Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Brand Kuliner Termahal di Dunia

Starbucks adalah perusahaan kopi dan rantai kedai kopi global yang berbasis di Amerika Serikat. Sejak membuka gerai pertama di Seattle pada tahun 1971
McDonalds Sarinah/mcdonalds
McDonalds Sarinah/mcdonalds

Dari Starbucks hingga Subway

1. Starbucks

Starbucks adalah perusahaan kopi dan rantai kedai kopi global yang berbasis di Amerika Serikat. Sejak membuka gerai pertama di Seattle pada tahun 1971, bisnis ini berkembang pesat secara global, dengan jumlah gerai Starbucks kini melampaui 33 ribu lokasi di 83 pasar.

Gerai-gerai ini memainkan peran penting dalam kesuksesan Starbucks dan daya tarik mereknya. Pelanggan tidak hanya dapat bertemu dan menikmati minuman mereka di dalam, tetapi mereka juga dapat menggunakan ruang tersebut untuk bekerja dari jarak jauh. Terlebih lagi, perusahaan juga telah mengubah citra minuman to-go.

Karena foto selebritas membawa cangkir bermerek dalam berbagai ukuran telah membanjiri internet dalam beberapa tahun terakhir, memegang cangkir Starbucks telah menjadi semacam simbol status bagi banyak konsumen – meskipun produk itu sendiri mungkin tidak menonjol dari minuman lain dalam hal kualitas.

2. McDonald's

McDonald's adalah merek restoran cepat saji terbesar di dunia. Perusahaan, yang logo dengan lengkungan emas dikenali di seluruh dunia, telah mendominasi kancah makanan cepat saji selama beberapa dekade. Beberapa dukungan selebriti waralaba makanan cepat saji yang paling terkenal selama bertahun-tahun termasuk penyanyi, aktor, dan atlet seperti Kobe Briant, Tony Hawk, dan grup K-pop BTS.

Menurut berbagai sumber, raksasa burger ini bahkan melampaui Starbucks dalam hal nilai merek pada tahun 2021, menempati peringkat sebagai merek restoran cepat saji (QSR) paling berharga di seluruh dunia.

3. KFC

Tahun ini, KFC bernilai 17,62 miliar dolar. Valuasinya adalah $15,7 miliar pada tahun 2021.

Waralaba makanan cepat saji terbesar keempat di dunia juga merupakan salah satu rantai restoran tertua yang masih beroperasi. Kentucky Fried Chicken adalah singkatan dari Kentucky Fried Chicken. Harland Sanders, seorang Amerika, mendirikan KFC pada tahun 1930, tentu saja, di Kentucky.

Sanders bertugas di Angkatan Darat Amerika Serikat. Akibatnya, KFC mungkin menjadi satu-satunya merek global dengan nama pendirinya di logo. Selain itu, Sanders menjadi juru bicara paling berharga dan terbaik untuk jaringan toko ayamnya. Meskipun Sanders meninggal pada tahun 1980, merek KFC tetap hidup dan menyebar jauh ke luar Kentucky. Nyam! Brands, konglomerat makanan cepat saji Kentucky, memilikinya hari ini, dan berkantor pusat di Louisville, Kentucky. KFC kini memiliki 22.600 gerai di seluruh dunia.

4. Pizza Domino

Tahukah Anda bahwa Domino termasuk di antara restoran paling bernilai? Dan nilainya telah meningkat juga? Dari $6.08 miliar di tahun 2021, menjadi US$7,25 miliar tahun ini. Domino's Pizza membuka toko pertamanya pada tahun 1960 dan memiliki lebih dari 11.000 lokasi di 90 negara. Merek ini bernilai $6 miliar dan terdaftar di bursa saham pada tahun 2004.

Perusahaan restoran pizza internasional Amerika, U.S. Domino's Pizza, Inc., menjalankan bisnis sebagai Domino's, didirikan pada tahun 1960 dan dipimpin oleh CEO Richard Allison. Perusahaan ini berbasis di Ann Arbor, Michigan, dan berkantor pusat di Domino's Farms Office Park. Tom Monaghan, pencipta perusahaan, mengumumkan pengunduran dirinya untuk mengejar minat lain dan menjual perusahaan tersebut ke Bain Capital Inc.

Total aset Domino's Pizza naik dari 1,38 miliar dolar pada 2019 menjadi 1,57 miliar dolar pada 2020. Total aset perusahaan bernilai kurang dari 500 juta dolar hingga akhir 2013.

Domino dikenal karena pengirimannya yang cepat, dan pemilik waralaba Kanada Werner Lomekr memegang perbedaan sebagai Pembuat Pizza Tercepat di Dunia sebanyak dua kali. Hanya dalam 47,56 detik, Lomker bisa menghasilkan tiga pizza yang sangat besar!

5. Subway

Benarkah ada lebih banyak restoran Subway secara global daripada jaringan lainnya? Subway memiliki lebih banyak lokasi di seluruh dunia daripada gabungan Taco Bell, Pizza Hut, dan Domino, dengan 41.600.

Fred DeLuca, baru berusia 17 tahun, meluncurkan perusahaan pada tahun 1965. Dia memulai perusahaan dengan pinjaman $1.000 dari seorang teman, dan sekarang bernilai $8,1 miliar.

Subway terkenal dengan roti yang baru dipanggang dan pilihan topping yang hampir tak terbatas. Subway menarik ham dan bacon dari 185 tokonya di Inggris dan Irlandia karena permintaan yang kuat dari konsumen Muslim dan menggantinya dengan daging halal resmi.

Kata halal berarti diperbolehkan dalam bahasa Arab. Daging halal disiapkan dengan hukum Islam, sebagaimana diatur dalam Alquran.

Subway, yang terkenal dengan sandwich-nya, telah mengalami peningkatan nilai mereknya. Nilai merek telah turun dari $8,18 miliar tahun 2021 menjadi US$7,05 miliar tahun ini. Subway memiliki lebih banyak lokasi daripada rantai restoran lain di seluruh dunia. Fred DeLuca dan Peter Buck, dua orang teman dari Bridgeport, Connecticut, meluncurkan toko sandwich pada tahun 1965.

Restoran ini awalnya dikenal sebagai "Kapal Selam Super Pete", tetapi pada tahun 1968, namanya diubah menjadi Subway. Bisnis sandwich dengan cepat menyebar ke Pantai Timur Amerika Serikat, dan pada akhir 1970-an, bisnis ini meluas ke Pantai Barat Amerika Serikat, akhirnya menciptakan waralaba di seluruh negeri. Selain itu, kereta bawah tanah berkembang pesat di luar Amerika Utara, dengan pembukaan lokasi di Kanada mulai tahun 1996. Sejak 2010, toko sandwich tersebut telah melampaui McDonald's sebagai jaringan restoran terbesar di dunia dengan beberapa gerai.

5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper