Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenalan dengan Fishlog, Startup Perikanan Besutan 3 Co Founder Muda

Startup Fishlog dibangun oleh 3 co founder yang kini sukses mendistribusikan hasil perikanan ke berbagai wilayah Indonesia.
FishLog Co-Founders from left to right_ Abdul Halim - CBDO & Co-Founder, Bayu Anggara - CEO & Co-Founder, Reza Fahlepi - CCO & Co-Founder
FishLog Co-Founders from left to right_ Abdul Halim - CBDO & Co-Founder, Bayu Anggara - CEO & Co-Founder, Reza Fahlepi - CCO & Co-Founder

Bisnis.com, JAKARTA - Startup perikanan Indonesia, FishLog, meraih putaran pendanaan pra-Seri A, dengan partisipasi dari BRI Ventures, Accel, Insignia Ventures Partners, Patamar Capital, Indogen Capital, dan Triputra Agri Group.

Pendanaan ini akan digunakan untuk memperkuat jaringan ekosistem rantai pasok perikanan domestik di Indonesia melalui ekosistem FishLog, termasuk akses terhadap pembiayaan dan pengembangan ekosistem mitra. 

Kemudian memperkuat peran FishLog dalam rantai pasokan global juga sebagai penggerak ekosistem industri rantai dingin, dan mengembangkan keberlanjutan tenaga kerja di industri ini melalui pengembangan sumber daya manusia dan FishLog Academy.

“Fokus FishLog adalah mendigitalisasi rantai pasok perikanan dan menjadi solusi permasalahan dari cold storage serta menjaga distribusi logistik dari hulu ke hilir di sektor perikanan, membuat geliat yang positif terhadap industri perikanan dalam negeri. Seperti apa yang jadi fokus pemerintah melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) dalam menjaga kestabilan harga, stok dan kualitas produk serta distribusi yang merata dan sistem penamaan Stock Keeping Unit (SKU) yang terstandarisasi secara Nasional maupun Internasional,” jelas Markus Rahardja, Chief Investment Officer dari BRI Ventures.

Pendanaan Pra-Seri A ini akan membantu FishLog untuk meningkatkan keberlanjutan ekosistem melalui layanan yang dihadirkan, dengan memberikan akses yang lebih besar kepada para mitra, model operasi, dan likuiditas, serta meningkatkan kemampuan industri untuk memproses produk dan juga SKU.

Bayu Anggara, CEO dan Co-Founders FishLog mengatakan, melalui pendanaan ini, mereka akan membangun ekosistem rantai dingin dan sistem operasional yang sangat efisien untuk industri perikanan di Indonesia.

Apa itu Fishlog

FishLog adalah B2B Marketplace yang memungkinkan jaringan rantai dingin perikanan nasional melalui keterlibatan masyarakat.

Mereka memberdayakan cold storge untuk meningkatkan utilitasnya dengan menghubungkannya dengan lebih banyak nelayan, distributor, dan pembeli. Memperlancar rantai pasokan seafood di seluruh pemangku kepentingan. Membangun proses yang efisien, transaksi perdagangan yang adil dan distribusi yang berkelanjutan melalui teknologi.

Perusahaan ini dibangun oleh 3 co founder yakni Bayu Anggara yang menduduki posisi sebagai CEO, Reza Fahlepi sebagai COO dan Abdul Halim sebagai CBDO.

Perjalanan bisnis

2018

Berpartisipasi dalam pengembangan SOP

Dimulai dengan mengelola unit pengolahan ikn filet mini plant di Bogor, yang dimiliki oleh seorang petani ikan lokal. Saat ini, Fishlog berpartisipasi dalam pengembangan SOP dan peningkatan produktivitas UPI, memberdayakan lebih dari 10.000 ibu rumah tangga setempat. Menghasilkn 500 kiligram ikan fillet setiap hari

2019

Berpartisipasi dalam program akselerasi startup global “Seafood Innovation Projects, selama 6 bulan bersama dengan 5 startup perikanan dari seluruh dunia.

2020

Pengembangan aplikasi digitalisasi cold storage. Dengan aplikasi tersebut, Fishlog meraih juara 1 pada ajang Small Grant Post Harvest Loss Commpetition 2020.

2021

Mereka mengembangkn Fishlog supply chain dan telah mendistirbusikan lebih dari 900 ton ikan secara kontinyu ke lebih dari 200 mitra pengolah ikan di 10 kota dan kabupaten di Indonesia.

Sejak tahun 2020, FishLog telah mendorong peningkatan pasokan gudang pendingin, pengolahan ikan, dan distribusi perikanan di Indonesia untuk terus dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan ikan di kancah yang lebih luas lagi.

FishLog mengembangkan industri perikanan ini dengan mendirikan FishLog Quality Center, menyediakan platform hybrid offline-online yang bekerja dengan mitra cold storage lokal untuk memberikan akses kepada para pemangku kepentingan lokal termasuk nelayan, aggregator, dan pedagang, selain itu memungkinkan untuk mendapat akses yang lebih besar kepada pembeli dengan mendaftarkan produk mereka di FishLog B2B Marketplace dan mendigitalisasi sistem operasi mereka.

FishLog juga memberikan keleluasan bagi para pelaku bisnis perikanan agar dapat memaksimalkan operasi hulu ke hilir melalui keempat produknya: (i) Inventory Handling, (ii) Pembiayaan, (iii) B2B Marketplace, dan (iv) Digitalisasi Cold Storage.

FishLog Academy

Untuk mencapai visinya dalam menciptakan industri perikanan yang lebih kuat di Indonesia, FishLog meningkatkan kapabilitas tim dengan merekrut talenta terbaik untuk pengembangan bisnis. Hingga saat ini, perusahaan telah memiliki lebih dari 200 karyawan dan berencana menjadi dua kali lipat di akhir tahun.

Selain itu, untuk memberikan kontribusi pada pengembangan talenta yang berkelanjutan melalui FishLog Academy. Program ini dibangun untuk mengembangkan skill serta untuk memiliki standar yang sama dalam industri perikanan ini. FishLog Academy adalah program intensif yang menghasilkan talenta terbaik di industri ini dengan menawarkan pendidikan profesional, pengembangan pribadi, dan peluang karir yang terjamin.

Fishlog Academy berkomitmen untuk memperkuat keterampilan dan kemampuan talenta masa depan di industri perikanan. FishLog Academy berfokus pada 2 program yang akan menghasilkan talenta muda yang kompeten di bidang Quality Control dan Cold Storage Operations, dimana mereka akan mendapatkan teori dan praktek langsung di FishLog Quality Center di seluruh Indonesia. Selain itu, program lain di FishLog Academy yaitu menyiapkan talent yang siap bekerja secara profesional dan berkompeten di industri perikanan. Mereka akan diberikan pelajaran tentang Operasional & Manajemen Bisnis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper