjil, tentunya modal yang dibutuhkan cukup fleksibel.

Jika Anda kekurangan modal, Anda juga dapat membuka opsi pre-order, jika para pelanggan ingin memesan lebih dulu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis Ramadan takjil
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top