Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Membuat Proposal Bisnis yang Benar

Lantas, tips apa saja yang bisa Anda gunakan dalam menulis proposal?
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam berbisnis, maka membuat proposal menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan.

Proposal sendiri adalah sebuah tindakan dalam menyarankan atau mengajukan sesuatu untuk dipertimbangkan. Dokumen proposal sendiri adalah dokumen tertulis yang mencoba membujuk pembaca untuk menerima rencana atau proyek yang diusulkan.

Lalu jika melansir Careerkarma, terdapat tujuh elemen template proposal bisnis yakni sebagai berikut.

- Untuk pernyataan masalah
- Pernyataan visi
- Manfaat
- Kiriman
- Kriteria sukses
- Perencanaan dan pendekatan
- Budget

Lantas, tips apa saja yang bisa Anda gunakan dalam menulis proposal?

1. Gunakan Kata Tindakan

Saat membuat proposal, gunakan kata-kata tindakan seperti mendukung, mendemonstrasikan, menawarkan, memimpin, menguji, dan meneliti. Kata kerja tindakan adalah kata yang kuat dan persuasif.

2. Sertakan Bukti Sosial

Klien mencari bukti bahwa Anda dapat melakukan apa yang Anda katakan dapat Anda capai. Salah satu cara terbaik untuk memberikan kredibilitas bisnis Anda adalah dengan memberikan bukti faktual dengan tambahan statistik, studi kasus dan lainnya.

3. Jelaskan Apa yang Membedakan Anda

Apa yang membuat Anda berbeda dari bisnis lain? Bagaimana layanan atau solusi Anda menambah nilai bisnis mereka? Jika Anda ingin manajer proposal memperhatikan proposal Anda, Anda harus memiliki jawaban atas pertanyaan ini.

Jangan lupa juga bagi Anda untuk mencantumkan beberapa keahlian untuk Anda yang relevan dengan proyek dan jelaskan mengapa Anda kandidat yang ideal dalam proyek ini.

Kemudian, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara dalam memulai proposal dan cara mengakhirinya.
Cara memulai proposal

Berikan ringkasan eksekutif sehingga pembaca dapat menemukan semua informasi penting di satu tempat. Anda perlu memperkenalkan diri dan memberikan informasi latar belakang.

Lima menit pertama sendiri memiliki peran yang besar dalam pengambilan keputusan. Untuk itu, tulislah pernyataan yang jelas dan Anda harus mengetahui masalah apa yang dihadapi organisasi dan bagaimana menyelesaikannya.

Cara mengakhiri proposal

Jika Anda sudah berhasil menarik perhatian pembaca sejak awal, Anda harus tahu cara menyelesaikan surat lamaran. Anda dapat memiliki proposal yang jelas dan informatif dan memberikan detail kontak.

Selain itu, menutup surat proposal dengan kalimat yang bermakna menunjukkan kepada calon investor bahwa Anda berterima kasih atas investasi waktu mereka dan serius dengan proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper