Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sutradara Film Avatar dan Miliarder Ray Dalio Investasi di Perusahaan Kapal Selam

James Cameron sutradara Avatar dan rekannya miliarder Ray Dalio investasi di sebuah perusahaan kapal selam bernama Triton Submersibles.
James Cameron/bloomberg
James Cameron/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Sutradara film "Avatar" James Cameron bersama dengan miliarder Ray Dalio berinvestasi di sebuah perusahaan kapal selam bernama Triton Submersibles.

Ini bukan pertama kalinya kedua pria itu bekerja bersama. Bahkan, di tahun 2021, National Geographic telah mengumumkan adanya serial dokumenter berjudul " OceanXplorers " yang diproduksi oleh Cameron dan Dalio.

Melansir dari Business Insider, salah satu pendiri Triton, Patrick Lahey mengatakan bahwa dia mengenal pencipta "Avatar" tersebut sejak tahun 2001 ketika Cameron meminta untuk menyiapkan satu set kapal selam untuk film dokumenternya. 

"Di sana, kami mengeksploasi kedalaman samudra yang diketahui menampung makhluk laut yang tidak biasa. Cameron seseorang yang benar-benar mencintai lautan seperti aku,” kata Lahey. 

Sebagai informasi, saking cintanya pada lautan, membuat dirinya pada 2012 memutuskan menjelajahi Palung Mariana menggunakan kapal selam hijau, kala itu dia membutuhkan waktu dua jam untuk mencapai titik terdalam di Bumi itu yang berkisar 10.898 meter. 

Sedangkan, Lahey sendiri mengembangkan hubungan bisnis dengan Dalio saat dia menciptakan kapal selam untuk miliarder tersebut. Di mana, Dalio memang secara terang-terangan mendukung eksplorasi laut di masa lalu.

"Eksplorasi laut menurut saya jauh lebih menarik dan penting daripada eksplorasi ruang angkasa. Kamu tidak akan melihat alien di luar angkasa tapi kamu akan melihat alien di bawahnya," jelas Dalio dilansir dari  Financial Times pada bulan Desember lalu. 

Selain dirinya ikut mendirikan OceanX pada 2018, sebuah prakarsa eksplorasi samudra filantropis. Setahun kemudian dia membeli kapal selam keduanya dari Triton.

Harga Kapal Selam Triton Submersibles

Lahey menyebutkan, harga untuk kapal selam berkisar dari US$2,5 juta atau setara dengan Rp37,5 miliar hingga US$40 juta atau setara dengan Rp601,3 miliar, di mana harga tergantung pada ukuran kapal selam dan seberapa dalam mereka bisa masuk.

Kapal selam terkecil perusahaan hanya muat untuk satu orang, sedangkan yang terbesar bisa memuat sebanyak 66 orang. 

Triton sendiri memiliki kapal selam yang dirancang untuk penyelaman yang lebih dangkal, serta kapal selam penyelaman dalam yang dapat menempuh kedalaman penuh lautan dalam waktu sekitar tiga jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler