Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dijual! Topeng Ultra-Realistis Tokoh Terkenal Seharga Rp294 Juta

Dijual seharga Rp294 juta, berikut topeng silikon tokoh terkenal yang bisa dibeli
Elon Musk/Bloomberg
Elon Musk/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Konferensi NFT di New York menunjukkan topeng silikon tokoh-tokoh terkenal yang detail, realistis dan mahal.

Tontonan memakai topeng tokoh terkenal dari orang-orang seperti Andy Warhol, Elon Musk, Mark Zuckerberg, Jeff Bezos, dan Kim Jong Un menjadi sorotan.

Melansir Insider, topeng itu dibuat oleh Denver yang merupakan seniman di Colorado, Landon Meier dengan cermat sehingga membuat mirip seperti aslinya.

Mike Winkelman atau biasa dikenal sebagai Beeple merupakan seniman digital yang berada di balik tontonan tersebut di acara satelit yang diselenggarakan oleh PROOF, jaringan online kolektor seni digital.

Ide kolaborasi antara Meier dan Beeple telah dimulai pada akhir 2021 ketika Meier membuatkan Beeple topeng Andy Warhol.

Meier mengatakan dia menghabiskan hampir sepanjang tahun lalu mengerjakan lebih dari selusin topeng untuk Beeple.

Meier memasang biaya US$20.000 atau Rp294 juta untuk topeng pertama yang dia buat dari setiap gambar dan antara US$7.000 hingga US$15.000 untuk salinannya.

Pembuatan topeng memakan waktu satu bulan atau lebih. Prosesnya diawali dengan meneliti foto referensi, membuat desain menggunakan program grafis "ZBrush", kemudian mencetak cetakan 3D.

Meier juga memberikan pigmen bahan silikon untuk menciptakan tampilan tekstur daging dan kulit yang realistis. Rambut topeng terbuat dari serat sintetis kelas atas yang dikerjakannya dengan alat seperti jarum felting.

Untuk gaya undercut khas Elon Musk, Meier mengatakan bahwa dia membawa penata rambut profesional untuk membantu membuatnya.

Topeng bisa sedikit lebih besar dari kepala yang sebenarnya. Untuk seorang aktor yang memakainya akan merasakan suhu tinggi dan beban yang cukup berat dari topeng tersebut.

Namun, menurut Meier, itu akan sepadan dengan pengalaman memakainya karena sangat menyenangkan.

Beeple, yang karya seni digitalnya "Everydays: The First 5000 Days" terjual hampir US$70 juta atau Rp1 miliar pada tahun 2021, mengatakan bahwa dia berencana untuk memasarkan produk tersebut selayaknya "patung hidup".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper