Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Bisa Menguntungkan

Untuk model bisnis ini, Anda akan memberikan bantuan dalam bentuk jasa bagi sebuah bisnis yang akan melakukan transisi ke praktik bisnis ramah lingkungan.
Petugas memeriksa panel surya di PLTS Gili Trawangan/ Bisnis - David E. Issetiabudi
Petugas memeriksa panel surya di PLTS Gili Trawangan/ Bisnis - David E. Issetiabudi

Konsultan Bisnis Hijau hingga Instalasi Panel Surya

1. Konsultan Bisnis Hijau

Untuk model bisnis ini, Anda akan memberikan bantuan dalam bentuk jasa bagi sebuah bisnis yang akan melakukan transisi ke praktik bisnis ramah lingkungan. Hal tersebut mencakup pemberian bantuan terhadap suatu bisnis dalam memilih produk hemat energi, menerapkan program daur ulang, atau mengembangkan rencana keberlanjutan bagi suatu bisnis.

2. Instalasi Panel Surya

Ini adalah industri yang berkembang karena semakin banyak orang mencari sumber energi yang lebih terbarukan. Sebagai pemasang panel surya, Anda akan membantu pelanggan memilih dan memasang sistem panel surya yang tepat untuk rumah atau bisnis mereka.

3. Instalasi Turbin Angin

Seperti halnya panel surya, turbin angin juga merupakan sumber energi yang terbarukan dan semakin populer.

4. Bisnis Daur Ulang

Ada banyak bisnis daur ulang yang dapat Anda mulai untuk memberi manfaat bagi lingkungan setempat, seperti layanan penjemputan sampah atau limbah di rumah, layanan daur ulang komersial, atau layanan konsultasi pengelolaan limbah.

5. Layanan Pengiriman Tanaman

Jika Anda memiliki kepiawaian berkebun dan bercocok tanam, Anda bisa memulai layanan pengiriman tanaman. Bahkan, Anda dapat mengkhususkan diri dalam layanan pengiriman untuk tanaman hias, tanaman kantor, atau bahkan tanaman kebun. Sebab, tidak semua orang punya keahlian menilai sebuah kondisi tanaman

6. Pemilik Restoran Hijau

Apabila Anda seorang pemilik restoran hijau, Anda harus akan memastikan restoran tersebut punya prinsip yang ramah lingkungan. Ini dapat mencakup penggunaan makanan dan bahan organik yang bersumber secara lokal, pengomposan limbah makanan, dan penggunaan peralatan hemat energi.

7. Pemilik Salon Kecantikan

Punya minat terhadap kosmetika dan kecantikan serta ingin berbisnis di produk yang ramah lingkungan? Tentu saja bisa.

Saat ini produk-produk organik sudah semakin tren. Mulai dari produk perawatan rambut, kulit, serta berbagai jenis make-up. Kondisi ini dapat dimanfaatkan dengan memulai bisnis salon kecantikan ramah lingkungan. Tentunya dengan menggunakan
sampo, kondisioner dan lulur alami yang ramah lingkungan.

Pilihan lainnya adalah perawatan spa dan salon kuku ramah lingkungan dan mendukung gaya hidup vegan.

8. Pengecer Peralatan Hemat Energi

Dengan bisnis ini, Anda akan menjual peralatan yang dirancang untuk menghemat energi. Ini dapat mencakup lemari es hemat energi, mesin pencuci piring, mesin cuci, dan banyak lagi.

9. Kontraktor Bangunan Hijau

Dengan meningkatnya bangunan yang berkonsep hijau, maka secara otomatis permintaan ini akan meningkat untuk kontraktor yang berspesialisasi dalam bidang ini. Pastikan, seorang kontraktor punya pengetahuan soal lingkungan, karena Anda harus mempertimbangkan bahan dan praktik yang berkelanjutan ketika membangun rumah ataupun membangun bangunan komersial.

10. Pedagang Pasar Petani

Jika Anda seorang petani, Anda dapat menjual produk Anda di pasar dan toko bahan makanan setempat. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan pelanggan dan menjual produk Anda dengan cara yang ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper