Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Augustin Raquela, Kembangkan Tungku Cokelat, Usaha Mama Mama Papua

Augustin Raquela Sanggenafa atau biasa disapa Ella adalah pengusaha Tungku Cokelat dari Papua. Di mana, usahanya ini bergerak di bidang produksi cokelat batang.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 02 Agustus 2022  |  15:26 WIB
Augustin Raquela, Kembangkan Tungku Cokelat, Usaha Mama Mama Papua
Augustin Raquela Sanggenafa - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional.

Selain berperan dalam penggerak roda perekonomian dan penyerapan tenaga kerja. Tapi juga, UMKM memiliki daya untuk mengubah potensi daerah tempat tinggalnya jadi produk yang bernilai.

Sebagai contohnya adalah Papua, sebuah provinsi yang terkenal kaya akan sumber daya alamnya. Masyarakatnya pun banyak yang mengembangkan potensi tersebut jadi peluang bisnis.

Hal ini mengingat, produk UMKM dari Papua memiliki ciri khas daerah yang berbeda dengan wilayah Indonesia lain, terutama olahan makanan dan kerajinan. Sehingga, ini menjadi hal menarik bagi sebuah pelaku usaha.

Apalagi dalam beberapa waktu terakhir pasca-digelarnya PON XX Papua, produk-produk UMKM berupa souvenir unik khas bumi cenderawasih menjadi tren yang banyak diperbincangkan. Bahkan, banyak pelaku UMKM Papua terdorong untuk makin sukses serta mampu memperbesar keuntungan dari berjualan lintas pulau secara online menggunakan strategi pemasaran digital.

Seperti yang dilakukan oleh pengusaha cokelat premium, yakni Augustin Raquela atau yang biasa akrab disapa Ella.

Dikenal sebagai pengusaha cokelat premium, dirinya membuktikan bahwa platform online berhasil membantunya dalam memperluas pasar dari usahanya.

Berbekal pengalaman dan kepiawaian melirik peluang, dia pun berhasil menjual produknya hingga ke pulau Jawa hingga pulau Bali.

Lantas siapa sebenarnya sosok Augustin Raquela?

Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Profil Augustin Raquela

Augustin Raquela Sanggenafa atau biasa disapa Ella adalah pengusaha Tungku Cokelat dari Papua. Di mana, usahanya ini bergerak di bidang produksi cokelat batangan premium yang dibuat dari biji kakao Taja.

Sebagai informasi, meski selama ini, tanaman kakao terbesar di Indonesia khususnya di kawasan Timur adalah di Sulawesi Barat. Namun jika berbicara tanaman kakao terbaik yang punya kualitas premium sebagai bahan baku terbaik untuk produk coklat, ternyata wilayah Indonesia Timur tepatnya di Papua menjadi surganya.

Sehingga, tak mengherankan, apabila usaha Ella kini berkembang pesat dan mampu menjual cokelat batangan ke banyak pelanggan, termasuk ke daerah Jayapura, Jawa Timur, Yogyakarta, hingga Bali melalui toko offline dan melalui pemasaran online. Apalagi, Ella mengaku sebelum perhelatan PON XX tahun 2021, produknya sudah dipasarkan baik online dan offline.

Jadi Pelatih UMKM dan Bantu Mama Mama Papua di Jayapura

Meski Ella sudah sukses mengembangkan usahanya, nyatanya dia tak tertutup dengan potensi lainnya. Ella pun menyambut baik terkait berbagai kesempatan yang datang, salah satunya tawaran menjadi pendamping mama di Koperasi Pasar Mama Mama Papua di Jayapura.

Pasar Mama-Mama Papua sendiri merupakan bagian dari Program penguatan ekonomi rakyat Papua, di mana berisi sekelompok pedagang perempuan asli Papua yang sehari-harinya berjualan di depan Kantor Badan Informasi dan Komunikasi Daerah Provinsi Papua mendirikan koperasi dengan nama Koperasi Mama-mama Pedagang Asli Papua (KOMMPAP). Koperasi ini beranggotakan perempuan asli Papua yang sehari-harinya berdagang di lokasi itu.

Keterlibatan perempuan dalam menggerakkan ekonomi merupakan bukti perjuangan kaum perempuan untuk mengisi pembangunan. Di sini, kegiatan Ella adalah membantu mengelola kios ritel koperasi.

Selain itu, Ella pun mencoba memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dengan melakukan pendampingan dan pelatihan kepada UMKM, mulai dari memulai, meningkatkan, serta mengembangkan bisnis anggota yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tokoh bisnis cokelat papua peluang bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top