Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Skill Utama yang Harus Dimiliki oleh Profesional di Public Relations

Peran public relations (PR) atau hubungan masyarakat (humas) menjadi sangat penting untuk mendukung komunikasi yang efektif terutama di tengah perubahan besar pada era disrupsi
Ilustrasi/mediapublica.co
Ilustrasi/mediapublica.co

Bisnis.com, JAKARTA -- Peran public relations (PR) atau hubungan masyarakat (humas) menjadi sangat penting untuk mendukung komunikasi yang efektif terutama di tengah perubahan besar pada era disrupsi. Profesional di bidang ini pun dituntut untuk memiliki skill khusus agar tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Tak heran bila perusahaan-perusahaan besar memiliki PR yang unggul untuk meningkatkan dan memperkuat kualitas komunikasinya baik untuk internal maupun eksternal.

Prita Kemal Gani, Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) mengatakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, maka ada dua skill utama yang perlu dikuasai oleh seorang PR unggulan, yaitu kemampuan dalam berkomunikasi dan kemampuan dalam memimpin.

“Communication capabilities atau kemampuan komunikasi menjadi faktor utama yang harus selalu ditingkatkan untuk bisa menjalankan fungsi PR yang efektif,” ujar Founder sekaligus CEO of LSPR Communication and Business Institute ini, belum lama ini.

Kemampuan berkomunikasi ini mencakup interpersonal communication skill, research skill atau kemampuan melakukan penelusuran terhadap informasi yang akan dipublikasikan maupun diterima.

Selanjutnya kemampuan menganalisis informasi yang didapat, kemampuan menulis informasi yang mudah dipahami, kemampuan berbicara yang baik di depan publik, kemampuan untuk mempresentasikan materi informasi kepada khalayak, serta kemampuan menceritakan informasi dengan efektif.

Prita menambahkan, selain communication capabilites, seorang PR unggulan juga harus memiliki leadership capabilites sebagai dasar untuk melakukan manajemen fungsi PR yang baik.

"Communication capabilities yang baik tidak akan efektif apabila kemampuan leadership seorang PR tidak diasah. Leadership capabilites yang baik tentunya dapat mendorong peningkatan efisiensi fungsi kehumasan,” ujarnya.

Sementara itu, Human Capital, General Support, and Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati menjelaskan bahwa komunikasi, dalam bentuk apapun, verbal maupun non verbal, langsung dan tidak langsung, merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

"Begitu juga untuk lingkup perusahaan yang lebih kompleks kebutuhan komunikasinya," ujar dia.

Chief of Corporate Communication and CSR FIFGROUP, Yulian Warman, menjelaskan bahwa peran kehumasan sangat penting untuk mempertahankan kestabilan sebuah perusahaan.

"Fungsi komunikasi menjadi  bagian yang penting untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan agar perseroan dapat tumbuh secara berkelanjutan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper