Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Tips Memulai Bisnis Online di Shopee atau Tokopedia

Tips belanja online bagi pebisnis adalah maksimalkan gratis ongkir untuk menarik konsumen membeli di Tokopedia dan Shopee.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 18 Juli 2022  |  14:49 WIB
8 Tips Memulai Bisnis Online di Shopee atau Tokopedia
Tren belanja online semakin marak, simak tips bisnis online di masa saat ini. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis online melalui aplikasi e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee semakin banyak digandrung oleh anak-anak muda, seiring meningkatnya tren belanja online di Indonesia.

Saat berbisnis online, Anda akan menemukan costumer dari berbagai daerah, sehingga Anda tidak perlu kesulitan untuk membuka toko offline dan membayar uang sewa toko.

Simak 8 tips bisnis atau berjualan online di aplikasi Shopee, Tokopedia dan platform lainnya:

1. Buat Branding Toko yang Menarik

Dengan membuat brand toko untuk penjualan produk di bisnis online ini haruslah memiliki daya tarik untuk para konsumen, contohnya seperti identitas brand yang mencakup logo, tipografi, warna dan kemasan agar toko Anda selalu menjadi pilihan konsumen. 

2. Maksimalkan Gratis Ongkos Pengiriman 

Maksimalkan gratis ongkir agar menarik konsumen, dalam Tokopedia gratis ongkir bisa sampai Rp20 ribu untuk pulau yang sama dan Rp 40 ribu untuk pengiriman antar pulau dengan menggunakan layanan reguler dan penjual tidak akan dibebani biaya apapun. 

3. Unggah Foto Produk yang Asli dan Menarik

Saat menjual produk tentunya selain toko yang menjual, foto produk juga menjadi daya tarik bagi penjualan produk Anda. Pastikan keaslian dari foto produk yang Anda miliki dan foto dari beberapa sisi untuk memperlihatkan secara detail produk Anda. 

4. Deskripsikan Produk Secara Detail

Dengan mendeskripsikan produk Anda, maka akan membuat konsumen semakin yakin dengan penjualan produk pada toko online Anda, hal itu terjadi karena konsumen tidak akan mencari lagi informasi untuk produk yang Anda jual. 

5. Tetapkan Harga Produk yang Tepat

Beberapa konsumen tentunya akan membandingkan harga dari produk ke produk lainnya, pastikan Anda menetapkan harga produk yang tepat. Pastikan harga produk yang Anda jual tidak menjatuhkan harga pasar dan tidak kemahalan, maka dari itu riset diperlukan saat menetapkan harga produk. 

6. Berhubungan Baik dengan Konsumen

Toko yang baik tentunya memiliki pelayanan yang baik juga, menjaga hubungan yang baik dengan konsumen tentunya akan mempengaruhi penilaian toko Anda.

Terkadang jika penjual tidak memberikan pelayanan yang baik maka konsumen akan menginformasikan ke khalayak tentang pelayanan yang buruk itu, tentunya informasi tersebut akan membuat khalayak berbondong - bondong untuk memberikan nilai yang buruk pada toko tersebut. 

7. Pastikan Rating Toko Anda Bagus

Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa konsumen sekitar 75 persen akan membeli suatu produk dilihat dari rating toko, maka dari itu hindari pengalaman buruk dengan konsumen. 

8. Manfaatkan Media Sosial Sebaik Mungkin 

Saat Anda memutuskan untuk terjun ke bisnis online maka Anda juga harus bersiap dengan promosi untuk pemasaran produk, manfaatkan media sosial Anda seperti Instagram, Twitter atau Facebook untuk menjadi alat promosi produk Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja online tokopedia shopee twitter tips bisnis
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top