Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips dan Strategi Jualan Via Live Streaming, Bisa Tingkatkan Omzet

Berjualan live streaming juga menawarkan beberapa keuntungan. Pertama adalah untuk membangun kesadaran merek, interaksi toko dan dapat membantu meningkatkan penjualan.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 11 Mei 2022  |  12:51 WIB
Streaming -
Streaming -

Bisnis.com, Jakarta – Strategi live streaming berpotensi efektif untuk melakukan promosi, mengingat jumlah penontonnya yang semakin meningkat.

Melansir dari Instagram Kementerian Koperasi dan UKM yakni @Kemenkopukm, berjualan secara live streaming dapat menjadi strategi penjualan yang efektif, untuk meningkatkan eksposur produk dan kunjungan toko.

Berjualan live streaming juga menawarkan beberapa keuntungan. Pertama adalah untuk membangun kesadaran merek, interaksi toko dan dapat membantu meningkatkan penjualan.

Lantas, apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk memulai live streaming?

Pertama, pastikan Anda memiliki peralatan yang lengkap. Contohnya Anda dapat mempersiapkan kamera, tripod, gawai, mikrofon, lampu dan koneksi internet yang stabil. Peralatan ini dapat berpengaruh pada hasil kualitas live streaming.

Kedua, pastikan konten dan topik Anda menarik. Anda dapat membuat konten seperti giveaway, review produk, unboxing dan lain-lainnya untuk menarik minat para calon pembeli.

Terakhir, pastikan pembawa acara interaktif agar para pembeli menonton hingga selesai. Dengan pembawa acara yang interaktif, maka akan menarik pembeli aktif.

Melansir dari Business News Daily (25/4/22), sebelum memulai Anda bisa memberitahukan para calon pelanggan atau pengikut agar dapat menonton live streaming Anda. Contohnya adalah membuat teaser.

Selain itu, Anda juga bisa membuat skrip kasar agar tetap berada jalur dan tidak kebingungan. Pastikan Anda mengingat merek Anda, menjual dan menangkap perasaan, serta berikan penawaran spesial yang hanya diperoleh melalui live streaming.

Kemudian, Kemenkop UKM juga menyarankan pembawa acara untuk memakai pakaian yang terang, membawa suasana yang santai, ceria dan jenaka.

Pembawa acara juga perlu menyapa pembeli dengan semangat, intonasi yang jelas dan tidak datar, serta menggunakan bahasa tubuh yang luwes dan profesional.

Jangan lupa untuk melakukan latihan dan meninjau kembali hasil live streaming dari alat yang Anda gunakan. Pastikan Anda dapat menjalin ikatan emosional dengan pelanggan dengan konten yang relevan, informatif serta menghibur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

promosi tips bisnis live streaming
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top