Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Brand Kuliner Termahal di Dunia

Taco Bell bernilai $5,81 miliar pada tahun 2021 dan naik menjadi US$6,3 miliar tahun ini. Mereka mencatat nilai valuasi US$5,42 miliar pada tahun 2020.
Restoran Pizza Hut. PT Sarimelati Kencana Tbk. merupakan pemegang lisensi warabalab Pizza Hut di Indonesia. Pada 2018, jaringan restoran maupun gerai Pizza Hut yang dikelola mencapai 378 titik di seluruh Indonesia/sarimelatikencana.co.id
Restoran Pizza Hut. PT Sarimelati Kencana Tbk. merupakan pemegang lisensi warabalab Pizza Hut di Indonesia. Pada 2018, jaringan restoran maupun gerai Pizza Hut yang dikelola mencapai 378 titik di seluruh Indonesia/sarimelatikencana.co.id

Dari Taco Bel hingga Pizza Hut

6. Taco Bel

Taco Bell bernilai $5,81 miliar pada tahun 2021 dan naik menjadi US$6,3 miliar tahun ini. Mereka mencatat nilai valuasi US$5,42 miliar pada tahun 2020.

Taco Bell adalah bisnis restoran cepat saji yang didirikan di Amerika Serikat. Itu diperkenalkan pada tahun 1962 oleh Glen Bell di Irvine, California. Nyam! Brands, Inc. adalah bisnis induk kami, dan Taco Bell adalah anak perusahaan dari Yum! Brands, Inc. Ini adalah bagian dari konglomerat makanan cepat saji yang mencakup KFC dan Pizza Hut.

Taco Bell mengoperasikan 13.000 lokasi di 31 negara. Namun, Taco Bell melangkah lebih jauh untuk membuat hidangan menu khas yang menghargai masakan lokal, meskipun memiliki lebih sedikit negara daripada beberapa pesaing mereka.

Sekarang memiliki lebih dari 41.500 lokasi di seluruh dunia. Sekarang memiliki lebih dari 41.500 lokasi di seluruh dunia. Anehnya, perusahaan bernilai miliaran dolar, yang berbasis di Milford, Connecticut, masih dijalankan oleh sebuah keluarga. Keluarga DeLuca memiliki seluruh properti.

7. Pizza Hut

Nilai valuasi Pizza Hut pada 2021 sebesar US$5,13 miliar, dan naik menjadi US$5,89 miliar tahun ini.

Merek tersebut diwaralabakan setelah debutnya, dan memiliki maskot bernama Pizza Pete hingga tahun 1970-an. Pizza Pete akhirnya dihapus demi lambang atap merah yang khas. Iklan Pizza Hut dimasukkan di VHS ketika film Teenage Mutant Ninja Turtles dirilis dalam bentuk video rumahan pada tahun 1990.

Pizza dan pasta berada di daftar teratas dalam survei di 24 negara, diikuti oleh makanan Cina dan Jepang.

Pizza Hut adalah rantai makanan cepat saji terbesar ketujuh dengan beberapa lokasi. Dan dan Frank Darney, saudara Amerika, membuka toko pizza di Wichita, Kansas, pada tahun 1958. Pizza Hut dengan cepat menyebar ke seluruh Amerika Serikat. Darney bersaudara menjual waralaba ke PepsiCo pada tahun 1977, dan perusahaan memperluas Pizza Hut ke pasar internasional.

Pizza Hut sekarang memiliki lebih dari 18.500 lokasi di seluruh dunia, menjadikannya produsen dan penjual pizza terbesar di dunia. Plano, Texas, sekarang menjadi kantor pusat perusahaan dan rantai makanan cepat saji. Ini adalah divisi dari 'Yum! Brands,’ yang dipisahkan dari PepsiCo pada tahun 1997.

8. Dunkin Donuts

Pendiri William Rosenberg mendirikan Dunkin' Donuts di Quincy, Massachusetts, pada tahun 1948, dan perusahaan tersebut saat ini bernilai US$4,78 miliar turun dari US$5,7 miliar dolar tahun lalu.

Nama asli toko tersebut adalah Open Kettle, tetapi diubah dua tahun kemudian.

Dunkin 'Donuts menciptakan donat unik yang mencerminkan masakan dan budaya daerah tersebut. Beberapa donat internasional ini agak tidak biasa. Misalnya, keju Wasabi dan donat keju rumput laut tersedia di Singapura. Donat mochi tersedia di negara-negara Asia tertentu, sedangkan donat daging babi kering dan rumput laut tersedia di Cina.

9. Wendy's

Nilai valuasi Wendy's saat ini yakni US$$4,760 miliar, turun dari tahun lalu sebesar US$3,975 miliar.

Wendy's dimulai pada 15 November 1969, ketika pendiri perusahaan, Dave Thomas, membuka restoran pertamanya. Itu terletak di 257 East Broad Street, di Columbus, Ohio. Thomas memilih nama Wendy's untuk menghormati putrinya. Dia ingin memberi pelanggannya makanan cepat saji dan sehat, dalam suasana keluarga. Setahun kemudian, Thomas membuka restoran kedua, juga di Columbus. Restoran ini memiliki jendela drive-thru modern pertama di antara restoran cepat saji.

Wendy's berkembang pesat setelah dibukanya restoran kedua ini. Pada tahun 1976, Wendy's telah membuka atau mewaralabakan lima ratus restoran, termasuk beberapa di Kanada. Dua tahun kemudian, perusahaan tersebut telah melampaui seribu restoran, dan pada tahun 1979, perusahaan tersebut mengoperasikan lebih dari 1.500 restoran, termasuk beberapa di Meksiko. Juga pada tahun 1979, Wendy's adalah restoran cepat saji pertama yang memperkenalkan salad bar. Perusahaan terus menambah sekitar lima ratus restoran setiap tahun selama awal 1980-an.

Selama tahun 1990-an, Wendy's terus berkembang, mengoperasikan lebih dari enam ribu restoran Wendy's pada tahun 2001. Pada tahun 1996, perusahaan tersebut membeli Tim Horton's. Memperluas kepemilikannya lebih jauh lagi, pada tahun 2002, perusahaan tersebut membeli Baja Fresh Mexican Grill.

Pada tahun 2001, perusahaan juga menjadi sponsor turnamen Ladies Professional Golf Association di Columbus, Ohio. Pertumbuhan perusahaan sebagian karena iklan kreatifnya. Pada tahun 1984, perusahaan memperkenalkan kampanye "Where's the Beef", yang mengolok-olok hamburger restoran lain.

Ungkapan ini menjadi slogan bagi orang Amerika selama pertengahan 1980-an. Dave Thomas juga membintangi sebagian besar iklan Wendy's dari akhir 1980-an hingga kematiannya pada tahun 2002. Pelanggan mengenal Thomas dan janjinya untuk menyediakan makanan berkualitas tinggi bagi mereka.

10. Haidilao

Haidilao adalah merek Cina. yang memiliki nilai valuasi tahun 2021 US$4,52 miliar dan tahun ini US$4,65 miliar.

Haidilao adalah rantai restoran hot pot yang dibuat pada tahun 1994 di Jianyang, Sichuan, China. Itu satu-satunya merek di daftar kami yang tidak lahir di Amerika Serikat. Meski memiliki kapitalisasi pasar sebesar $4 miliar, merek ini hanya memiliki 400 lokasi di 17 negara, terutama di benua Asia.

Haidilao International Holding Ltd., atau Haidilao, adalah rantai restoran hot pot yang berbasis di Jianyang, Sichuan, China. Haidilao Hot Pot mengoperasikan 466 toko langsung di lebih dari seratus kota pada akhir tahun 2018. Hot pot, juga dikenal sebagai Hugu, adalah gaya memasak Cina di mana pengunjung menyiapkan bahan mereka sendiri dalam sup mendidih di tengah meja. .

Pada tahun 2020, Grup Haidilao memiliki 1.205 restoran, yang sebagian besar berlokasi di Tiongkok daratan.

Meskipun waktu tunggu yang signifikan, merek ini dianggap memberikan layanan pelanggan yang sangat baik. Pelanggan seringkali harus menunggu beberapa jam untuk mendapatkan meja karena mereknya sangat terkenal. Haidilao merespons dengan menjadikan antrean sebagai bagian dari pengalaman Haidilao. Pelanggan dapat tinggal di bagian hiburan di mana mereka dapat bermain permainan papan, mendapatkan makanan ringan dan minuman gratis, manikur dan pijat, dan bahkan menyemir sepatu mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper